Moderator yang khilaf ituh..

Nah, yang laen udah nulis masing-masing di blognya. Giliran sayah. Peringatan inih, bakalan panjang kali lebar kali tinggi. Sayah lagi mood buwat cerita.. ;))

Beginih ceritanya sodara pada Fucklentine Day kemaren.. **gelar tiker, nyalain rokok**

14 Februari 2008 – 3.57 pagi buta.

Sayah baru bisa melempar diri ke kasur.

6.25 pagi

Sayah dibangunin si Mami yang ngelempar termos ke sayah. “Katanya mo jemput ke bandara. Bangun!!! BANGGUUNNN..!!” Sungguh anak yang laknat sayah inih. Biarlah. Itu mungkin takdir sayah. Semoga Malin Kundang senang mendapat teman seperti sayah. Kalo sayah jadi batu juga, kita bisa sering sering poto dan kopdar berdua. **fokus, tiikkk…**

Owkey, kembali ke jalan yang benar.

6.55 pagi

Sayah dah di bandara. Berdasar info, si Ndorobedhes nyampe di Jogja sekitar jam 7 gituh. Tapi inih manaaa.. Ditunggu 15 menit ndak ada yang nongol. Panitia yang katanya juga mo ke bandara ndak bales sms sayah. Jangan-jangan sayah yang telat jemput.. :(

7. 25 pagi

Ahh, sayah udah diusir tukang keamanan bandara.. :( Lha ya bandara Adisucipto inih kok ya pake berubah bentuk loh. Sayah bingung bener parkir dimana. Akhirnya cabut dari bandara, jalan ke rumah Yudha. Eh, 5 menit pergi dari situ, si Ndorobedhes sms. “Dah di bandara. Dimana kamu?”

Woo.. Langsung banting setir ngesot mobil balik ke bandara. Kemaren siapa yang bilang jam 7 coba..!! :-w

8.00 pagi

Masih ngobrol ma Ndorokakung di bandara. Yudha plus mobil MM juga dateng. Nungguin Antogirang dateng dari Bali.

9.00 pagi

Dari bandara, mboncengin si Ndoro langsung ke rumah Momon. Ealah, ternyata bapaknya Momon ituh temennya Ndorobedhes tho. Ngobrol deh mereka.

9.30 pagi setengah siang

Sayah anter tuh Ndoro ke rumahnya di Jogja. Sayah ma Momon kabur ke kantor. Bla bla bla, tralala trilili.. Momon nyelesein deadlinenya, sayah menyebar janji sana sini buat nyelesein kerjaan.. :))

12.00 siang

Si Ndoro mengeluh kelaparan. Sayah ma Momon langsung terbang jemput si Ndoro buat makan. Kita makan di gudeg mana itu namanya di Selokan deket perempatan Jalan Kaliurang sambil nggosip sana sini.

13.30 siang

Kita ngadem di Own Cafe Sagan. Iphan dateng. Dina nyusul. Dan undangan arisan disebarkan mendadak. Sayah milih pulang. Mandi.. :-"

14.00

Cosa yang udah dijanjiin dijemput sayah, dengan terpaksa sayah oper ke panitia MM. Lhaa, mana bisa mandi sambil jalan jalan…

15.30

Setelah keribetan membersihkan diri biar kecoak berkurang dari rambut dan badan sayah, akhirnya sukses nyampe ke MM. Disana dah nunggu jelata-jelata dari Kasultanan Ndoyokarto. Fany dateng jauh-jauh dari Semarang. Anto ngilang. Cosa juga dah siap ditemenin mbaknya yang ternyata lebih ceria dari si Cosa sendiri. Dirimu sungguh kalem berat, Cos..

Kita ngobrol sana sini. Meriksa guide line dari panitia. Dan merusak guide line dari panitia. Lhaa, guide line dari panitia itu kira-kira seperti inih loh :

Sesi 1
Sejarah BLOG (Ndorokakung)
awal mula blog
tujuan awal hadirnya blog
siapakah yang pertama mempunyai ide BLOG
siapakah penyedia pertamakali
Perkembagan BLOG
fungsi dan tujuan awal
fungsi dan tujuan saat ini

Dan si Pakdhe dengan tangkas menjawab : “Suruh pesertanya cari di google.” :))

Sayah lebih khawatir pada sesi Cosa. Sayah udah sempetin baca-baca tentang bidang Cosa inih. Bikin duit dari internet. Dari blog. Tapi tetep aja ndak ngeh. Selama inih sayah cuma buang-buang duit buat blog, dan blom pernah dapet duit dari blog. :))

Tapi Cosa menenangkan, dan memberi petunjuk satu dua biji. Ah.. Sayah laper berat.. Dan mata kayak digandulin kingkong.

16.30

Acara yang harusnya dimulai jam 4 pas ituh, baru dimulai. Sayah dengan suara cempreng (menurut Sandal inih) mulai acara. Dan karena udah mepet banget waktunya, sayah maen terjang langsung. Menjelaskan secara garis besar acara. Ngenalin pembicara. Dan ngenalin sayah sendiri tentunya. :-"

SESI PERTAMA sayah masih jaim. :)) Ndak bisa mbayangin sayah jaim ya, Pakdhe? Sebagian besar pertanyaan adalah seputar ngeblog tuh apa. Mereka ngeblog dimana, dan gimana ceritanya. Perbedaan blog dan media mainstream. Gimana cara bikin blog. Hosting mana aja yang bisa buat ngeblog.

Ah, panitia udah melambaikan kertas, tanda waktu habis. Sesi tanya jawab setelah sesi pertama cuma buat satu orang ajah.

17.20

SESI KEDUA. Inih harusnya jadi sesi spesial buat Cosa. Dan disinilah panitia juga khilaf memilih moderator. Dan selaku moderator sayah juga khilaf. Jadi mari kita bersama-sama menghadiri arisan kekhilafan. (plaaakkk!!!!) Sayah sungguh terpana dengerin penjelasan Cosa panjang lebar bab moneytizing. Sayah bener-bener ndak ngerti apa-apa ternyata. Rasa lapar dan ngantuk yang mendera sungguh mengganggu sesi ituh.. :| (alesaann!!)

Sayah sempet dinasehati Cosa buwat belajar bahasa enggres. Itulah cara buwat meraup keuntungan terbanyak dari blog. :)) Makasih loh, Cos, atensi dirimuh sungguh berharga..

Sayah sadar kekurangan sayah dalam topik inih. Trus disempetin bisik-bisik ke si Ndoro. “Pakdhe, mari kita rusak lagi guide panitia..”

Dan si Ndoro pun setujuh. Sayah buka pintu selebar-lebarnya untuk Ndoro jadi moderator bayangan.. :))
Beliau sungguh ugal-ugalan, sodara.. hihihi.. Pake ngehubung-hubungin yang diomongin Cosa sama ROI. Apa pula ituh. Lha anak-anak MM yang emang dijejalin gituan buat kuliah mereka ya ngakak-ngakak aja. Lha sayah inih kuliah di elektro, blom lulus pula. Mana ngerti yang begituan.. Yield? Oh, Tuhan.. Apa ituh, ndorooo… (minta ampun..)

Sesi tanya jawab dilempar lagi. Hampir semua buat Cosa. Ndak ada yang buat sayah. Hiks. (kamu tu siapaaaa…??!! **tampol pake bakiak**)

Dan salah satu pertanyaan mengguncang adalah :

“Beberapa waktu lalu sebenarnya saya sudah berniat untuk membuat blog. Namun, setelah menghadiri acara seminar ini dan melihat pembicara-pembicaranya yang aneh, saya menjadi berpikir ulang dan lebih berniat untuk mundur. Sebagai seorang praktisi akademis, saya merasa ilmu saya akan menjadi sia-sia dan tidak dihargai apabila diletakkan begitu saja di blog.”

:)) Lucu liat muka-muka kaget di atas panggung.

Sayah reflek ngelirik giant screen di belakang panggung. Owh, ternyata blognya Antogirang yang lagi ditampilin. Pantes.. **kabur dari ancaman dirajam Anto**

Masing-masing dari kami bergantian berusaha menjawab kegundahan ngawur peserta tersebut. :)) Dan yang keren adalah jawaban si Ndoro.

Ndoro dengan gayanya yang khas bercerita dengan panjang lebar nan apik serta menohok. Dia bercerita ada temannya seorang akademisi yang menanyakan kenapa dia mau ngeblog, toh tidak dibayar dan terkadang menghabiskan uang dan waktu. Temannya tadi merasa enggan menulis jika tanpa bayaran. Ndoro pun kembali bertanya kepada temannya,

“Dari mana kamu dapatkan jurnal ilmiah, artikel bahkan hingga mp3 terbaru?”
“Dari Internet” temannya tadi menjawab.
“Gratis?” tanya ndoro,
“Oiyya, gratis. Saya kan akademisi, tinggal download ngga usah bayar” jawab temannya lagi,
“ok… searchingnya juga pake google kan?”
“iya, pake google. kan akademisi” jawabnya lagi,
“Gratis?” tanya ndoro untuk memastikan kembali,
“iya gratis”
dengan sedikit menghela nafas, ndoro memulai kembali kata-katanya,
“Nah sudah saatnya kamu membayar atas apa yang telah kamu dapatkan selama ini. Adakalanya kita harus memberi, jangan selalu menerima. Begitu juga dengan ngeblog, apa yang saya miliki dalam hal keilmuan, saya bagikan melalui blog. Anggaplah semua yang kamu tuliskan secara gratis ini adalah bayaran terhadap apa yang telah kamu dapatkan. Blog saya ini juga bisa berupa warisan yang akan saya berikan kepada anak cucu saya.”

(dicontek secontek-conteknya dari si Nico)

Sayah sendiri cuma bisa ngasih contoh blognya pakdhe Rovicky dengan segala ke-berbagi-annya tentang ilmu geologi. Atau Om Priyadi yang waspada bab isu-isu ndak nggenah dan diluruskan dengan versinya.

18.10

Gile, tau-tau udah jam segini. Acara harusnya habis tepat adzan maghrib dikumandangkan. Panitia udah warning dengan berbagai macam cara. Mulai dari melambaikan tangan sampe lepas baju dan mengibarkannya setengah tiang. Padahal SESI KETIGA yang harusnya diisi Si Ndoro blom dimulai.

Akhirnya sayah nekat. Rusak lagi guide line yang indah dibuat panitia. :))

Sesi Ketiga malah diisi pembagian doorprize dan ktawa haha hihi, dan poto poto. Pokoknya acara hari ituh harus berakhir ceria. Walopun entah kekacauan apa sajah yang udah sayah buat sebelumnya. :)) Sayah cuma mikir begituh.

19.15

Setelah keributan sana sini, poto-poto, ngobrol ndak jelas juntrungnya pasca talkshow, akhirnya sayah sama Ndoro keluar juga dari gedung MM ituh. Jelata Ndoyokarto udah siyap nunggu makanan di Xtra Hot JaKal. Sayah masih harus jemput Momon, trus nganter si Ndoro ke rumah sodara beliau.

20.10

Bergabung dengan warga Ndoyokarto. Dan sayah yang paling naas, setelah ngulang pesenan 3 kali, makanan dianter paling belakangan. Laknat bener. Ndak tau ya sayah abis opname?!! (itu urusanmu, Tik.. Bukan urusanku atau urusan mereka..)

22.30

Rombongan Ndoyok meluncur ke Kedai Poci Unik. Sampe di TKP, sayah tewas di mobil. Ndak ikut nggosipin Nabi.. :(

15 Januari 2008 – 01.15 pagi buta

Sayah nganter si Ndoro pulang ke rumah beliau. Nganter Momon. Dan berlanjut ke janjian dengan cecunguk berikutnya..

05.10 pagi

Sayah baru tidur.. Remuk deh sayah.. Huks.. Ndak jemput Ndoro buwat ke airport. Maapken sayah…

Catatan laen seputar seminar.

83 comments on “Moderator yang khilaf ituh..

  1. baru kali ini saya setuju sama Anto…! jangan nyari2 alesan mulu, tik! lom mandi-lah, kingkong nggandul-lah, tepar-lah… banyak kali ya to yg harus dimaafkan!

    huahahaha….puwas!

    *lari seeeeekenceng2nya….

  2. ohh jd gitu toh. jangan kapok jeng. saya juga khilaf g dateng. pengen ngeliat tampang anak2 MM yg serius ituh diajarin ngeblog. pasti pada mikir apa ngeblog itu bakalan jadi profit center ato cost center. cemangat jeng!!

  3. ohh..jadi begitu kronologis penyiksaan yg katanya khilaf ini.
    *catat dibuku pengaduan*

    ok…pengaduan ini akan saya tindak lanjutin tp sebelumnya saya ngeteh dl yach. :lol:

  4. [blockquote]:)) Lucu liat muka-muka kaget di atas panggung.[/blockquote]

    Tika, kok nggak ngundang Priyadi sih? Kalau si mas akademisi melihat blognya priyadi.net, mungkin dia berubah pikiran.

    Mungkin beliaunya berpikir, blogger itu komersil dan cari duit online melulu (kalau lihat contoh2 dari pembicara)

  5. Oalah…bapak2 itu ga jadi ngeblog gara2 liat blognya Anto tho?wis ini kebangetan..untung ada ndoro, kayaknya saya setuju kalo Ndoro lebih pantes deh sama Sarah..hehehe..

    1. Gak dua-duanya, heheheheO, iya, soal reaamkn data seperti ini, komunikasi berbasis elektronik nyaris semua ada salinannya di pihak ketiga heheheYang serem ada lagi, Bung, yakni kamera pengintai yang akhir-akhir ini udah marak di wilayah publik..Filsafat Konseling recently posted..

  6. oalah tikkkkkkkkkkkkkk…………. sayah tertawa terbahak-bahak sampe terlempar dari lantai 3 nie… duh duh… jan rusak!!! (wong turu digasak!) hekekekeke…

    trus mana skrinsutnya??? ndak ada bukti!!! :D

    *dilempar gudeg kendil*

  7. yang bedhes yang mana ini . . . .
    tambah lima lembar juga ga jelas laporan begini tik
    lha baca sak lembar ini
    17 Februari 2008 – 3.57 pagi buta.
    Sayah baru bisa melempar diri ke kasur.
    . . . bener2 . . . . FUCKLENTINE
    . . . . . . . . . . . . . FUCKLENTINE
    . . . . . . . . . . . . . . . . . FUCKLENTINE ! ! ! :P

  8. good idea, untuk mengadakan acara di Surabaya dengan moderator tika kebangetan lagi + Chiwi biar sama cemprengnya saling bergantian, Pembicara Anangku, Mas Keke (rada Serius), Ronys.info(pengangguran).
    Gimana ya hasilnya huahahahaha tunggu tanggal maennya.

  9. 22:53 dan sayapun terpaksa membaca postingan yg amat sangat panjang ini dan ingin berkomentar di antara sepatnya mata yg ingin mengatup
    yg juga lagi nyiapin acara

  10. jadi begitu ya history nya mba’ tika…

    kayaknya kemaren judul nya harus “pengenalan blog”

    nanti ngadain talk show kedua lagi baru judulnya “Blog as a Business”

    biar ada tahapannya…

  11. kenapa to harus bikin seminar? *ga mudeng….

    @ridhocyber: jadi, ada Kejar Blog Paket A, Kejar Blog Paket B, gitu yah :D … nulis buku Tik :D

  12. Mbak, eh mas, ah, yuk, eh apapun lah ya??hehe Perkenalken saya baru belajar ngeblog, selama ini gak tau kemana..hahaha
    Saya suka blog mbak, bebrapa hari belakangan saya baca blog mbak, dan sampai skrg blm selese2, banyak banget mbak..hehe.
    Tiba2 kok tergerak hati saya buat ngomen disini, tulisan ini, apalagi pas baca komennya Ndoro itu..
    Kok saya jadi inget pernah nulis begitu di http://dedyqurniawan.wordpress.com/2010/01/13/prolog/
    Itu yang bikin saya semangat jadi ngeblog.. *ngajaksungkem* hehe

  13. Pingback: htrgfd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *