Apa sih Salah Indonesia?!!

Iya.. Apa sih salah Indonesia? Sampe dapet keterpurukan hampir di segala bidang gini? Masak ya gak ada satupun titik cerah.
  • Utang banyak (eh, malah mo ditambah utang lagi nih.. :( gawat.. )
  • Sepakbola payah.. (hihi.. berhubung lagi musimnya..)
  • Semrawutnya BAKORNAS dan SATKORLAK kalo ada bencana..
  • Bikin KTP aja susah..
  • IGOS yang gak ada kabarnya..
  • Isu lingkungan yang hampir selalu sekedar wacana..
  • SARA dimana-mana..
  • Anarkhisme yang mengatasnamakan golongan tertentu.. (dan herannya dibiarin aja ama polisi?! Sapa sih bekingnya?!)
  • Pakar yang pakar-pakaran.. (wekekkekekk..)
  • Reformasi yang kayaknya yuk dadah bye..bye..
  • Korupsi gak abis-abis.. Ditangkep satu, ada lagi.. ada lagi..
  • waa.. banyak..
Sori, gw cuma mahasiswi yang gak lulus-lulus yang bisanya cuma protes mungkin. Gw sendiri juga dah mulai eneg kalo ada yang kritik pemerintah. Coba tuh orang nyoba sendiri jadi Presiden kayak apa rasanya. Gimana rasanya diangkat jadi Menteri Keuangan dan harus benerin keboborokan anggaran dan citranya di mata masyarakat yang udah mengkarat berdekade yang lalu.

Tapi rasanya nunggu Pemerintah jadi bener juga gak selese-selese. Gw sampe bingung. Apa yang salah sih?! Apa yang kurang?!
Sumber Daya Manusia?! Wah, isu basi. Indonesia nih banyak orang pinter dan punya otak kok (walopun banyak juga yang otaknya sekedar buat ngisi batok kepala doang..). Yang prestasinya go internasional juga banyak. Jadi? Masak mereka gak bisa nyumbang buat kemandirian dikit bangsa ini (gw tegaskan, kemandirian loh ya, bukan kemajuan..).
Duit?! Aahh, apalagi ini. Super basi nih. Walopun dengan fakta bahwa Indonesia punya utang segunung, sebenernya aliran dan sirkulasi duit di Indo nih cukup banget kok kalo gak bole dibilang banyak.
Gak ada masukan dan kritik? Gak mungkin kan pake alasan itu.. Kayaknya udah bosen deh denger orang maen tuding-tuding dari yang sangat sopan sekali sampe yang ngelemparin gedung kayak FPI. (sori ya mas FPI, tapi terus terang gw gak respek ama kelakuan anda-anda itu loh.. hehe..)

Jadi??
Apa doongg yang salah???

Temen gw jawab : “cuma satu, POLA PIKIR”

Hah? Pola Pikir?
Kok bisa? Kenapa?

Tapi setelah gw pikir-pikir lagi, emang kayaknya bener juga sih. Dengan pola pikir yang kadang lebih ngikutin adat-istiadat dan kebiasaan yang dari dulu kita punya, emang rada susah mo maju. KKN? Itu juga emang adat kita kan? Dan sebagian pola pikir laen hasil “didikan” dari Belanda dulu.

Bab utang misalnya, mungkin para pemimpin sana emang masi punya pola pikir yang gak bisa mandiri, alias ketergantungan ama orang laen. Masi untung ada orang kayak Kwik Kian Gie yang masi bisa koar-koar ngasi saran. (salut gw ama orang ini.. Beliau adalah satu orang di antara sekian yang berpola pikir bangsa ini harus mandiri, dengan gak ngasi tambang-tambang Indonesia ke proyek bangsa laen.)

Bab prestasi misalnya, mungkin para pemimpin sana masi berpola pikir kalo kita ini bangsa yang bukan bangsa pemimpin. Buatan barat tentu lebih bagus. Ya sudahlah, impor sajalah teknologi dari luar. Ada yang bikin OS di Indonesia? Wah.. Sudahlah, mesti bagusan yang buatan luar negeri lah… Sudahlah, kita ini bisa apa sih??

Bab pertanian misalnya, sampe gula dan beras pun kita impor. Mungkin para pengatur kebijakan di atas sana berpola pikir kalo sesuatu yang murah tentu lebih menguntungkan. Sesuatu yang gampang tentu lebih menyenangkan. Beras Rojolele? Wah, mahal.. Murah beras Thailand tuh.. Kualitasnya juga gak beda-beda banget.. Sudahlah, impor sajalah beras. Kalo ngurusin petani sini susah.. Maunya banyak.. Operasionalnya juga makan biaya. Sudahlah, kita cari yang gampang aja, yang gak usah susah-susah. Gula? Impor aja.. Kalo dari sini repot, mesti kasi pelatihan segala macem. Mana sempet??

Itu bab kebijakan segala macem. Blom yang kayak demo-demo gak jelas menentang inilah dan menentang itulah.. Ada yang nyleneh dikit, bakar. Ada yang nyebelin dikit, serbu. Gak pake mikir lagi. Duh! Malu-maluin!!

Gw sendiri gak bisa bayangin kalo Indonesia masuk Piala Dunia. Yang wasit sini aja kasi kartu merah aja masi mikir-mikir setengah mampus, takut dikeroyok.. Gimana cerita kalo di luar sana? Malu-maluin (lagi..)!! Lagi-lagi karena pola pikir. Kalah menang adalah harga diri. Dan harga diri harus dipertahankan. Dan yang namanya mempertahankan diri itu kalo perlu harus meregang nyawa (mana peduli nyawa sendiri apa nyawa orang..). Dan mereka jadi gak mikir kalo mereka mati konyol… nyol…

Dan jayalah bangsa ini dengan pola pikir pecundangnya..

39 comments on “Apa sih Salah Indonesia?!!

    1. pantes lah klo belum lulus status masih mahasiswa ya?…sifat mahasiswa kan bisanya suka mencela pemerintah sendiri….

      kalo mbak orang jawa pernah denger WANG SINAWANG nggak?
      klo bukan orang jawa,mirip pepatah gini lho,rumput tetangga kelihatan nya lebih hijau

      nah kalo ngomong masalah,seperti halnya diri kita,tiap negara juga memiliki masalah yang komplek,hanya saja kalo ngomong masalah majunya sebuah negara khususnya indonesia ya sementara ini jangan disamain ma negara eropa…kalo mau mbandinkan ya bandingkan ma negara2 ASEAN dulu lah….

  1. POLA PIKIR, menurut gw itu adalah salah satu warisan Belande di masa penjajahan dulu.

    Rendahnya pendidikan juga, (sama aja sih), dengan pola pikir macam anak SD, kapan majunya bangsa ini.
    nasib-nasib.

    kayaknya WS Supratman, bukan hanya penulis lagu, tapi peramal handal, Pas banget lagu kebangsaan yang dibuatnya, INDONESIA RAYA.
    RAYA korupsi
    RAYA maling
    RAYA bobrok moral
    RAYA penjahat
    RAYA orang miskin
    RAYA orang kaya
    RAYA bodoh
    RAYA hutang
    RAYA ………. ?

    OK, mari kita nyanyikan lagu INDONESIA RAYA bersama-sama
    1
    2
    3

  2. kalo urusan nangani bencana…indonesia atau negara lain ampir sama…amrik aja puyeng ngurus bencana badai di New orleans tuh…
    kalo item yg lain…emang bikin frustrasi jadi warga RI :D

  3. kalo kupikir si, inilah jalan sejarah. indonesia masih butuh waktu lama utk mencapai keadaan damai aman sentosa rakyat adil makmur sejahtera…

    coba deh liat negara2 di sekitar kita:

    – singapura: maju si iya, tapi demokrasi nya mana? kebebasan pers juga ga ada kayaknya.
    – malaysia: ok deh, skrg lumayan maju.. tapi sama kayak singapura, demokrasi nya hampir gak ada, dan cukup diskriminatif lho mereka itu..
    – australia: captain cook mendirikan koloni pertama di Sydney sejak 1788, lho. Dah dua abad lebih! Dan di awal2 sejarah australia, mereka mbantai aborigine, pernah memiliki kebijakan white australian, dan smp skrg pun kondisi aborigine di sini sangat mengenaskan (drug addiction, homeless, skill-less, dll)
    – thailand: ok deh lumayan maju, mungkin pengaruh raja nya kali ya? dan mereka kan gak pernah dijajah oleh barat. daerah selatan lumayan sempet rusuh kan kemarin tp?
    – filipina: kenyataannya di daerah selatan masih ada pemberontakan juga kalo gak salah..

    Kalo aku boleh menilai si, sementara ini kita berjalan di arah yang bener.. Memang byk si kejelekan2 di saat skrg, tapi itu kan warisan jaman dulu dan skrg udah lumayan mendingan lah kayaknya (kecuali soal utang) :D

    1. beruntung apanya,,,anak bangsa tapi mentalnya propaganda,ada orang kayak gini 5 aj dah rusak indonesia

    2. :))
      ada 5 orang kayak kamu di indonesia, maka indonesia gak bisa menerima kritik dari orang laen..

  4. #7 irfan
    iya juga sih.
    Sebenernya dimana-mana kasusnya sama.
    Tapi yang diomongin Tika juga bener tuh.
    Pola pikir kita emang agak busuk.
    Pada umumnya masi pola pikir bawahan .

  5. Wah..
    Gua baru kepikiran yang kayak gini.
    Betul banget.
    Pola Pikir.
    Hmm..

    Salam buat Captain Jack, mbak tika!!!
    Ini jackers dari malang!!!

    1. klo nyesel yo silakan hengkang dari indonesia,gk ada yang ngerlarang juga,daripada membebani negara

  6. HIDUP INDONESIA!!!!!
    RIGHT OR WRONG INDONESIA IS MY COUNTRY.
    I PROUDE TO BE INDONESIAN!!!
    Kalau memang ingin Indonesia maju, mulailah dari diri kita sendiri bukan dengan menyalahkan orang lain, anda bilang pola pikir bangsa kita busuk, berarti anda dan saya termasuk dari yang pola pikirnya busuk juga. Jadi mulailah perubahan dari kita.
    Indonesia masuk piala dunia? mimpikah? tidak!! itu akan menjadi kenyataan suatu hari nanti. Mbak tika, anda bilang sepakbola kita penuh dengan kebrtutalan, pernahkah anda melihat sendiri ke stadion pertandingan sepakbola kita? atau anda hanya ikut2an para komentator yang bisanya hanya ngomong doang. FYI, di luar negeri pun perkelahian antar penonton, antar pemain atau penghinaan kepada wasit kerap terjadi. coba anda lihat dan ikuti inforamasi liga brasil atau liga2 di Amerika Latin sana anda akan tau bahwa liga mereka tidak sebersih yang anda bayangkan. Bahkan di liga eropa sikap rasisme masih sering terjadi. Ya, memang skill kita jelas kalah jauh dari mereka, tapi dengan pembinaan yang baik,- bukan hanya maen kecam tanpa memberikan solusi apapun-, saya kira Liga Indonesia akan semakin baik.

  7. #14 eldiablo

    HIDUP INDONESIA!!!!!
    RIGHT OR WRONG INDONESIA IS MY COUNTRY.
    I PROUDE TO BE INDONESIAN!!!

    huehehe.. Actually, me too..

    Kalau memang ingin Indonesia maju, mulailah dari diri kita sendiri bukan dengan menyalahkan orang lain, anda bilang pola pikir bangsa kita busuk, berarti anda dan saya termasuk dari yang pola pikirnya busuk juga. Jadi mulailah perubahan dari kita.

    Terimakasih, mas.
    Anda bener banget.
    Mulai menyadari apa yang salah adalah salah satu bagian dari membuat perubahan. Makanya saya nulis gitu.. Hehe..

    Indonesia masuk piala dunia? mimpikah? tidak!! itu akan menjadi kenyataan suatu hari nanti. Mbak tika, anda bilang sepakbola kita penuh dengan kebrtutalan, pernahkah anda melihat sendiri ke stadion pertandingan sepakbola kita? atau anda hanya ikut2an para komentator yang bisanya hanya ngomong doang. FYI, di luar negeri pun perkelahian antar penonton, antar pemain atau penghinaan kepada wasit kerap terjadi. coba anda lihat dan ikuti inforamasi liga brasil atau liga2 di Amerika Latin sana anda akan tau bahwa liga mereka tidak sebersih yang anda bayangkan. Bahkan di liga eropa sikap rasisme masih sering terjadi. Ya, memang skill kita jelas kalah jauh dari mereka, tapi dengan pembinaan yang baik,- bukan hanya maen kecam tanpa memberikan solusi apapun-, saya kira Liga Indonesia akan semakin baik.

    Loh? Saya kan gak bilang Indonesia gak bisa masuk Piala Dunia. Indonesia sendiri sih pernah masuk Piala Dunia (ada di postingan saya yang lain). Hehe..
    Saya kan cuma liat kondisinya sekarang di lapangan kayak apa. Kalo sekarang sih emang sangat jauh sekali.
    Tapi kalo someday masuk ke PD (perang dunia apa piala dunia nih?!), i’ll be the one who watch this country in every match.
    Btw, saya pernah beberapa kali ikut nonton langsung loh.. Hehehe..

    Iya, di luar negeri jelas banyak perkelahian. Tapi gak berkelanjutan kayak disini. Kalo disini kan udah kayak bonus harian. Tiap pertandingan mesti ada bonusnya rusuh. Hehe.. Saya minta anda pun tidak ikut berpikir sempit mengenai tulisan saya.

    hahaha.. Maen kecam tanpa memberi solusi apapun?
    Btw, anda nangkep inti tulisan saya gak? Disini saya gak mengecam. Tapi mencari inti permasalahan.

    Btw, thanx udah berpikir kritis.. ;)

  8. To Tika:
    maksud saya, yang suka memberi kecaman tanpa solusi bukan anda. Tapi orang-orang yang berada diatas sana, mereka hanya bisa mengecam ini-itu tanpa bisa memberikan bukti nyata. Kalau orang seperti kita yang tidak punya kekuatan apapun, hanya bisa memprotes dan menulis disini. Mungkin suatu hari nanti bila kita sudah berada di atas dan dengan pemikiran yang lebih baik, kita bisa membuat Indonesia jauh lebih maju dari sekarang. I hope so. Thank you for your attention.

  9. Indonesia sudah kehilangan jati diri sebagai bangsa… ngga punya identitas… sampai Taufik Ismail perlu menulis puisi… (Malu) Aku Jadi Orang Indonesia….

    *hiks.. sedih…*

    *indonesia!! bum bum bum bum bum*
    *indonesia!! jreng jreng jreng jreng*

    btw… abot meen.. postinge… ampun mbaak.. :p

  10. hujan emas di negri orang, hujan batu di negri sendiri…….

    smoga kita jd bagian dari orang yang ihtiyar…..agar hujan emas di negri sendiri…..

  11. Akan menarik tentunya klo kita terus berusaha, entah melalui Blog atau di kehidupan nyata, terus berusaha menjadikan diri kita punya nilai kemanfaatan, tidak pesimis akan kebobrokan besar yg melingkupi kita, tapi secara konsisten menciptakan gelembung2 kebaikan di sekitar kita.

    Ngomong emg gampang.

    Apapun, yang penting kan gimana caranya agar kita yg di sini ini bisa bagian dari solusi, alih2 bagian dari masalah.

  12. indonesia, “perubahan cuma soal waktu” kata siapa hayoooooooooooooooooooooooooooooooo.
    Salam kenal, Bravo indonesia !!!

  13. Salah semua!!!
    SEmua Salaahh!!
    Gw jadi inget ama Hitler..
    Mungkin waktu itu dia mikirin gimana caranya dunia jadi maju dan tidak dipenuhi orang bodoh kali ya..
    Apa perlu diterapkan di Indon neh?!
    Hahhaaha..
    Ekstrem banget gw..

  14. Liat Negara kita ini, bukannya tambah NGEH tapi tambah NEK :( apalagi berita beritanya…. Isinya MASALAH MELULU, kalau ndak INFOTAINMENT yang GHIBAH TANPA AKHIR.

    Mending Nonton kuis MC D yang dibawain Desta ama Vinchen (kalau ndak salah) ama acara RCTI minggu tentang kreatifnya ORANG JEPANG….. (padahal kalau ndak salah acara itu udah tahun 1986) :D

    Negeri Yang aneh…. (kalau kau pikir aneh, maka anehlah yang ada) *mbuh wis ora weruh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *