11 Desember 24 tahun lalu..

Hehe..
Udah lama banget gak nge-blogz.. So many works around me.. :(
1981 – Sekitar 900 warga sipil di El Salvador dibunuh dalam Pembantaian El Mozote.

Begitu yang tertera pada halaman utama Wikipedia Indonesia.
El Mozote adalah sebuah desa di wilayah El Savador yang terdiri dari sekitar 20-an unit rumah yang mengelilingi sebuah lapangan. Pembantaian di desa El Mazato ini dilakukan pada tanggal 11 Desember 1981 dan didalangi oleh unit dari tentara Salvador yaitu Atlacal Battalion. Sehari sebelum hari mengerikan tersebut, tentara Atlacal battalion terlibat bentrok dengan separatis, dan mendatangi desa El Mozote. Di sana, Atlacal memerintahkan setiap orang yang ada untuk keluar rumah, dan mengumpulkan mereka di lapangan dan menginterogasi setiap penduduk.

Esok paginya, semua penduduk kembali dikumpulkan dan dipisah-pisahkan antara Pria, Wanita, dan anak-anak. Atlacal menginterogasi, menyiksa dan menembak para pria , dan dilanjutkan dengan wanita dan terakhir anak-anak yang terkurung dalam gereja. Setelah pembantaian dilakukan, tentara membakar bangunan yang ada di El Mozote, kemudian pergi menuju desa selanjutnya.

Reportase atas insiden ini pertama kali dilakukan media oleh Times dan The Post pada tanggal 27 Januari 1982. Mereka mewawancarai seorang warga El Mozote yang selamat yaitu Rufina Amaya, yang kehilangan suami dan keempat anaknya dalam pembantaian tersebut.

Referensi :

21 comments on “11 Desember 24 tahun lalu..

  1. Perdamaian hanyalah utopia.
    pembantaian memang sudah jadi bagian hidup perjalanan umad manusia . terimalah dengan lapang dada.
    Kita memang dilahirkan untuk berseteru.

  2. uhm… baru tahu ada pembantaian kayak begini *ketuk-ketuk kepala sendiri*. Weehhhh… makasih Tik, bisa jadi catatan tambahan nih :P

    Oh ya. Pernah nonton Sometimes In April, tentang kejadian kudeta di salah satu negara Afrika. Aku nontonnya cuma sebentar, tapi ternganga juga. Pembantaian yang ditampilkan tidak seberapa, tapi dalam seminggu pemberontakan saja, ribuan yang tewas. Jadi bertanya: itu yang tewas orang apa kambing?

    But… yah, seperti kata sridewa: Manusia hidup itu sepertinya sudah ditakdirkan untuk berseteru.

    Perdamaian hanyalah masa jeda sesaat untuk mencari strategi baru, mengembangkan senjata baru, memperbanyak pasukan (milisi, volunteer, tentara, simpatisan, what else?). And that’s the way this world keep running :)

    But, setidaknya mencoba untuk menciptakan damai dengan menyelamatkan yang masih hidup di masa kita, tidak salah ya, Tika?

  3. just another bloody massacre, kalo mau diliat sih banyak banget, dan di indonesia sendiri udah banyak yang kaya gini, bahkan “genocide” pun pernah kejadian…
    HOMO HOMINI LUPUS… apa tnyata teori ini bener ya?
    kaya’nya ngga ada bedanya manusia ma mamalia buas lainnya?

  4. # Anonymous :

    Homo Homini Lupus ni kalo gak salah artinya : manusia merupakan serigala bagi sesamanya.
    Hehe..
    Tapi kayaknya manusia tuh udah tergolong mamalia buas deh.. :D

  5. # Priyadi :

    Iya, om.. Tadi ada yang ngobrol ama tika, dan bilang kalo tanggal 23 Desember 2000 tuh ada pembantaian terhadap 3000 orang dalam konflik Islam-Kristen di Maluku.
    Waow..
    Dan kayaknya gak gitu di-blow up yah?
    Apa aku yang gak tau? :D
    He..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *