IPA dan IPS ituh..


:D Adek sayah yang paling bungsu, ngambek ceritanya. Dia pengen masuk penjurusan IPA di SMA-nya, tapi nilainya kurang 0,25 poin untuk lolos. Jadilah adek saya cowok satu-satunyah itu bersedih, karena masuk jurusan IPS.

Katanya,

“IPS kan buat orang-orang bodoh. IPS ituh banyak hapalan.”

=))
Sayah kan jadi ngakak dengernya. Lha dia kira rumus periodik Kimia ituh ndak buwat diapalin? Kertas rumusnya dibakar trus dimakan, trus jadi inget sendiri? Dikira matematika ituh bukan masalah hapalan rumus? Rumus inget, ngitung bukan masalah lagi tho? Dikira ujian tentang sistem pencernaan kita itu kalo ndak dihapal bisa lulus gituh?? @-)

Ndak tau juga sih anak jaman sekarang.. (ceilee, kamuh anak jaman kapan, Tik..??!!)

Ternyata stigma kayak gitu ituh masih ada tho sampe sekarang.. [-) Kok kalo sayah boleh komentar, ndak ngaruh gituh mo masuk IPA ato IPS. Masalah gengsi mungkin iya buwat adek sayah. Lha emang kalo masuk IPA trus jadi Presiden gitu? Wekekek..

SMA sayah dulu, Dari 6 kelas yang ada, hanya ada 1 kelas IPS. Ituh aja cuma keisi setengah kelas. Tapi setengah kelas ini bisa dibilang jagoan-jagoan malah. Siswa masuk IPS atau IPS itu berdasarkan keinginan siswa semata. Bukan tes ato apalah.

Sayah jadi binun. Sampe ada anak SMA yang curhat kayak gini. Siapa yang bikin gara-gara bikin stigma kalo siswa IPA itu lebih pinter. Kalo siswa IPA itu nomer satu, IPS nomer duwa. Kalo siswa IPA itu kerjaannya pegang hitungan, IPS itu pegang hapalan. Kok jadi salah kaprah gitu. [-)

Oiya, sayah lupa. Sistem pendidikan di endonesa ajah udah salah kaprah kalo menurut Bang Nofie..
Hehe.. :D
Sayah bingung juga ini, gimana caranya biar adek sayah ndak mutung lagi. 8-|

Buwat Bacaan :

55 comments on “IPA dan IPS ituh..

  1. bilang aja,
    kalo IPA itu 1 + 1 = 2..
    kalo IPS itu 1 + 1 = 3..
    habis itu adek sampeyan akan nyela, “kok bisa?!”
    lalu sampeyan jawab saja, “pikir donk..”

    halahh, saya makin salah kaprah ndak sih?

  2. gak juga deh kayaknya… kau orang IPA tapi jiwaku lebih suka meobserfasi orang (sosial)

    kalo menurutku orang Ipa melahirkan orang2 pinter kayak dokter ilmuawan

    tapi orang2 ips menghasilkan orang2 cerdas kayak direktur dan bisnisman..

    heheheh itu menurut gw….

  3. walah, saya malah lulusan kelas Bahasa. yang katanya berada di bawah IPA dan IPS. tapi nyatanya tetep ganteng tuh xixixi..

    dan saat saya tanya temen-temen progremer, kebanyakan yang handal berasal dari kelas bahasa.

    hidup bahasa!

  4. Karena kalo spmb nanti, yang jurusan IPA bisa masuk jurusan IPS, tapi yang jurusan IPS susah banget masuk jurusan IPA.
    Eh..itu zaman saya dulu deng :D

  5. Bilang ginih….
    “Adek ku sayang….
    Tahukah kamu…bahwa semua pemimpin dunia itu adalah berasal dari IPS….
    dan tahukah kamu bahwa para pekerja itu berasal dari IPA…..”

    “Nah…untuk sekali inih saja…dengarkan lah kata kakak mu…”

    “Ambil lah jurusan IPS….ini semua untuk kebaikan mu…bukan buat kakak mu…yg emank sudah terlanjur basah terjerumus kedalam dunia IPA”

    Nah gituww…cara beri penjelasan nya….

    Lha pendidikan indonesia ini emank universal…
    masuk kemana ajah, ya itu2 aja yg dipelajari..
    Gak pernah specifik…..jadinya serba tanggung
    Paling kalo dah terlalu ahli….
    Cuma bisa jadi pengamat….segala bidang….
    hihohihoihohiho

  6. Kalo dia memang maunya ke IPA, ya ke IPA sajalah, Tik… Jangan dipaksa. Memaksa itu ndak baik. Asal saja diyakinkan ke dia kalo memang dia yakin dgn pilihannya.

    Tapi, kalo memang dia lebi pantas ke IPS, coba saja lagi bicara, kasi tau bahwa imej IPS itu salah. Ndak ada kelas ini baik dan kelas itu buruk…

    *pasang tampang bijak*

  7. Bilang jangan sedih gitu, adeku malah aneh, nilai nya tinggi banget di eksakta nya, tapi malah dimasukin IPA ama gurunya, padahal dia maunya SASTRA\IPS, bukan karna temen sih, karna dia suka bahasa cina…

    zzz

  8. IPA & IPS sama aja.. bukannya malah kebyakan orang bodo (IPS) yang mimpin orang pinter (IPA)-

    loh kok sama nasib ne kayak adekQ, ce satu-satunya yang masuk IPA, gara2 kekurangan nilai segitu juga.

  9. bilang aja tik, lihatlah mbakmu ini, susah-susah masuk ipa hasilnya apa coba?? skripsi ga kelar-kelar hehehhehe **kaburrrrrr**

  10. Pas jaman saya skul dulu, anak2 top malah ada yg pengen pindah dari IPA ke IPS lho.. Tergantung panggilan jiwa masing2 lah, nyamannya di mana.

    Yg bikin gw heran, ada yg smu-nya milih IPA. Tapi pas kuliahnya ambil ekonomi. Kan mubazir ilmu sainsnya :|

  11. Herlina Kawin Rubi Cs Frustasi (IA)
    Bebek Mangan Cacing Seger Banget Rasane (IIA)
    Heboh Negeri Arab Karena Xena Di Ranjang (VIIIA)

    *ngapalin susunan periodik unsur2*

  12. kebebasan milih itu jadi hak buat tiap2 orang, asalkan disertai sama tanggungjawab buat ngadepin pilihan itu. jadi inget tentang pemaksaan di .
    tentang IPA/IPS, betapa haramnya jurusan IPS itu, dulu pernah dibahas panjang kali lebar sama dengan luas di blognya .

  13. wah wah. ini yg salah kaprah. saya kuliah jurusan kimia tapi nggak pernah disuruh, or merasa perlu menghafalkan tabel periodik unsur tuh.

    pas ujian juga dibolehkan untuk membawa lembaran itu, karena memang bukan untuk dihafal. lha einstein atau marie curie juga saya yakin nggak hafal, hahaha…

  14. ha ha kl saya dulu memang gak mau mikir. jadi kalau ada yang mudah kenapa cari yang susah-susah ..:) dan sampai sekarang tak nyesel, tak merasa rugi juga.

  15. Makasih sudah bawa-bawa saya. :)

    Membandingkan IPA dan IPS mirip-mirip membandingkan es krim rasa coklat dan rasa vanilla. Subyektif sekali dan parameternya nggak jelas.

    Memang ada sedikit keuntungan dimana anak IPA relatif lebih mudah kalau mau ambil jurusan sosial, sementara anak IPS bakal kelimpungan kalau mau nembak ke jurusan eksakta.

    Saran saya, apapun pilihannya, disyukuri saja. Sekolah cuma “jalan” saja. Rejeki sudah ada yang ngatur. Baik di IPA, IPS, atau bahasa, kalau memang personalnya bagus dan mumpuni, insya Allah nanti bakal jadi orang sukses.

  16. Karena sdh banyak yg kasih saran, gw cuma cerita aja.
    Akhir SMP kata psikolog, gw bagus di Sosial/Budaya, tapi di SMA dimasukkan ke IPA.(“…untuk diselamatkan, supaya tdk terpengaruh kebandelan anak2 IPS”, kt guru gw).
    Kuliah masuk teknik antara lain karena pengen kuliah di PTN di Jawa.
    Setelah kerja beberapa tahun, gw pikir: I’m not so bad in engineering,…but not so good, either…
    Belakangan gw terpengaruh sama pendapat bahwa pendidikan (jurusan apapun) cuma latar belakang saja. Berguna buat melatih berpikir logis & rasional, syukur2 bisa bersikap wise

  17. hihi.. salah kaprah? yang penting pendidik2nya bisa mengimbangi informasi tentang IPA dan IPS ke anak2 didiknya.

    Dulu di smu gw IPS, trus masuk seni rupa, nggak betah masuk jurusan hukum, sekarang malah jadi wiraswasta..

    dan ternyata, di IPS hafalannya nggak sebanyak hafalan IPA, soalnya kalo dah ngerti ya nempel gitu aja..

    asal lulus smu dah bisa jadi orang dah cukup kan? :)

  18. hahahah ipa sama ips sama aja atuhh kan bisa dijelasin gak semua hobi kita sesuai dengan jurusan yang kita geluti. :D

  19. Tapi emang dari dulu yang namanya kelas IPS itu selalu terknal dengan orang – orang yang bodoh, klo ada yang pinter pasti di bilangnya “yah dia paling pinter diantara orang bodoh ” LOL

    ada yang bilang IPS isinya anak buangan doank! yah g dulu pas SMU juga kelas IPA ada 6 IPS ada 2/3 gitu dech!

    Yah tapi bukan berarti orang IPS bodoh2 semua, dan kelas IPS juga enggak sehina itu. Cuma kek sepupu g, dari jurusan IPS kuliah enggak bisa masuk FASILKOM ^^

    mungkin masalahnya disana ?!

  20. Sistem pendidikan Indonesia juga sih yang salah, terlalu menganakemaskan anak IPA. Padahal, seharusnya namanya IPA dan IPS itu bukan masalah nilai, tetapi masalah minat.

    Jadi seharusnya, keputusan masuk IPA atau IPS itu bukan selalu dari nilai, tapi juga dari minat. Ini yang seharusnya menjadi tugas guru2 yang duduk di BP sekolah.

  21. saya dulu waktu sma juga ngotot banget pengin masuk ipa dan berhasil. padahal nilai tertinggi saya di bahasa dan hasil tes psikologi menyatakan tingkat keberhasilan saya tertinggi di bahasa juga.

    tapi waktu di mbulaksumur, saya ambil akuntansi, dan ternyata banyak kolega yang berasal dari ipa. bahkan waktu balik ke mbulaksumur lagi, saya tetep ambil maksi.

    so, ipa-ips podo wae
    (podo njengkelkene yen ono pr…)

  22. ga tau jg yah…

    tp menurut saya, anak IPA itu sedikit lebih logical dan rasional orangnya. ga tau kenapa saya anggap begitu. ga tau ahh..ga tau (atau saya cuma mau bela IPA ya?)

  23. saya mantan anak IPS, dulu penjurusan hrusnya masuk IPA krena nilai IPA-nya lebih bagus, tp ngotot masuk IPS, dan alumni komunikasi UNDIP (apa coba), lagian IPS ga muluw hapalan kok, lah itu akuntansi masa mo diapalin hehehehehehe

  24. hehehe…..aku juga dulu jurusan IPA, emang sih keren n bangga kalo ada orang yang tanya….tapi setelah g rasain sendiri di kuliah, mau IPA kek mau IPS kek mau BAHASA kek mau KAKEK kek, semua sama aja…..tergantung ntar mau masuk jurusan apa di kuliah, itu lebih penting dari pada SMU…..hope can help…

  25. observasi saya dari beberapa pertukaran pelajar barat ke indon–, mereka lebih suka brada dikelas IPS daripada IPA… zaman adek saya(sekarang) juga dikelasnya ada pertukaran pelajar dr France eh dia malah milih IPS,katanya didunia sana Social lebih digemari dibanding science… denger dr temen yg pernah jadi pertukaran pelajar ke amrik..dia bilang yg jago math itu malah murid2 dari Asia… vietnam, china… murid amrik malah sering kalah dikelas dibanding murid asia..
    lalu pernah punya roomie dr korsel, dia ngitung apa aja nggak pernah pake kalkulator..(padahal negara dia tukang bikin kalkulator..) semuanya diitung pake kertas dan diluar kepala…. hebat yah, nggak males maksudnya..
    lalu bingungnya… kalo diwest sana social jauh digemari
    tapi kok barat technologinya jauh lebih canggih yah.. apa sistem kita yg bikin murid pinter dibuku aja tapi aplikasi lemah…
    IPA IPS sama aja deh..yg penting jadi the best dibidangnya…. (sok bijak..)

  26. gt deh..
    itu pernah gw bahas di blog FS gw.
    lebih parah lg jurusan bahasa. itu bener2 direndahin!
    gw sbg anak ips ajah udah bete bgt dianggep remeh.
    pdhl gw msk ips bukan krn gw gak mampu, tp krn emank gw mw blajar ips. gw suka bgt sosiologi n gw perlu blajar ekonomi akuntansi bwt bantu2 emak bapak gw kerja.
    emak gw aj sempet gk ngerti. dy ampe kaget wkt gw brenti les mafia krn mao msk ips.
    untung skrg dy ud ngerti krn gw ud jelasin maksud gw.
    ini hari pertama gw d kls ips lhow!!
    hore!!
    sayangnya, ada musuh besar gw d kls itu. *bete* ngapain c tuh anak?!

  27. ipa mang g lebih tinggi dari ips. tapi pendapat yang salah juga kalo ada yang bilang ips itu jurusan calon pemimpin dan ipa jrusan pekerja.

    indonesia aja yang mengagung2kan stigma semacam itu.

  28. klo sayah duluh masuk IPA karena terpaksa, lha nek masuk IPS bocae gentho2 kabeh jew :( takut dipalak.

    he..he..he..

  29. hhm, saya anak IPA wktu sma..
    tp skrg mlh t’dampar dgn sengaja kuliah di akuntansi.. :p
    duuh, malah di IPS itu lbh bgs loh.. (gak suka ama rumus fisika & kimia sih.. ha5x)
    peluang krja-a lbh bnyk (hm, bnr gak yah?! gak yakin jg nih, he5x..)

    yah, pokok-a mo IPA or IPS sama aja koq..
    asal bs dinikmati & disyukuri deh..

    oya, slm knl yah..
    site-a keren jg… ^-^

  30. huhuhu…
    dulu aku anak IPA matematika…
    ada embel matematikanya, soalnya untuk kelas ku jam pelajaran mate”mati”ka nya paling banyak. seminggu tiap hari ada matematika.

    tapi, tetep aja kuliahnya komunikasi, bukan teknik matematika, ato pendidikan matematika, ato yang bersarjana SM – Sarjana Matematika (mank ada ya?)

    ah, itu mah gengsi anak sekolah aja, biar di bilang “jenius”. stereotip yang salah.

  31. saya juga termasuk anak ips,Sebenarnya ipa ips itu sama saja,namun ketika kita melanjutkan keperguruan tinggi apalagi ngambil jurusan TI. wah matematika susah
    tetapi toh saya dapat nilai A di semester ke dua walaupun smester pertama gak lulus hehehehe!
    sekedar semangat aja OK!

  32. Seru jg ng0m0ngin ini.
    Gue dari SD emg udah cinta n bkat ilmu sosial.
    Dan saya benci bgt matematika.oleh karena tu nilai matem saya tak pernah lebih dari 7.
    Menurut ayah saya kalau matematika dpet nilai jelek brarti goblok.*f-ck you*
    Pdhal nggak.
    Pas masuk SMP kcintaan saya sama IPS makin besar cz saya suka banget sejarah.
    Di SMA, PAs kelas 1 nilai IPS lbh tggi daripada nilai IPA.
    Legalah pas tes potensi.bakat saya memang IPS.IPS.IPS!TAk bisa dirubah.
    Tapi pas penjurusan malah saya dimasukin IPA.sial!!
    Slama libur 3 minggu saya selalu berdebat untk msuk IPS.Dan Ortu saya melawan saya dan menyuruh saya masuk IPA.
    Sayapun ngalah.Stlah 2 hari di IPA,aq ga betah bgt. . .anaknya ga asik,ga seru, belajar mulu di kelas.
    Eh,anehnya pas dirumah papa blg,”kalo mau masuk IPS jg gpp”
    Sialan!!knp bru skrg!telat!

  33. jahat amat sih yang bilang anak ipa pekerja anak ips boss nya i_i
    ga gitu selalu kok…
    huks…
    ngomong2, gw ga setuju jurusan ips n ipa itu ada yg lebih tinggi dan rendah. kenapa jurusan ips dapet cap jelek? berdasarkan pengamatan gw, anak2 jaman sekarang jarang tau apa yang jadi bener2 minatnya. masuk ipa ya udah. ips ya udah. gw liat banyak banget anak ips yang masuk ips bukan karena minat, tapi karena nilainya ga cukup buat masuk ipa sehingga terpaksa masuk IPS padahal nilai ips nya juga begitulah! … banyak jg denger ips adalah jurusan santai sehingga mereka berbondong2 masuk ips… (biasana yg maunya santai itu anak yang males2, n yang males2 biasanya bandel) akhirnya ips jadi jurusan yang kesannya kurang baik…
    di skolah gw anak2 jurusan ipa ips nya gw trlalu akur malah. kayak ada jurang yg daleemmmm…bngt.
    padahal anak2 yang masuk ips karena kemauan sendiri itu gw liat pinter2, tekun, rajin,dan bener2 punya minat & bakat di ips (mereka memang biasa tidak mencolok…) lagipula anak2 ipa yang pelajaran mafia nya remed trus tuh banyak banget, jangan salah…

    bagaimanapun…hidup IPA!
    *gw kan orang ipa…*

  34. gw juga orang ips…
    dan paling benci klo dibeda-bedakan…

    yang jadi masalah? kenapa anak IPS tetap merasa nyaman dengan julukan “anak buangan,ikatan plajar santai,anak bandel”…
    kenapa mereka tetap bangga dengan julukan si bikin omar(except gw)
    yang bisa merubah citra itu cuman kita sendiri
    so go IPS go IPs go! ;p

  35. ipa kuh jlex di bwh kkm pdhal kkm nya 60 tp syanknya aku dapet 59 pd saat ul n sblum ul aku udh belajar mati2an smbil apalin tp knapa nilai ku jlex??
    ksih tw tips nya yg bnyak lg dunk..
    thanks..

  36. sama bgtt aku jg pgenn masuk ipa.. tapi nilaina ga cukup gara2 sem 1 ancur sem 2 ga ada merah padahal ipa di atas 65 .. yah masi pas pasan sihh.. pgenn ipaa tapii pada takut2in kalo tar bisa stress n bla bla. tapi pgen kul dokter,
    huhh kalo ips bingung mau ambl jrusan ap..
    tapi katanya kalo kul di luarr sampe sma 2 aja juga da bisa fondation k luar ngrii then ambil jurusan yg km mau dehh!

  37. BAGI ANAK SMU IPS, APAKAH BISA MASUK JURUSAN ARSITEKTUR DAN YANG (JURUSAN YANG BISA UNTUK IPA), KALAU GAK KENAPA DAN GIMANA ?. SAYA SISWA SMU 11 IPS YANG BERCITA-CITA MENJADI ARSITEKTUR, DOKTER, ASTRONOT, DAN ILMU-ILMU TINGGI LAINNYA, NAMUN APAKAH JURUSAN IPS TIDAK BISA UNTUK IKUT UJIAN MASUK PERKULIAHAN JURUSAN-JURUSAN YANG HARUS IPA DAN JURUSAN TINGGI LAINNYA……?????

  38. wah gue ga setuju bgt klo ips to bodo2….. gw nak aksell netral ipa n ips tapi makin lama gw makin setuju klo sebenrnya nak ipa tuh disiapin buat jadi pesuruh, buruh, atau pekerjanya anak2 IPS

  39. saya anak IPA dan merasa pelajaran di IPA itu ada banyak (banget) hal yang gak penting. terlalu orientatif terhadap ilmu pasti. mudah mengerjakan soal2 anak IPA, tapi dipikir2 males juga ngertjainnya. kalo anak IPS justru ilmunya yang luas justru lebih terasa buat saya. ya, rasanya seperti itu deh. :D tapi, pendapat orang beda2. baiklah, sabar ya adeknya tante tika :D

  40. menurut aku
    anak ips tu lbih ke arah yang kedepan..
    iya sih ipa juga.
    tapi lihat deh skarang ipa thu uddah kebenyakan..
    ips sekarang jjarang
    la ong mayoritas perusahaan tuh lbih ke ips kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *