Cerdas dan Rumit ituh..

Tadi malem, beranjangsana ke rumah temen lama, ngobrol ngalor ngidul, dan curhat sana sini. Tiba-tiba keluar topik tentang hal gampang yang dibuat rumit.


Yud : Aku heran, lha soal gampang gitu kok njelasinnya mbulet-mbulet..
Tika : Lha iya tho.. *mode nggosip*
Yud : Kan tinggal ngomong ini begini, itu begitu. Ndak usah pake koordinat bujur utara dan selatan segala, tho.. Malah pusing. Ndak jelas malahan.
Tika : Bener ituh.. *mode manut*
Yud : Heran aku, orang memperumit masalah kok malah bangga..
Tika : Hu uh…
Yud : Kenapa ya kebanyakan orang lebih bangga dan lebih merasa pinter ketika menjelaskan sesuatu dengan bahasa yang rumit dan susah dimengerti?
Tika : Iya.. Kok gitu ya.. Ck..

Iya. Aneh memang. Apa sayah jadi keliatan pinter ya kalo bikin sampeyan puyeng. Oke, sayah akan jelaskan tentang bolpen. Sesuatu benda yang terlapisi oleh pembungkus dimana didalamnya terdapat benda cair yang secara terkontrol dapat membuahkan goresan menetap di atas lembaran kertas.

*glek.. panjang..*

Sayah jadi inget omongan satu ini :

“Orang cerdas tu bisa menyederhanakan segala sesuatu yang rumit , bukannya malah tambah bikin rumit yang bisa disederhanakan..”

Ow, bolpen itu buat nulis itu loh..

36 comments on “Cerdas dan Rumit ituh..

  1. wah, emang kadang ad org yg bangga klo bahasa dia cuma dimengerti dia. Malah orang2 itu yg kadang tampil di depan public

    contoh: metadata, dll

  2. intinya apa to ini, mbak?

    *aseli, ini bukan karena mbak tika yang memperumit topik, tapi sayanya aja yang rada lemot..*

    .
    .
    .
    .

    *dowone, rek…*

  3. Mungkin orang2 yang hobi membuat setiap hal menjadi rumit itu sedang memposisikan dirinya sebagai pilsuf…

  4. Bolpen tuh kan yg bentuknya lonjong, panjang, ada yg kecil dan ada jg yg besar. Kalo ditekan baru keluar. Bener gak, Tik ??? :D
    (* awas kalo ada yg berpikir jorok *)

  5. Hehe Setuju ‘Tik, sering – sering anjangsana, biar tambah ruwet otak kita…

    Btw, e=MC2 ntu gampang,

    penjelasan sederhananya kl kamu nimpuk orang pake batu or ap gitu, kl yang buat nimpuk makin berat ( m = masa makin besar ) or lo nimpuk nya makin kenceng ( sukur mendekati kecepatan cahaya kuadrad , a.k.a = C2 )

    So efek nya makin kerasa… ( e = energi yang kena makin gede.. )

    Yah ntu se yang gw tauuu…Moga moga cukup simple.. Maap kl salah…heheh

  6. Haha.. terutama org Indo tuh, suka bikin yg simpel jadi rumit. Makanya GusDur sering nyeletuk : “Gitu aja kok repot..”

  7. lu emang pinter dalam membuat konsep tik! sesuatu yg imajiner memang harus dibuat proporsional untuk konteks yg jelas.
    (lha..?bingung kan?)

  8. lu emang pinter dalam membuat konsep tik! sesuatu yg imajiner memang harus dibuat proporsional untuk konteks yg jelas.
    (lha..?bingung kan?)

  9. lu emang pinter dalam membuat konsep tik! sesuatu yg imajiner memang harus dibuat proporsional untuk konteks yg jelas.
    (lha..?bingung kan?)

  10. Ehm.. jadi tersindir. Secara kata orang saya juga hobby merumitkan yang simple :)

    Eh, atau Jeng Tika emang lagi nyindir? HAHAHAHA..

  11. ooo bener itu…
    ngomong rumit bukan berarti pinter…
    mikir rumit juga nggak bisa dibilang pinter…

    trus yang buat rumus kimia dan fisika nggak pinter donk?! kan rumusnya rumit semua…

  12. Weh, kok kebetulan semalem saya juga nonton pilem tentang pialang saham di Wall Street yang melibatkan pulpen dari perak..

    Eh bukan tentang pulpen ya? *garuk2*

    Mungkin mereka menyalah artikan konsep KISS jeng. Bukan sebagai keep it simple and stupid, tetapi keep it simple for stupid. Jadinya takut dianggep stupid kalo simpel-simpel ajah :D

  13. kalo saya ngefans dan mulai ngeblog lagi karena suka baca blogna mbak tika suatu kesederhanaan, kerumitan………………

    Apa Kebangetan ya????????

  14. Everything should be made as simple as possible, but no simpler. — Albert Einstein.

    KISS: Keep It Simple, Stupid but never oversimplify. — Willian of Occam.

  15. baru sekali berkunjung negh.. saya suka gaya tulisan sampeyan, ringan tapi tepat sasaran :D

    lam kenal, btw…
    saya link blognya yak.. :)

  16. KALAU bisa se?mbok jangan rumit giru tha?orang hidup aku lagi rumit kok tambah buka yang rumit2……kpan2 diganti jang rumit…………..

  17. KLo hidup g ad krUmiTan tU bkanY hidup. Yg nMaY hidup pasTi ad krUmiTan. Allah sWt brfirman. “sesusadah kesusahan pasti ad kemudahan” d blik k sUsahan/k rUmitan pasti ad jalan keluar.

  18. Pingback: colder
  19. Pingback: ffdre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *