HUJAN METEOR di JATIM?! PAITON MELEDAK?!


“Hujan meteor di Jatim, tik.
Paiton meledak”

Hah?!

Itu tadi sms Momon ke gw.
Hari Sabtu malem kemaren, tanggal 6 Januari 2007.
Waktu itu lagi di Wonosari ama temen-temen, mo liat sunset, trus jalan-jalan.
Eh, kemaleman, dan ternyata tau-tau Wonosari mati lampu.

Dan parahnya, mobil temen gw mati lampuuhhnyaahhh…!!
*scream..*

Dan trip menegangkan pun dimulai..

Jalan gelap gulita.
Mobil tanpa penerangan.

Yang ada cuma deg-degan ajah tuh, takut ditabrak mobil belakang..
Atau misalnya ada mobil nyalip dari jalur seberang, trus gak liat mobil kita..
Gawat kan?!
Bisa dengan sukses kita dicium tu mobil..
Atau misalnya kita bisa aja sewaktu waktu masuk jurang, secara medan jalur Wonosari-Jogja tuh berkelok kelok gak karuan..
Gak liat jalannya belok, dan sukses kita terus melaju..
Huiks..
Bener-bener.. Horor trip..

Satu kota Wonosari mati lampu semua..
Trus dari atas, kita liat Jogja yang gelap gulita..
Gak ada lampu idup..
Cuma lampu mobil yang iseng banget gelap-gelap gitu jalan-jalan..
*termasuk gw gituh..*
Dan ada temen kasi kabar juga kalo di Semarang juga gelap.

Kok bisa semua mati lampu?
Trafo mana yang meledak?
Masak gak ada satupun daerah yang trafonya selamat..??

Langsung sms Momon.
“Lagi di jalan dari wonosari ni.
Wonosari semua mati lampu.
Jogja juga gelap banget diliat dari atas..
Gak ada lampu idup..
What happened?
Kok bisa semuanya mati?”

Dan dijawab,
“Hujan meteor di Jatim, tik.
Paiton meledak.”

Hahhhh…..??!!!
Paiton meledak??!!!
Hujan meteor…??!!!
*yang kalo sekarang dipikirin kok agak-agak bodoh juga langsung pecaya ya..??!!*
Langsung cari kabar ke temen-temen kampus gw yang kerja di PLN sanah..
Mereka malah kaget, dan janji kasi kabar..

Weloh?
Kok malah kaget?

Di tengah suasana gelap gulita dan panik, dan deg-degan takut ditabrak..
Datanglah sms kedua dari Momon..


“Itu tadi hoax bikinanku..
Keren gak, tik?”

………..

Nyuk…!!

*misuh..*

*sigh..*

Tadi siang, gw dapet penjelasan gak resmi dari temen gw yang kerja di PLN..

temans,
sabtu lalu kira kira pukul 18.30 daerah Jateng & DIY mengalami listrik padam,
pasti banyak yang bertanya, mengapa? ada apa ?
mungkin dapat sedikit menjawab,

padamnya listrik di Jateng & DIY
tersebut disebabkan adanya gangguan di sistem 500kV
yang mengakibatkan trip (keluar dari sistem) 2 IBT (InterBus
Transformer) 500kV/150kV
di GITET (Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi) Ungaran. IBT di Ungaran
tersebut yang menjadi penyangga utama sistem penyaluran di Jateng &
DIY, utamanya untuk Jateng &DIY bagian utara, untuk bagian selatan
munkin masih ada beberapa daerah yang tidak mengalami padam karena
disokong IBT GITET Pedan.

mungkin sebagai ilustrasi
sistem penyaluran tenaga listrik Jawa – Bali,
ditopang oleh sistem 500kV,150kV ,70kV (transmisi)
untuk sistem distribusi ditopang oleh 20kV
baru kemudian diturunkan menjadi 380V (3phase)
kalo dianalogikan sebagai jalan kira – kira :
500kV itu jalan tolnya
150 or 70kV jalan Nasional/propinsi
20 kV jalan kabupaten
380/220V jalan -jalan tikus/ gang :D

karena yang ada gangguan di 500kV (jalan tol)
maka jalan2 yang lain juga ikut terganggu :D
sehingga padam menjadi luas.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini…..

Regards,

Sidik P.

Link :

13 comments on “HUJAN METEOR di JATIM?! PAITON MELEDAK?!

  1. berarti..selama perjalanan balik ke jogja, penumpang dalam mobil gak pada keliatan dong..kan item. xixixi..

    wah..untung gak ditilang polisi ya..:-D

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *