Upacara..? Apa Tuh..?


Waktu saya masih berseragam merah putih, upacara bendera tiap hari Senen adalah ritual wajib, dan bawaan lebih banyak. Topi, dasi, plus potong kuku. Upacara gituh, mas.. mbak.. Sampe saya jadi ABeGeh berseragam abu putih pun masiii aja kayak gitu.

Ritual yang udah saya lupain bertahun-tahun ini, tiba-tiba mak jedadug jadi keinget lagi. Gara-gara temen kuliah (yang dah nduluin hengkang dari kampus so years ago :-S) dan sekarang jadi dosen, tau-tau ngomong :
Dina : “Selamat Hari Pendidikan Nasional, Tik..:)
Tika : “Selamat..<:-P
Dina : “Aku tadi upacara loh, Tik..”
Tika : “Weks.. Upacara yang ituh? Kayak waktu sekolah dulu ituh..?:-S
Dina : “Ada upacara yang laen lagi, Tik?:D

Wekekekek..

Haduuuhh..:-B Ndak cuma hari Senen aja ya kita upacara. Hari Besar tertentu mesti kewajiban ini dijalankan. Beberapa kerjaan tertentu pun masih mengadakan ritual ini. Dan saya pernah ketangkep basah mbolos upacara sama guru, di kantin lagi nyeruput es.. :-
“Saya dehidrasi, Pak..”
Hehe.. Ya cuma itu bisanya saya ngeles..:-B

Tapi, ada loh yang nganggep upacara bendera ini adalah sebuah ritual yang mengarah ke arah syirik.. Ow.. Saya bukan ahli agama sih..:| Jadi ndak ngerti.. Niyat saya ikutan upacara sih cuma gara-gara kalo ndak ikut kan buwat menghormati para pahlawan yang telah mendahului kita.. *:-& cuihhh..!!* Dan ngisi absen.. *fiuh.. ini namanya jujur..*
Wekekek..

Eh, jangan-jangan sodara-sodara ini masih punya ritual upacara bendera?;))

11 comments on “Upacara..? Apa Tuh..?

  1. dari email tadi upacara bendera katanya harom karena tdak ada pada zaman nabi. seprtinya yang tidak ada pada zaman nabi itu yaa bid’ah, konon katanya. Termasuk ngeblog ya bid’ah… upacara, apapun simbolisasinya: bendera kek, hormat kek dll itu hanya seremonial yang tak masuk ke hati… barangkali ada yang lebih bahaya dalam hal “pemberhalaan” daripada cuma bendera: membelain duit mati-matian, pekerjaan, pangkat, jabatan dll.

  2. lhah. upacara bendera sm sirik, apa hubungannya? emang kalo upacara, benderanya kita mandiin pake air kembang dulu yak? hehehe…

    eh, pernah gak sih, pura-pura sakit dan nyaris pingsan supaya terbebas dari panas yang ya oloooohhh ituh? :

  3. @ Kurt :
    mungkin si bapak di milis ituh lupa kalo Yang DiAtas menilai apapun dari kita berdasar somethin called niyat..

  4. @ Venus :
    Aku ndak perlu pura-pura mbookk.. Emang pernah pingsan waktu upacara..
    Wakakakak.. :))
    tapi gara gara laper, bukan kepanasan..
    *malu*

  5. Saya sampe sebel liat upacara masih ada. Mengajar disiplin ga mesti dengan cara militer dan lagi buang waktu (lebih baik jam upacara dipake belajar).

  6. Kalo saya sih, waktu sma gak pernah ikut upacara. Secara saya anggota, apa tuh namanya, pks ya? yang tugasnya nge blokir dan jagain jalan di lingkungan sekolah.

  7. kekekek jadi kepengen sekolah lagi!! kalo aku pas upacara kaboer mulu ato pura2 sakit ato di barisan paling belakang makan ato minum es cendol kekekekek pa lagi kalo gak pake topi, huh udah deh kabor loncat tembok hahahhaha

    sekarang , meliat bangsa kayak gini, malah cuap2 tentang nasionaisme heheheheh kayaknya harus disakiti dulu baru sadar kali yaa kekekek

    upacara bendera haram???
    *speechless*

  8. Upacara haram karena bid’ah?
    pake payung juga haram tuh, bid’ah.
    naek mobil itu bid’ah.
    sikat gigi pake odol bid’ah
    pake pembalut bid’ah
    ketawa bid’ah soalnya nabi cuman senyum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *