Berita di Media, Bisakah Dipercaya Sepenuhnya?

Gw liat blog ini, dan langsung cinta mati ama deskripsi blog dia.

Is it news or propaganda? How can you tell? Read and learn how Real History informs the present, empowering you to wake up and smell what’s brewing.

Menarik banget. Bisakah kita membedakan, apakah berita di media massa sekarang ini merupakan propaganda atau emang murni berita. Atau bisakah kita melihat latar belakang di balik sebuah berita yang kita yakini selama ini emang begitulah keadaannya, padahal ternyata bullshit belaka.

Hehehe.. Sok berat omongan gw..

Terus terang aja, gw dah mulai skeptis baca berita di koran dan liat berita di TV sejak lama. Pertama sih alasannya gara-gara gak ada berita yang bernada bagus, minimal yang bisa bikin Indon ini keliatan lebih cerdas lah.
Kemudian yang kedua adalah ketika ternyata seorang temen gw cerita, beberapa kejadian besar di Indon yang gw tau selama ini ternyata bullshit dan cuma permainan dengan berbagai kepentingan di dalamnya.

Huh.. That’s why i really hate politics.

Atau mungkin cuma gw aja yang terlalu polos? Hehehhee.. Tika emang masih polos nih, gak tau apa-apa… Jangan diajarin macem-macem yaa.. *howek.. tendang Tika..!!*

Contoh kecil, bab pesawat yang jatuh di suatu wilayah Indonesia. Dan menewaskan lebih dari 140 orang. Disana ada beberapa pejabat penting dari wilayah tersebut ikut meninggal di dalamnya. Dan di wilayah tersebut, sebenarnya blom lama berselang sebelumnya ada kasus mengenai suatu kontrak perjanjian tambang yang bermasalah. Pada hari H kecelakaan, si pejabat membawa beberapa berkas penting untuk dibawa ke Ibukota berkaitan dengan usaha pembatalan kontrak tersebut.
Silahkan hubung-hubungkan sendiri.

Contoh kedua, beberapa teror bom di Indonesia yang sangat menjadi fokus perhatian kita beberapa tahun yang lalu. Yang akhirnya menyeret suatu organisasi besar bernama Jamaah Islamiyah dan memvonis Abu Bakar Baasyir sebagai tertuduh utama dalang teror.
Padahal rata-rata, semua orang yang tertangkap berhubungan dengan bom ini malah baru mendengar nama Jamaah Islamiyah.
Aneh? Jelas..

Atau misal penangkapan Dr Azahari. Emang bener itu markas si Azahari? Atau bahkan, emang yang namanya Azahari itu bener-bener ada?

Tapi Tik, keluarganya ada kok. Istrinya ada. Seluruh keluarganya ada dan bisa jadi saksi kalo yang namanya Azahari itu bener-bener real..!!

Oke.. Yang namanya Azahari itu ada. Tapi pada kenyataannya, menurut keluarganya sendiri, si Azahari dah ngilang selama beberapa tahun. Dan kita sendiri, gak pernah kan ada yang bener-bener liat si Azahari? Kita cuma baca di media kalo potonya kayak gini. Dia pernah terlihat disini. Terakhir ada orang liat di toko situ.
Tapi, adakah yang bener-bener liat? Sumber dari informasi tersebut pun gak jelas. Dan sekali lagi, kita hanya bisa tau dari media. Kita cuma bisa baca, kita cuma bisa nonton tipi, kita cuma bisa denger radio. Pernah ada orang yang diwawancara serius bab penampakan si Azahari?
Mmm.. I doubt it.. Paling yang diwawancara tuh Pejabat Kepolisian.

Ato misalnya, bab permainan beberapa perusahaan asing yang menjajah tambang Indon. Bisakah kita melihat hubungan antara perpindahan kekuasaan dari satu presiden ke presiden laen, kaitannya dengan keinginan perusahaan asing dari negara yang disebut-sebut paling berkuasa di dunia untuk mengeruk keuntungan dari tambang Indon?

Atau contoh laen lagi, misalnya ketika ada berita awan lurus yang menghebohkan Jogja waktu hari Rebo (12/5) kemaren? Beberapa media mengajukan konfirmasi yang anehnya berbeda satu sama lain, agar masyarakat tidak panik. Bagus juga sih. Tapi apa gak sebaiknya membuat masyarakat jadi aware of any possible things that could be happen? Semua bilang gak usah panik, padahal perubahan cuaca yang sangat drastis terjadi setelah itu. Gimana orang gak panik..

Mungkin emang bukan pertanda gempa. Tapi gimana kalo itu misalnya adalah ekor badai, misalnyaaa..?? Hehhee.. Mungkin cuma gw aja yang parno kali ya..

Gw emang hoaxer… wakakakakk… (malah bangga!!)

Mungkin bisa baca artikel ini buat nambah-nambah bacaan.. Hehehe.. Gara-gara artikel ini, gw jadi sering liat-liat langit tiap hari kayak satpam ngeliatin orang baru dateng bawa parang.. Hihihi..

Atau misalnya, Momon yang ditangkep polisi gara-gara tuduhan pencemaran nama baik presiden. Weks.. Lha bikin gambarnya kapan, kok diributin kapan. Semacam bau-bau kalo ada yang ikut kesindir disini agak-agak kecium deh.. Hehehe..

Ato misalnya beberapa hari setelah gw nulis ini, gw ketabrak mobil dan masuk koran. “Seorang mahasiswi gak lulus-lulus tertabrak mobil gara-gara menyeberang ngawur..”
Apa Anda-Anda akan begitu saja percaya kalo saya kebetulan tertabrak mobil?

Hehehe…

*ah, sinetron banget gw..*

20 comments on “Berita di Media, Bisakah Dipercaya Sepenuhnya?

  1. Atau misalnya lain lagi,
    Suryo Paloh yang selalu ada di rating tertinggi pemilihan calon Presiden di Metro TV?
    Hehehehe..

  2. tergantung kita2 sih menyikapi aneka berita2 di media , soalnya sekarang banyak sekali media jadi mereka berlomba2 deh bikin cerita yang paling heboh, yang yang semuanya blom tentu sesuai dengan faktanya, yang penting laris manis

  3. emang sekarang dah susah membedakan antara fakta dan fiktif, kita mesti cermat dan teliti dalam menyikapi perkembangan yang terjadi, jgn cuma dari satu sisi saja kita liat, mesti dari semua sudut pandang

  4. Menurutkan lebih cerdas lagi dengan nggak nyebut Indon untuk orang Indonesia..
    di Malaysia orang Indon ..uUpst!! orang Indo bakalan ngamuk ngerasa diremehkan kalo dibilang Indon…
    Apalagi kalo kita sampe dibilang “kamu Indon ya..”
    waahhh….terhina bangeth bo’……

  5. Itu namanya teori-teori konspirasi, dan seperti teori konspirasi yang lain, itu harus ditanggapi dengan biasa-biasa saja.

  6. Makanya itu, saya klo pagi enggan baca berita di koran. Isinya kebanyakan malah mbikin mood jadi lebih buruk ktimbang sebelum mbaca. Nonton infotainment apalagi. Berita yg saya suka; Animal Planet. Bebas dari hoax dan politik kepentingan

    ^_^

  7. Aku kasih contoh lain lagi ya tik.

    Nadine yang kansnya gedhe banget di miss universe.
    Aku kok mikirnya mesti ada apa-apanya ya.
    Indonesia lagi disorot banget.
    Masalah gempa, tsunami dan segala macemnya.
    Mesti ada hubungannya tuh.
    Miss Universe kan gak luput dari masalah politik.

  8. Kita, neh emang selalu dikibulin. Sama bangsa sendiri,
    sama bangsa lain. Tapi kok beliau-beliau nyang di atas itu gak nyadar-nyadar, ya. Semaput. Eh, lupa. beliau2 ntu kan ikutan ngibulin, ya.

    Dik, nulis trus nyang laen.
    Sama ntu, terjemahan basa enggresnya nyang ke amrik ntu dibikin yang seru.

  9. Yang diomongin ini tentang apa sech… :-?
    Mending skrg kita pikirin nasib kita di Akhirat nanti…! Ngak usah neko2 mah, ingat Kiamat semakin dekat…!

  10. “Mending skrg kita rame2 aja ke Pluto, ayoh….! cuman 750 rb dah nyampe, bisa 350 rb tp pake bensin campur….! (Tinggal Sorong…)” :D

  11. Filem “Wag the dog”, gw posting hari jum’at 21 Juli kemaren.

    Lho, apa hubungannya ?

    Yang kunjungi aja blog gw, and find out sendiri ;)

  12. wah bener2 bodor. coba deh baca dia nge-reply commentnya alvonsius…..
    dia tanya what is the meaning of “huehuehue”?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *