Kopi Paste Tanpa Link Sumber ituh..

Waktu sayah dulu pertama dipaksa Momon buwat bikin blog, sayah ituh binun mo nulis apa. Mo curhat kok ya bakal dibaca Momon.. (lha yang tau blog sayah waktu itu cuma Momon..) Akhirnya beberapa kali sayah kopi paste ndak jelas gitu dari Momon. Untung temen sehidup sependidikan inih kok ya sabar-sabarnya gituh loh ngajarin sayah inih ituh bab blog.

Masalah kopi paste inih, tanpa mengikutkan link sumber tulisan, sayah belajar setelah brapa bulan ngeblog ituh ya.. Waktu nemu artikel Om JaF tentang gerakan Jangan Asal Copy Paste, sayah baru ngeh tentang etika menghormati hasil tulisan orang laen, se-ndak mutu apapun ituh..

Jangan Asal Copy Paste

Walopun logo banner JACP dah beredar dimana-mana, sayah yakin ituh mesti banyak sang peng-“kopas liar” berkeliaran dimana-mana. Si pemilik technisoft.net pernah ngedumel gara-gara nemu artikel miliknya dibajak tanpa link sumber. Pepeng, empunya escoret.net ada itu ngomel-ngomel bab postingan Wedhus Gembel yang dimaling tanpa link. Mas RyoSaeba itu pernah ngulik-ngulik bab pemenang lomba blogfest anak SMA yang ternyata kopi paste doang.

Atau kasus yang lagi ribut diomongin, postingan Sarah yang sempet dipuji-puji Pakdhe Ndoro, dan ternyata kopi paste tanpa link sumber dari blog Mbak Dewi.
Si Sarah yang katanya dulu mantan model iklan Mas Brotoseno ituh jadi dihujat disana-sini. Padahal ya dia ituh baru ngeblog berapa lama tho? *mengenang masa lalu*

Tapi sebenernya, kenapa tho orang kopi paste tulisan TANPA nyebut-nyebut sumber aselinya tuh?

Lha kalo menurut terawangan sayah yang cuma blogger abal-abal inih, ya cuma dua kemungkinan begituh.

  • Pertamax, tu orang emang pengen maling beneran, ngakuin tu tulisan adalah punya dia.
  • Keduwa, ya karena tu orang emang ndak tau etika kopi paste tulisan. Bisa emang beneran ndak tau (kayak sayah yang pertama ngeblog dulu..), atau ndak mau tau.

Kamu Tik?

Lha sayah sih nurut sama om JaF.. Sueneng banget kalo ada yang tau kopi paste postingan sayah yang ndak mutu inih, dengan menyertakan kredit sayah disitu.. Wuih.. Makasih buwangeett.. Kalo ada linknya, kan bisa sayah terawang ituh dimana mereka mereka semua berada.. Kalo ndak yawdah, sedekah.. Hihi..

Betewe, inih sayah blogger abal-abal mo nanya. Kira-kira menurut sodara, kalo postingan sayah yang aseli disini, trus dikopi paste kayak begini disini, tanpa ada link…
(Tambahan : Plus, memotong dan nambahin komentar. Dan bikin postingan beliau hasil kopi paste postingan sayah jadi beda banget maksudnya dari postingan sayah yang aseli..)
Lhaa gimana ituh menurut sodara?
Kategori pertama ato keduwa?

+ Kopi Paste tu apa tho, Tik?
– Lhaa ituh loh, kopi starbak mahal.. Mampunya sayah kopi paste..

118 comments on “Kopi Paste Tanpa Link Sumber ituh..

  1. gapapalah…. kopipaste itu, bukankah kita ngeblog untuk berbagi? Nah, kalo ternyata blog yg kupipas itu nyari “duit” anggap ajah sedekah, karena gak mungkin toh minta royalty? wong tulisannya ajah dah nyolong :lol:

  2. hehehehe panaaassssssssssssss…..
    mungkin juga belum tau sopansantun ngeblog kali..
    khan si buanadara itu baru pertama ngeblog

    *sok ngebelain

    piss ah…….

  3. @diKo :
    ketujuuhhh..!!!
    lha ya ituh loh..

    @ Redy :
    iya jeh.. ayo ke angkringan Tuguuu..!!

    @ Mbilung :
    lha kan terawangan sayah yang abal abal inih pakdhe…
    Apa lagi tu pakdhe? Sayah mbok ya diajarin..

    @ d2r3d2 :
    d2r3d2 tu bacanya apa tho? :|
    iyah, blom tau aja kali ituh mbak Sarahnya..

  4. Kalau simbah sih…semua kita itu asale copy paste..lah wong info yang kita terima asale dari luar semua…kebanyan kita cuman nambah2 sama komentar-komentar biasa…. lah kata-kata dan bahasa simbah sehari-hari juga dari copy paste babeh sama nyak…juga guru yang ngajarin..dll…

    So, yang merasa ilmunya agak lebih..relakanlan tulisan anda di copy pasti..asal jangan di bajak dan di komersilkan..nah itu baru boleh anda minta bagian he he..* metree*

  5. @ mojojo :
    ehhh??
    The Secret Windows?? :|
    *tanya mbah Gugel ah..*

    @ ekowanz :
    wah, kurang satu lagi hetrix tuh, kow..
    sayah mendukung pembajakan laguu..!!
    hihihi…

    @ brokencode :
    lha kalo owner nya ndak diakui gimana mas, broken? :D

    @ Mbah Keman :
    mbok sayah dikomersilkan, mbah..
    jadi artis dangdut ya ndakpapa wes..
    *weks..*

  6. yang bikin terharu neh yah tik, si mbak sarah yang catik ituh kopipes tidak hanya dari satu postingan, melainkan banyak postingan dan dirangkai jadi satu..bisa bayangin khan baca postiganku dr 2 taon lalu. niat yah ?? :D

  7. Ooo semalem ngomong belum posting ternyata pengen posting tulisan ini ya?

    Sebenernya etika ngasih kredit (kredit motor?) ke penulis aseli nggak cuma di dunia blogging kok. Di dunia penulisan buku, pasti ada juga beberapa quote yang ngambil dari buku lain, kemudian dikasih footnote yang menjelaskan darimana tulisan itu berasal.

    Kalau ada blogger pemula yang ngga tau, semoga menjadi tahu dan kemudian tahu diri. Tapi jika masih tetep ngga mau berubah ya… ya gitu deh.

    Eh dah baikan blum jeng?

  8. @ dewi :
    iyah mbak, niyat banget..
    coba suruh bantuin sayah ngetik skripsi mbak..
    sapa tau cepet jadi kalo dibikinin mbak Sarah..

    @ Paijo :
    hhihihi.. lha ada potokopian juga sekarang..
    huhuhu..
    ntar ngantri ya jo..
    abis ini..
    eh, kamu duluan aja joo..

  9. gw rasa dia tipe yang kedua Tik. Dia ada bilang soal “yang punya blogger” (ie. lo) tapi dia ga link balik ke elo.

    kalo gw seh, kalo sampe ketahuan gw ada yg copy paste artikel gw, bisa gw confront langsung tuh. hehehe.

    nice one Tik

  10. Seeeeeep…. maka dari itu, kalo kita menganggap bahwa kopi paste itu pembajakan, maka ya jangan kopi paste… mending kopi jos aja itu tadi, kapan tikz ke angkringan tugu?

  11. iya…si sarah cakep yah…tapi kayaknya wajahnya mirip dengan mantan saya dulu, mungkin copy paste juga yah..? *halah garing…kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrr*

  12. @Indra
    Iya mas… malah meluas kemana2, melibatkan antar forum sehingga admin masing2 forum saling konfirmasi trus sudah melibatkan orang ISP yang punya network segala…

  13. saya dari dulu puueengenn ada yang ngopi paste tulisan saya..eh..eh..lha kok ngga ada juga…wah..jan keliatan ga mutu tulisan saya jadinya..mbok ya kalo ada kenalan sampeyan mau ngopi paste di kasih saja ke tulisan saya…btw kapan makan2?

  14. Klo liat isi postingannya sihh..blio itu keknya berniat baik : ingin meluruskan/menasehati mbak Tika. Cuman yoo..ada yg perlu diperbaiki soal : etika ngopi paste (klo gak mau nyantumin sumber copy paste-nya ya mbok ya jangan plek dicopy. Mustinay diedit dulu)

    Maap klo rada sok tau :)

  15. Kredibilitas jadi kuncinya, biar aja orang mau copy paste…orang akan ngerti sendiri nantinya, siapa yang asli dan siapa yang palsu. Btw, kapan makan2? *ikut pitik* :D

  16. kalau saya pernah ngalami kasus yang sama, tapi kali ini oleh salah satu situs yang besar , memang dia menampilkan link saya, cuma tulisannya di potong2, hanya untuk dijadikan dalil untuk menghina “keyakinan” yang saya anut ( aga berbau SARA tapi bukan sarah yang postingan ini maksudnya he..he..he.. ), sempet buat saya stress dan niat mau tutup blog secara saya merasa berdosa, Dan sebagai pengamannya dibantu oleh mas edittagus, blog saya tidak bisa klik kanan walau masih bisa di copy secara manual.

    Kejujuran dalam suatu karya adalah yang utama.

  17. @ dewi :
    boleehh!! boleh ngulik ngulik dibolak balik jungkir balik dah..!!

    @ Indra :
    betewe, udah baca dengan jelas blom? :D
    dah dibandingin sama postingan sayah yang aseli??

    @ Redy :
    ayoo!! ntar kita arisan di angkringan tugu..!! ntar malem?

    @ dewi :
    hihihi.. bahasa endonesa mbak..
    kalo pake bahasa linggis, sayah sewa mbak nana ajah..

    @ fisto :
    coba sini..sini.. yang mana mantannya?
    yang ini bukan –> http://www.halloweencostumes4u.com/Merchant2/graphics/00000003/15839.jpg

    @ orakanggo :
    wuiiihh!! seruuu..!!! sayah ikuuutt..!!!

    @ guspitik :
    makan makan nikahan apa pindahan ini mas pitik?

    @ hannum :
    kalo dicermati lagi, dia copy paste dan memotong nya sedemikian hingga dan terbentuklah opini yang sangat berbeda dari maksud postingan sayah semula.

    @ Anang :
    coba di kafe sebelah stasiun mas..

    @ aprikot :
    loh?? kok minta maap ke sayaaahh??!!!
    ndak maauuu!! sayah minta harddisk baru pokoknyaa!!!
    *loh??loh??? ngelunjak…*

    @ Hedi :
    hihi.. semoga tak ada tikabanget yang palesu..

  18. @ cin :
    betoolll…!!! setujuuu..!! *eh.. apa tho tadi??*

    @ Kombor :
    iya e, sayah ini masih cinta membajak..
    duh..

    @ *** :
    eh..ehh.. arti tanda bintang 3 ini apa tho mas..
    eh mbak..?
    eh.. om..?
    betewe, ya itu juga yang kejadian sayah kemaren..

  19. @ ndorokakung :

    sama pertanyaannya dengan sir mbilung, apa kamu yakin cuma ada 2 kemungkinan di balik kopipas? bukankah di balik tikungan kehidupan juga ada eksperimen. dan, orang tak pernah menyangka … kopipas itu bisa juga sebuah penghormatan kepada sang penulis asli atau bisa hanya untuk mengubah citra si penyalin teks.

    pakdhe, itu yang sayah maksud tuu, dua kemungkinan adanya kejadian kopi paste TANPA ada link sumber tulisan yang aseli.

    Kalo cuma masalah kopi paste, itu mah beda lagi.. :D

  20. @zam
    kopas boleh tanpa ijin jika menyertakan sumbernya…

    situs besar spt detik pernah ngalamin kek gini khan?
    nha sampe sejauh mana ya action detik ke penjiplaknya?

    jadi mungkin kita bisa tiru dari kasus yang saya

  21. pakdhe, itu yang sayah maksud tuu, dua kemungkinan adanya kejadian kopi paste TANPA ada link sumber tulisan yang aseli.

    Kalo cuma masalah kopi paste, itu mah beda lagi.. :D

    ah, tika … you nevet get it, don’t you?

  22. @ ndorokakung :

    ah, tika … you nevet get it, don’t you?

    aaahhh..!!
    sayah tauu..!!!
    pakdhe berdua emang dudulz..!!
    jadi ini tho maksudnya eksperimen kalian ituhhh..??!!
    *ngakak*

    tetep pakdhe, jawaban sayah sama.
    ndak berubah itu tentang cuma 2 kemungkinan alasan kopas tanpa link sumber.
    kalo kopas yang itu, itu ya alasannya karena si pakdhe mbilung ndak mau tau etika kopas, lha dah dapet ijin yang punya postingan sih.. :mrgreen:

    ini yang jadi korban eksperimen cuma sayah apa semua yang baca ini?

  23. @ caplang :
    lha gimana mas :D
    masalah ide mah, bisa terinspirasi dari mana aja..
    tapi tentu ada kredit kan dari penginspirasi mas caplang?
    wuih, sesama pemakai TM… cihui..!!

    @ orakanggo :
    bener.. benerr…
    *yang mana ya yang bener..*

    @ bearnuts :
    hihihi.. sayah jugaaa… *malumalu*

    @ antobilang :
    betooolll..!!! hidup sayaaaahh..!!!

    @ iphan :
    gimana..gimana phan..
    ayo kita ke caesar..
    hihi..

  24. Saya tidak tertarik dengan bahasan Copaste situ..

    kesini karena tertarik ama Hai Sarah™ nya itu..keke
    rupanya saling terkait,..serasa keluarga kecil blogger bahagia sejahtera.. :D

  25. hehehe..puisi2ku juga dah sering tuh di ‘bajak’ tidak jelas,
    tapi kebanyakan akhirnya ada yang ngaku, ada juga yang ijin :D

    tapi klo di copy di sms, saya tidak bisa melacaknya :D

    nice post!
    *salam kenal*

  26. @ jejakkakiku :
    hihihi…
    coba dikasi dikasi stat ituh smsnya mas.. :D

    @ fiandigital :
    halah.. opo tho..
    nanti sayah nyaingin detektip onlysenja pula.. :mrgreen:
    udah sembuh kang fian dudulzz…
    hihi..

  27. wah sama, saya juga dulu waktu pertama kali ngeblog selalu copy paste dan gak kasih linknya
    tapi kemudian di kasih tahu sama temen kalo itu gak bertika, akhirnya mulai menulis sendiri

  28. @ Dimas :
    wooo… lha sayah ini dateng pagi pagi mo nyontek situh jeh..
    pengumuman.. pengumuman..
    ini mas Dimas inih, pernah jadi Dimas Diajeng-nya Jogja lowhhh..
    tiitttuuuiiiiittt…..!!!!

    @ cK :
    wuih, coba si kopi paste dikasi arang mas..
    josss..
    *summon Redy+Sandal ke angkringan Tugu*

    @ venus :
    bukan mbok.. kopi rasa menthol berasep..

    @ kenny :
    tenang.. tenang.. deket deket sayah mesti ketularan banci poto ituh.. hihihi..

    @ ayahshiva :
    ndakpapa mas, kopi paste..
    asal yang punya tulisan ndak protes..
    hihi..

    @ Suwahadi :
    ndak perlu pake aturan aturan mas..
    hehe..
    lha wong blog sendiri sendiri kok.. :D

  29. boleh boleh, silakan kopi paste postingan di blog saya. full free plus tanpa menyebutkan link/ sumbernya. dulu banget tulisan saya di kopi paste (plek) oleh dua KORAN nasional hanya menyebutkan inisialnya.
    saya senang dan bangga tentu saja! ha ha…

  30. Yang jelas ngopi itu asik bgt lho….
    kalo paste, itu tergantung produk nya la…
    seperti paste gigi…dll, mana yang familiar dah
    Enjoy….hiohihohiho..

  31. @ kw :
    huks.. sayah blom pernah masuk koran mas..

    @ MacDots :
    bang amruuull.. ayo kita ke solok lagiii..!!!
    *mengenang Banda Aceh..*

    @ ghilman :
    yok ghil..!!! di bogor ada ndak ituh kafe juwal gituan??

  32. sekedar copy Paste (kayaknya baru gw yang bener nulisnya)

    “boleh boleh, silakan kopi paste postingan di blog saya. full free plus tanpa menyebutkan link/ sumbernya. dulu banget tulisan saya di kopi paste (plek) oleh dua KORAN nasional hanya menyebutkan inisialnya.
    saya senang dan bangga tentu saja! ha ha…”

    (contoh Copy Paste)

    berarti pendapat yang di Copy di setuji dan disepakati oleh yang bersangkutan, makanya abis itu di Paste.

    (gitu loh)

    udah ah, cuman nyobain berteduh di rumah baru

  33. @ atique :
    ah.. ndak usah baca buku, sodara..
    sering sering baca blog sayah ajah..
    **loh?loh?**
    SPAM DETEKTED..!!!

    @ Sakti :
    wuih, bisa tho, mas??

    @ dobelden :
    gimana mas rasanya?
    seneng? puwas? sakit gigi?

    @ abah oryza :
    hahahaha..
    neduh sini, abah..
    ujan deres inih diluar..

  34. Tiikaa,

    Kopas kurang ajar bisa diperangi kok. Kirim aja DMCA notice ke hostingnya. Sertakan juga bukti2 kalau kita pemilik orisini artikel bersangkutan. Kalau perlu sertakan cache yang ada di archive.org. Kalau hostingnya di Amrik biasanya langsung diputus/didrop. 404 error deh. Dijamin. (belum tahu sih kalau hostingnya di Indonesia)

    Walau yang dikopas cuma dua paragraf sekalipun, kalau dua paragraf itu orisinil bikinan kita, sudah cukup buat kirim DMCA.

    Kalau pingin template2 surat DMCA, download saja dari http://www.plagiarismtoday.com/ . Gratis.

  35. sorry ketinggalan, wah benar benar baru tahu kasus ini, habis YM conference sama Anto, ndoro dan mbilung…nggak pernah mampir ke blog Sarah lagi, tau tau udah mati blognya ( mungkin gara gara saya ke papua kemarin, jadi seminggu hilang dari dunia blog )
    Saya coba follow up dia,..kalau bisa jangan dimarahin, maklum masih umur 18 tahun, belum tahu kode etik dan dunia bloging secara utuh..mestinya disemangati saja dan diberi tahu secara baek baek..
    Saya tahu dia pasti stress habis karena kasus ini..

  36. aku tahu kemungkinan yang ketiga.

    3. sengaja kopi paste tanpa nyebutin sumbernya biar jadi populer. truz klo ketauan kopi paste, dy jd kontroversi. truz dy jadi seleblog.

    ahahhahhaaaa…

  37. @ iman brotoseno :

    sorry ketinggalan, wah benar benar baru tahu kasus ini, habis YM conference sama Anto, ndoro dan mbilung…nggak pernah mampir ke blog Sarah lagi, tau tau udah mati blognya ( mungkin gara gara saya ke papua kemarin, jadi seminggu hilang dari dunia blog )
    Saya coba follow up dia,..kalau bisa jangan dimarahin, maklum masih umur 18 tahun, belum tahu kode etik dan dunia bloging secara utuh..mestinya disemangati saja dan diberi tahu secara baek baek..
    Saya tahu dia pasti stress habis karena kasus ini..

    ^^ mas..
    sayah juga pernah ngalamin fasenya sarah kok..

  38. @ hoek :
    ehh.. mas..mas..
    masi bisa ngantrii iniiii…
    sini..sini..

    @ Ndaru :

    Tiikaa,

    Kopas kurang ajar bisa diperangi kok. Kirim aja DMCA notice ke hostingnya. Sertakan juga bukti2 kalau kita pemilik orisini artikel bersangkutan. Kalau perlu sertakan cache yang ada di archive.org. Kalau hostingnya di Amrik biasanya langsung diputus/didrop. 404 error deh. Dijamin. (belum tahu sih kalau hostingnya di Indonesia)

    Walau yang dikopas cuma dua paragraf sekalipun, kalau dua paragraf itu orisinil bikinan kita, sudah cukup buat kirim DMCA.

    Kalau pingin template2 surat DMCA, download saja dari http://www.plagiarismtoday.com/ . Gratis.

    wah, brarti yang kopas plus edit ngawur postingan sayah ituh bisa sayah laporin dong..!!!

    @ Alex :
    waaaaaahh!! ayo ke solookk..!!!

  39. Ade sering banget ngalamin tulisan Ade di kopi-paste orang lain.. tapi iya mau gimana lagi, pahit juga, kalo udah jadi kopi… *ngelantur mode ON*

    -Ade-

  40. Mmmm…saya setuju dengan adanya pencantuman sumber tulisan.
    Coba bayangkan seandainya kita melakukan kopi paste suatu tulisan secara asal dan tanpa mencantumkan sumber, lalu kita ditanya (baca: diajak diskusi) oleh beberapa pihak. Apa nggak bingung n kelabakan ketika ternyata pada suatu titik kita tidak bisa memberikan kepuasan pada penanya…padahal tulisan yg ada seolah2 menyiratkan tingkat pengetahuan yg luas. Coba kalau kita mencantumkan sumber asli, maka kita tinggal mengoper pertanyaan itu pada si empu asli :mrgreen:

    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    BTW proses pencantuman sumber tsb juga melalui proses copy paste juga kan? Apa kita perlu mencantumkan “sumber” yang kita gunakan untuk mengkopi paste sumber utama tulisan kita
    Contoh:
    Artikel ini dikopi pais secara utuh dari http://www.tikabanget.com dan proses kopi paste tsb menggunakan “Ctrl+C” dan “Ctrl+V”.
    Tuch kan…sumbernya ada 2: tikabanget.com dan Ctrl+C n Ctrl+V

    Eh hampir lupa mau bilang kalau komentar saya yang di bawah tanda plus (+++++) ini ga usah ditanggapi :mrgreen:

  41. Salamun alaikum.

    Kritikan anda saya terima, tapi akan saya bantah juga di sini.
    Saya sengaja tidak mencantumkan blog anda agar tidak menjadikan rujukan link sebagai syubhat bagi pembaca di blog saya. Hal ini sangat saya perhatikan demi keselamatan kita semua dari bahaya syubhat. Dan di awal tulisan saya sudah memberi pengantar: “Suatu waktu, saya mendapati tulisan di salah satu blogger seperti berikut”. Jadi, itu semaca kode bahwa tulisan itu bukan nyerobot asal-asalan, tapi diambil dari orang, setelah selesai pun saya kasih tanda bintang **selesai kopas**, artinya selesai kopi paste. Nah, jelas bahwa sebagian artikel itu adalah hasil kopi paste, meski tidak mencantumkan sumber asli, hal itu saya kira tidak mengapa karena bukan memang tulisan itu bukan untuk tujuan komersiil, mencari keuntungan harta dari tulisan orang, atau tujuan duniawi lainnya. Hanya saja, insya Allah, tulisan itu saya tujukan sebagai nasihat bagi diri saya pribadi dan kepada kaum muslimin untuk berhati-hati dari perbuatan terkutuk, yakni kesyirikan. Bukankah kesyirikan itu dosa yang terbesar dari sekian dosa-dosa besar. Bukankah pelaku dosa kesyirikan itu tidak diampuni dosanya oleh Allah, kecuali dia bertaubat di dunia ini. Ini lho yang saya ingin sampaikan. Tapi mengherankan, kenapa yang dicermati bukan masalah pentingnya tauhidnya atau bahaya kesyirikannya, justru masalah kopi paste, sumber, yang ini sepele. Allahul musta’an.

    Dan saya membantah option dari anda:
    * Pertamax, tu orang emang pengen maling beneran, ngakuin tu tulisan adalah punya dia.
    * Keduwa, ya karena tu orang emang ndak tau etika kopi paste tulisan. Bisa emang beneran ndak tau (kayak sayah yang pertama ngeblog dulu..), atau ndak mau tau.

    Saya jawab:
    *Pertamax, saya sudah mengatakan di awal tulisan bahwa itu hasil kopi paste dari blog seseorang. Jadi, ini membantah tuduhan anda bahwa saya menganggap itu tulisan saya. Lha wong jelas-jelas dikatakan kopi paste kok dibilang nulis sendiri. Aneh anda ini.
    *Keduwa, saya juga sudah memberikan sedikit ulasan di atas mengenai kopi paste ini. Jadi, ini sekaligus membantah tuduhan anda bahwa saya ndak tahu atau ndak mau tahu. Saya nggak tahu apakah anda ini ndak bisa baca atau pura-pura ndak bisa baca atau ndak mau baca tulisan saya.

    Kopi paste ituh baru ditulis sekarang, padahal udah lama tulisan di blog saya. Ada kesan untuk memanfaatkan moment di blogsphere yang lagi ramai. Lagu lama.

    Kemudian, kalau anda ini mau menggunakan kebijaksanaan hati dan kepala dingin, tentu tidak akan menutup tulisan seperti ini:
    (Tambahan : Plus, memotong dan nambahin komentar. Dan bikin postingan beliau hasil kopi paste postingan sayah jadi beda banget maksudnya dari postingan sayah yang aseli..)

    Namanya juga kopi paste yang kita ambil sebagian alias memotong. Dan saya memotong tidak pada huruf atau kata sehingga menimbulkan perbedaan makna, tetapi saya menukil beberapa dialog yang perlu dikritisi. Perlu diketahui pembaca dan juga pemilik blog ini, bahwa postingan anda memang perlu dikritisi karena ada yang salah dari tulisan anda.

    Terakhir, saya mohon maaf jika hal ini menjadikan ketidaknyamanan anda. Tapi, pesan saya: ambillah diskusi ini sebagai pembelajaran diri lebih lanjut.

  42. Salamun alaikum.

    Kritikan anda saya terima, tapi akan saya bantah juga di sini.
    Saya sengaja tidak mencantumkan blog anda agar tidak menjadikan rujukan link sebagai syubhat bagi pembaca di blog saya. Hal ini sangat saya perhatikan demi keselamatan kita semua dari bahaya syubhat. Dan di awal tulisan saya sudah memberi pengantar: “Suatu waktu, saya mendapati tulisan di salah satu blogger seperti berikut”. Jadi, itu semacam kode bahwa tulisan itu bukan nyerobot asal-asalan, tapi diambil dari orang, setelah selesai pun saya kasih tanda bintang **selesai kopas**, artinya selesai kopi paste. Nah, jelas bahwa sebagian artikel itu adalah hasil kopi paste, meski tidak mencantumkan sumber asli, hal itu saya kira tidak mengapa karena memang tulisan itu bukan untuk tujuan komersiil, mencari keuntungan harta dari tulisan orang, atau tujuan duniawi lainnya. Hanya saja, insya Allah, tulisan itu saya tujukan sebagai nasihat bagi diri saya pribadi dan kepada kaum muslimin untuk berhati-hati dari perbuatan terkutuk, yakni kesyirikan. Bukankah kesyirikan itu dosa yang terbesar dari sekian dosa-dosa besar. Bukankah pelaku dosa kesyirikan itu tidak diampuni dosanya oleh Allah, kecuali dia bertaubat di dunia ini. Ini lho yang saya ingin sampaikan. Tapi mengherankan, kenapa yang dicermati bukan masalah pentingnya tauhidnya atau bahaya kesyirikannya, justru masalah kopi paste, sumber, yang ini sepele. Allahul musta’an.

    Dan saya membantah option dari anda:
    * Pertamax, tu orang emang pengen maling beneran, ngakuin tu tulisan adalah punya dia.
    * Keduwa, ya karena tu orang emang ndak tau etika kopi paste tulisan. Bisa emang beneran ndak tau (kayak sayah yang pertama ngeblog dulu..), atau ndak mau tau.

    Saya jawab:
    *Pertamax, saya sudah mengatakan di awal tulisan bahwa itu hasil kopi paste dari blog seseorang. Jadi, ini membantah tuduhan anda bahwa saya menganggap itu tulisan saya. Lha wong jelas-jelas dikatakan kopi paste kok dibilang nulis sendiri. Aneh anda ini.
    *Keduwa, saya juga sudah memberikan sedikit ulasan di atas mengenai kopi paste ini. Jadi, ini sekaligus membantah tuduhan anda bahwa saya ndak tahu atau ndak mau tahu. Saya nggak tahu apakah anda ini ndak bisa baca atau pura-pura ndak bisa baca atau ndak mau baca tulisan saya.

    Kopi paste ituh baru ditulis sekarang, padahal udah lama tulisan di blog saya. Ada kesan untuk memanfaatkan moment di blogsphere yang lagi ramai. Lagu lama.

    Kemudian, kalau anda ini mau menggunakan kebijaksanaan hati dan kepala dingin, tentu tidak akan menutup tulisan seperti ini:
    (Tambahan : Plus, memotong dan nambahin komentar. Dan bikin postingan beliau hasil kopi paste postingan sayah jadi beda banget maksudnya dari postingan sayah yang aseli..)

    Namanya juga nukil tentu yang kita ambil sebagian atau potongan2. Dan saya memotong tidak pada huruf atau kata sehingga menimbulkan perbedaan makna, tetapi saya menukil beberapa dialog yang perlu dikritisi. Perlu pembaca ketahui dan juga anda bahwa postingan anda tersebut memang perlu dikritisi karena ada yang salah di sana.

    Terakhir, saya mohon maaf jika hal ini menjadikan ketidaknyamanan anda. Tapi, pesan saya: ambillah diskusi ini sebagai pembelajaran diri lebih lanjut.

  43. kutipan klo dipotong-potong bisa membuat orang lain salah mengartikan dan akhirnya menjadi fitnah, menurut saya klo ada orang yang salah menanggapi postingan mba tika yang hoax doa ituh, mungkin akan memberi cap syirik ke mba tika…padahal jika dilihat dari judulnya “hoax doa ituh” , bagi yg mengerti apa arti hoax ya malah ketawa ngakak, lha wong postingannya menyindir dan lucu dengan gaya tikabanget tentunya…

    intinya hoax adalah berita bohong..makanya sebaiknya klo mengambil kutipan dikasih link/ sumbernya seperti judul dan penulisnya(skripsi aja harus bikin daftar pustaka)..ato sebelum mengkopi paste tulisan dan menilai, ya dicerna dulu isinya apa, ga mau kan, karena emosi dan ketidaktahuan beberapa istilah, kita jadi memfitnah orang, walopun ga sengaja…

    damai..damai..udah besar, ribuutt aja…

  44. abu maulid itu emang kerjaannya ngeyel, udah salah kok ngeyel, ya mbok nerima, klo masalah lain-lain mah udah pada dewasa kok! intropeksi diri itu PERLU DAN WAJIB!

  45. Wah dah pusing mang copas, bukan cuma diblog tapi sampe ditulis diforum full gambar juga, malah di FB juga ada, dan yg lebih parah ada blog yg kayanya si ngaku2 berbau IT tapi ko copas juga, payah

  46. Pingback: RYAN
  47. Pingback: colder
  48. Pingback: TRACY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *