Utang Indonesia

Kayaknya nenek-nenek dari hongkong juga tau deh kalo Indonesia nih emang hobi banget utang. Tapi sebenernya, udah berapa sih utang Indonesia ama pihak-pihak luar?
Menurut Menteri Keuangan Jusuf Anwar di Gatra.com, utang Indonesia nih sekarang udah sampe 1.282 trilyun rupiah.
Jumlah itu terdiri dari utang dalam valuta asing Rp 624 triliun dan utang dalam rupiah Rp 658 triliun.
Waow..

Utang segitu banyak gakpapa sih, asal rakyatnya jadi pinter-pinter.
Tapi emang pinter-pinter sih. Misalnya nih, udah tau negaranya mikul utang (yang gak pernah kurang tapi nambah terus..), tutup taon anggaran bikin study banding (baca : jalan-jalan beli sepatu baru ke luar negeri ahhh..) yang pesertanya entah emang ngerti apa gak gunanya ngelawat ke berbagai negara gak jelas juntrungannya.

Bahkan sempet baca juga, kalo Indonesia nih utang 80 miliar buat makan para narapidana. Waks. Udah nyusahin orang, sekarang nyusahin negara. Ada-ada aja Indonesia nih.
Sometimes, i just ask to myself.
Am i proud as an indonesian?

Hehe, seperti biasa, jawabannya tikabanget.
Gw bangga jadi diri gw sendiri..
Terserah gw mo ditaroh dimana aja.
(Dasar narsis!!!)

15 comments on “Utang Indonesia

  1. Tambahan! Kalo engga salah RAPBN taun depan, porsi pembayaran utang itu mencapai 42,3%. Bandingkan dengan kepentingan publik lainnya yang berkisar antara 3%-5%.

    Duuuuh bangsaku ini kenapa toh ya… salah apa…

  2. fiuuhh..
    gak tau ni Indonesia.
    Yang aku gak abis pikir lagi, emangnya Indonesia nih bener bener gak ada pemasukan yang berarti dari dalam negeri sendiri?
    Kemana aja yang dibilang Indonesia nih tanah subur.
    Hee..

  3. Salahnya pak Harto dong. Coba kalau negara ini dulud i manage dengan baik. Jangankan seperti Malaysia atau Singapura, kita bisa seperti Dubai.

    Yah, tapi apa guanya menyesali yang lalu. Let’s move on guys!

  4. hehehe…
    tenang, damai, harga murah, dan kita masih dicekokin doktrin kalo indonesia tuh negara kaya subur sentosa, gak pernah kekurangan minyak, sekolah masi pake penataran P4, pemerintah adil bijaksana, rakyatnya ramahramah, gak bakal dibom, dll dsb tralala trilili..
    hahahhaa…

  5. Pingback: cool
  6. Pingback: peter
  7. Pingback: hello
  8. Pingback: catty
  9. Pingback: hhjyr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *