Dear Vertigo..

Vertigo menyebalkan!!
*mode ngamuk-ngamuk tapi lemes banget pegangan kursi..*

Upz..
Sori..

Udah 2 hari ini vertigoku kumat parah. Kemaren malah sempet gak masuk kerja gara-gara lemes banget, muntah-muntah gara-gara vertigo tersayang kumat parah.

Vertigo apaan sihh??
Menurut wikipedia.com, Vertigo is a form of dizziness often associated with balance disorder. Suatu bentuk lain dari pusing yang berhubungan dengan ketidakseimbangan badan.

By simple definition, vertigo is either the sensation of motion where there is no motion or an exaggerated sense of motion in response to a given bodily movement (Bertholon et al. 2002b). Although often reported simply as dizziness, vertigo can present itself in a variety of forms, including spinning, a sense of tumbling or falling forward or backward, or of the ground rolling beneath one’s feet. At times, it may also be difficult to focus visually. Many patients find it uncomfortable to even keep their eyes open during the spells. Heart palpitations, sweating, nausea, and vomiting are also common factors accompanying the event (Kentala et al. 2000).

Udah lama sih benernya nih vertigo ada. Tapi gak tau gimana nyembuhinnya. Setau gw sih blom ada obatnya. Ada sih terapi buat ngurangin efek vertigo nih, tapi di djokdja gak ada.
Jadi kalo kumat, terpaksa gw ter-pause. Gak bisa ngapa-ngapain. Harus cari sandaran, kalo gak bakal oleng sana sini.

Tipz dikit kalo ada yang vertigo kayak gw.

  1. Kalo lagi kumat, jangan liat atas, jangan liat kejauhan. Lebih aman liat ke lantai, or someting yang gelap. Efeknya menenangkan dan memfokuskan.
  2. Jangan kebanyakan rokok. (Cih.. padahal gw sendiri…) Bener-bener ngaruh ke frekuensi kumatnya vertigo.
  3. Kalo mo pindah posisi, dari rendah ke tinggi, dari duduk ke berdiri, sebisa mungkin ati-ati banget. Gw sering banget kumat waktu perpindahan posisi nih.
  4. Kalo udah pernah kena vertigo, cepet hapalin tanda-tanda vertigo mo dateng. Gawat banget kalo vertigo kumat pas misalnya kita lagi naek motor di tengah jalan gitu. Jadi, kalo kayaknya kepala udah mulai gak beres, cepet-cepet cari pegangan, sandaran, or whatever lah yang gak bikin kita kayak orang mabok gara-gara oleng mulu.
  5. Kasi tau orang-orang deket kita, kalo kita punya vertigo. Bukan apa-apa sih, lumayan mendukung banget kalo ada orang-orang yang ngerti gimana harus menangani kita kalo lagi kumat. Soalnya nih penyakit datengnya suka gak aturan sih.
  6. Terakhir sih, gw saranin jangan manja. Pokoknya be independent. Gak bisa setiap waktu kita ngandalin orang laen buat bantu kita kalo vertigo kumat.

Gituuu…
Ada yang senasib ama gw gak ya?

8 comments on “Dear Vertigo..

  1. tips …
    1. minum air putih yang banyak, sukur-2 bisa beli yang mengandung oksigen
    2. sering-sering bersihin kuping – saraf keseimbangan banyak di kuping-
    3. hindari alkohol dan rokok -rasain luuh !!!!-

    terapi
    1. hiperbarik -di rumah sakit AL Mintoharjo Jakarta, pertamina cilacap dan jakarta
    2. earcandle di Jakarta -lupa alamatnya-
    3. bersihin kuping di dokter THT -rekomendasi ke dr Tedjo Oedono-

  2. hmmm, sebenarnya ini bukan aq yang sakit tapi pacar aq,,, aq bingung and aq juga takut banget coz akhir” ini, pacar aq itu vertigonya kumat, truz akhirnya aq nyuruh dia buat periksa ke dokter takut” parah getoooo…. tapi ternyata, kata dokter vertigonya itu udah kena di stadium 2. awalnya aq shock banget dengar itu, tapi mau gimana lagi???
    aq juga bingung gimana cara nyembuhin nya????

  3. Wah ternyata senasib. Aku akhir” ini parah banget! Gak bisa bangun dari tempat tidur. Pokoknya posisi kepala gak bisa jauh-jauh dari bantal, gitu bangun langsung muntah” dah. Kalau lihat kiri-kanan atas-bawah sih masih bisa ditahan pusingnya. Tapi kalau udah berdiri parah dah! duduk aja gak bisa hiks hiks…

    Tapi untungnya segera dibawa ke RS sebelum pingsan beneran. Yah penyababnya sih ganguan di kuping karena radiasi HP. Soalnya diriku kalau udah nelp berjam-jam. Mana pake CDMA yang terlalu cepat panas. Ya sudah deh. Sampe sekarang puyeng yang masih terasa kalau kalau lagi nunduk. Tapi yah itu dia. Kalau suruh jauhin telp susah. Soalnya long distance boo…. kagak nahan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *