BBM mo naek lagi??!!!

HAAAHHHHHH??!!!!

BBM mo naek lagi?!!
Ya ampun!!

Pagi ini nemu berita bab BBM mo naek lagi taon depan.


Aburizal Bakrie: BBM Naik Lagi Awal 2006

– BBM akan terus dinaikkan sesuai harga pasar internasional pada 2007-2008

Surya Kusuma
Harian Ekonomi Neraca (03 Oktober 2005)

JAKARTA – Menko Perekonomian Aburizal Bakrie, mengatakan, pemerintah
menurut rencana akan kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM)
pada awal tahun depan. Untuk kepentingan itu, pembahasan dengan dunia
usaha dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bisa dilakukan mulai sekarang.

Kata Aburizal, pemerintah menyambut baik keinginan Kadin untuk dapat
dilibatkan dalam setiap agenda perencanaan kenaikan harga BBM. “Memang
ada pasal dalam Peraturan Presiden No.55/2005 yang menyatakan bahwa
untuk membahas rencana kenaikan harga BBM bisa melibatkan pihak lain,”
katanya di Gedung Departemen Keuangan, Sabtu.

Penasihat pemerintah, seperti dikutip oleh harian The Financial Times,
Inggris, (30/9), mengatakan, di bawah sistem harga yang baru yang akan
mulai efektif berlaku pada Januari 2006, sebuah komite beranggotakan
tujuh menteri kabinet yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Aburizal
Bakrie, akan memutuskan seberapa besar penyesuaian kenaikan harga
untuk setiap triwulan.

Pengalihan kepada Menteri Perekonomian ini merupakan hasil keputusan
dari dekrit yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada
29 September–dua hari sebelum pengumuman kenaikan harga minyak
kemarin. Dengan demikian, keputusan untuk menaikkan harga minyak yang
tidak populer itu tidak akan diputuskan lagi oleh presiden Indonesia.

Target dari kebijakan tersebut, kata sumber-sumber yang dekat dengan
pemerintah itu, adalah membuat harga bensin sama dengan harga pasar
internasional pada Januari 2007, lalu diikuti solar yang juga akan
dinaikkan hingga menyamai harga pasar internasional pada Juli 2007.
Dan terakhir, minyak tanah juga bakal dinaikkan hingga sama dengan
harga di pasar internasional pad Januari 2008. Setelah semuanya
mencapai target, maka harga BBM akan dibiarkan mengambang bebas
mengikuti harga pasar minyak dunia.

(Antara, Financial Times)

Wakz..
Kalo beneran mo naek lagi, kaco nih..
Bukannya gak menyadari dampak bagusnya kalo BBM naek. Gw ngerti banget gimana efek-efek makro, mikro, sebab musabab dll dsb tralala trilili kenapa BBM naek. Bukannya gak ngerti jalan pemikiran orang-orang yang setuju kalo subsidi BBM dihilangkan.
Tapi Indonesia ini negara dengan (menurut gw) hampir separuh rakyatnya berada di bawah garis kemiskinan. Oke, subsidi emang bikin rakyat kita manja berpuluh-puluh tahun. Dan harga minyak Indonesia ini emang gak memungkinkan untuk dipertahankan karena banyak faktor. Paham banget.

TAPI..
Masalahnya, kadang menurut gw, orang-orang yang bisa dengan tenang ngomong “BBM tuh harus naek.Orang-orang yang gak setuju tuh manja.”, KADANG loh, mereka kurang empatif.
Inget dong para buruh yang gajinya sehari bisa-bisa malah gak cukup buat beli minyak tanah seliter aja. Inget dong tukang becak yang punya anak 4 biji, dengan biaya sekolah yang bukannya tambah menolong, tapi tambah nyekek leher.
Mana ada hasil subsidi buat pendidikan?
Mana ada hasil subsidi buat kesehatan?
Kemaren malah nemu berita ada ibu-anak disandera rumah sakit gara-gara gak bisa bayar duit pengobatan.
Should i

Sapa sih menteri basbang yang bilang: “kalo gak bisa beli gas, beli minyak tanah. Kalo ga mampu beli minyak tanah, pake kayu bakar?”
Lucu juga sih. Harga minyak mo di-Standar Internasional-kan, tapi gaji masi standar lokal.

17 comments on “BBM mo naek lagi??!!!

  1. masa mau naik lagi sih, tika?

    *nggak baca beritanya*

    gw udah penghasilan kecil, kan jadinya kejepit… siyalan deh pemerintah…

    apa gw mau naik sepeda kemana-mana dengan jalanan yang naujubile jauh dan susahnya??

    angkutan umum? bwahh.. udah pada sedikit di banda aceh :(

  2. kayaknya duitnya Indonesia nih gak cuma buat subsidi minyak doang deh.
    hehe..
    ren, kamu baca semua yang aku tulis gak sih?
    kalo emang beneran ada hasilnya sih gakpapa.

  3. menurutku sih, mending rakyat ga usah dikasih duit ama pemerintah. dan BBM ga usah dinaikin.. buat apa klo semua barang jadi tambah mahal semua.. hiks..

  4. Menurutku BBM memang harus naik

    BBM itu adalah bahan-bakar yang tidak dapat diperbaharui dan cadangan minyak indonesia sudah menipis. Sehingga untuk mempertahankan harga BBM supaya tetap murah berarti pemerintah harus lebih banyak mensubsidi BBM.

    Masalahnya begini, apabila Indonesia semakin banyak mengimpor minyak apakah subsidi juga terus dinaikkan (apalagi harga BBM naik)? Berarti gak beda jauh dengan mensubsidi seluruh rakyat indonesia untuk makan Big Mac 4 kali sehari. Gak beda jauh sama mensubsidi seluruh rakyat indonesia untuk mendapatkan jatah satu jas Armani atau gaun malam Vera Wang satu tahun sekali. Cepat atau lambat, kalau energi alternatif belum ditemukan, BBM akan menjadi barang mewah. Meng-educate rakyat untuk lebih cermat memanfaatkan BBM adalah sebuah langkah yang wajib dilakukan.

    Lalu apakah berarti saya setuju kalau rakyat Indonesia yang miskin harus dibuat semakin terlantar karena kenaikan BBM? Tentu tidak, saya percaya kalau manusia itu selalu bisa mensesuaikan dengan keadaan yang ada. Artinya, dalam jangka pendek kenaikan BBM tentu tidak mengenakkan, tapi dalam jangka panjang kita akn diuntungkan. Dikombinasikan dengan semangat baru pemerintahan saya optimis Indonesia bisa bisa makmur dan merdeka.

    Tapi ada satu masalah krusial yang akan menghalangi majunya Indonesia: budaya. Dan saya ingin mengulas itu di blog saya (kalau sempat).

  5. kenaikan BBM sangat komplex pengaruhnya.. imbasnya, hampir semua harga naik, kecuali parkir motor masih 500rp (di jogja). yg ditakutkan adalah semua bahan2 utk keperluan industri naik semua, ditambah pula dolar jg naik. sedangkan daya beli masyarakat berkurang krn harga2 pada naik. masyarakat skrg menggunakan skala prioritas utk membeli sesuatu. klo ga penting2 amat mereka ga mau beli. ujung2nya nnti, yg ditakutkan, akan ada PHK besar2an. karena utk menghemat keuangan perusahaan. indonesia memang lagi ‘sakit’ tp apakah dg menaikkan BBM itu merupakan langkah yg tepat. kurasa pemerintah benar2 mempertaruhkan namanya. saya hanya berharap kebaikan bagi negara kita. aku yakin suatu saat indonesia akan berjaya.

  6. duh udah lama ngga mampir ke blognya Tika nih :)
    btw, ambil segi positifnya aja, mudah2an dengan kenaikan BBM ini, rakyat Indonesia bisa belajar untuk lebih berhemat, kecuali kalo emang udah ngga bisa berhemat, karena untuk sehari2 aja ngga cukup, gimana mau berhemat coba?

    btw, Tika, aku link dari blog aku yah :D

  7. Sebenarnya cuma tinggal nunggu waktu aja si, pasti suatu saat BBM akan habis soal nya kan termasuk sumber daya alam yang tak terbaharui (mencoba ingat2 pelajaran SD dulu). Jadi wajarlah kalo harganya terus naik.

    Tapi.. TAHUN DEPANN NAIK LAGI!??!? Cepet e rek :(

  8. Pingback: refd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *