Reaktif ? Impulsif

Reaktif?
Apa sih reaktif tuh?

Kalo impulsif?

Trus?
Apa hubungannya reaktif ama impulsif?
Beda keduanya sangat tipis saya pikir.
Impulsif menurut saya (dan temen saya..) berhubungan dengan emosi. Berhubungan dengan neuron. Denyut neuron yang berhubungan dengan meledaknya emosi ketika disulut sesuatu.
Ukuran impulsif sendiri, tergantung tingkat reaktifnya ketika bersentuhan dengan sesuatu (yang bisa menyulut emosinya).

Ketika seorang teman bertanya, “reaktif ama impulsif, mana yang lebih bagus?”.
Menurut saya, tergantung kondisinya.
Reaktif jelas sangat diperlukan di segala kondisi.
Impulsif? Saya cenderung untuk lebih menghindarinya.
Tidak baik untuk jantung, tidak baik untuk relationship, tidak baik untuk kesehatan kulit.
Hehe..

9 comments on “Reaktif ? Impulsif

  1. mmm…
    gini deh contohnya.

    kalo seumpama kita lagi ngobrol nih.
    kita cerita.
    kita curhat.

    trus baru ngomong “A, B, C..”, tau-tau temen bicara kita udah nyaut “iyaa.. emang A,B,C.. sampe Z tuh! harusnya emang gitu!kamu harusnya gini, harusnya gitu..”

    padahal omongan kita blom selese tuh!!

    dia udah gatel pengen nyaut.
    pengen kasi solusi.

    yupz.
    sekali lagi sih, emang kebanyakan orang masi terjebak dengan “ingin memberi solusi”.
    hahaha..

    padahal, emang kalo kita curhat, mesti butuh solusi.
    sapa tau kita cuma pengen didengerin aja..

    (ah,basi ngomongin bab curhat-mencurhat…)

  2. Impulsif?
    Menurutku sih, impulsif tuh tindakan yang kita lakukan tanpa berpikir lebih panjang dan kurang perhitungan.
    Dengan kata laen sih, gampang emosian.
    Gampang sensi.
    Hal-hal sepele dan gak penting bisa bikin tuh orang marah besar.
    Lebih berhubungan dengan emosi sih aku pikir.

    Misalnya nih, ada orang lirik-lirik kita, trus nunjuk-nunjuk kita.
    Nah, kita jadi emosi nih ceritanya digituin ma tuh orang.
    Trus, kita datengin, kita tonjok tuh orang.
    (upz.. terlalu ekstrem mungkin?hehe..)

    Yaa…
    Inget-inget deh jaman kita masi muda dulu.
    (hihihi.. kayak kita dah nenek-nenek aja!)

  3. IMHO, impulsif tuh termasuk reaktif juga, lah kan itu termasuk reaksi juga, tapi berbeda dalam kadar emosi seperti yang kmu bilang. Klo lebih sederhana, impulsif mgk bsia dibilang short circuit alias konslet :)

  4. Eh, ilang…
    hehe..

    maksudku :
    Responsif merupakan reaksi dengan tanggung jawab, sedangkan reaktif saja hanya bersifat naluriah emosional.

    gituu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *