Konsultasi Dogter Hewan ituh..

Kang Tutito masuk milis CahAndong..!! <:-P Akhirnyaa..!! :))

Kang Tutito adalah seorang animator yang juga bisa nggambar kartun, dan berdasarken riwayat hidupnya, dia dulunya berkampus di Kedokteran Hewan UGM. Segera setelah Kang Tutito masuk milis, lapak konsultasi untuk pemeliharaan hewan di rumah para jelatawan CahAndong digelar. Sayang kiranya ilmu si Dogter Hewan binti Komikus Animatorus ini kalo ndak dibagi-bagi..

Pertanyaan pertama datang dari seorang yang ingin nama dan alamatnya dirahasiakan redaksi.

Dok,
Benarkah kucing sebaiknya tidak diberi nasi? Seorang dokter hewan menyarankan saya untuk memberi makan ekslusif ikan atau whiskas, karena kucing tidak terlalu butuh karbohidrat. Masalahnya daging itu mahal, keluarga kami saja hanya makan daging sebulan sekali.

Demikian,
Nama dan alamat dirahasiakan redaksi

Pertanyaan ini disambung oleh Saudara Zamrong dari Jancukarta.

Dogter Tito,
Menyambung pertanyaan Saudara Nama dan alamat dirahasiakan redaksi, kucing saya malah sering dikasih makan nasi. Soalnya kalo dikasih wiskas nanti dia ndak doyan lagi makanan yang lain selain wiskas. Saya merasa dokter hewan itu menjadi agen iklan Wiskas. Apakah benar begitu?
Oiya, bagaimana dengan kebiasaan kucing makan rumput? Saya sering melihat kucing melakukan hal ini, dog..

Terima kasih jawabannya..

Dan jawaban si Dogter adalah :

Kucing di alamnya, morfologi gigi atau saluran digestif-nya didesain untuk mencerna daging. Kalaupun kucing butuh karbohidrat atau gizi yang terkandung di sayur-sayuran, itu bisa didapatkannya lewat sayuran yang terdapat di dalam perut tikus, ikan atau korbannya yang lain, karena dengan cara itu gizinya sudah lebih mudah dicerna.

Makanan seperti whiskas atau frieskies (maap sebut merek), diformulasi dan diolah khusus supaya bisa dicerna kucing. Kalau masih tetap dipaksa makan nasi tentu ada kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi.

Tuh, kan dituduh jadi agen iklan whiskas… Saya sendiri padahal tak mengkonsumsi whiskas..

Kucing dan anjing sering kelihatan makan rumput kalau butuh muntah. Tapi tidak semua dokter hewan sepakat kalau anjing kucing mengerti manfaat rumput supaya bisa muntah.

Salam. Dogtermu.

Zamrongpun penasaran. Dan bertanya lagi.

Mengapa kucing/anjing butuh muntah? Apakah karena dia eneg dikasih makan makanan yang sama, atau bijimana, dog?

Si Dogter pun menjawab lagi.

Kucing dan anjing mengambil makanan dengan prehensi, artinya congornya langsung maju begitu saja mengambil makanan. Kerikil, batu, tanah bisa ikut termakan.
Kucing lebih parah lagi, bulunya kadang ikut tertelan ketika menjilati tubuhnya. Ada baiknya kalau mereka memuntahkan barang-barang yang tidak perlu itu.
Ini cuma dugaan ngawur saya, lain kali saya coba sendiri.
Atau juga bisa karena mereka merasa kegemukan ketika bercermin, lantas menjadi bulimic .

=)) Dogter pekok.
Herman Saksono ikut bertanya.

Dog,
Apakah kucing memiliki ego? Saya sering menakut-nakuti kucing tetangga ketika kucing cilik saya lewat supaya kucing cilik saya semakin percaya diri.
Apakah ini ngaruh?

Herman

:)) Walah, Mon.. Dan si Dogter dengan bijak menjawab.

Dear Herman yang baik,

Setiap spesies hewan pasti ada yang lebih dominan dari yang lain, bakatnya bisa terlihat sejak kecil dari kepercayaan dirinya mengeksplorasi sekitar lingkungannya. Genetik yang baik, tubuh yang sehat dan otak yang cerdas bisa mendorong individu untuk lebih percaya diri, kelak menjadi dominan. Tampaknya ini lebih dimiliki anda daripada kucing cilik anda.

Apakah yang anda lakukan berpengaruh? Saya rasa tidak, kucing-kucing tetangga yang diusir itu nantinya akan mencibir kucing anda, “Yee, beraninya kalau ada Herman.”
Jangan terlalu protektif, ok?

Bwakakakak… Dogter edan.. :))
Lapak konsultasi akan dibuka lagi minggu depan, tentu bersama dengan kakak pengasuh lagi.. Ada yang mau nitip pertanyaan buwat Dogter Tutito binti Komikus Animatorus?

123 comments on “Konsultasi Dogter Hewan ituh..

  1. nitip pertanyaan juga dong
    kenapa kucing itu hobi banget deketin yang lagi makan yah … emang dia punya indera khusus yah tau aja cara deket ama rejeki :P

  2. 1. @Chika :
    mungkin ndak sih kalo kucingnya niru tuannya?

    5. @dony :
    coba kalo kucing punya hobi ndeketin yang punya banyak duwit ya.. kita jadi blingsatan kalo ada kucing deket-deket..

  3. selamat! ilmu tito tersalurkan di milis CA dan juga BHI. Di CA jadi spesialis hewan, di BHI jadi spesialis kelamin — yg ini kerap dia sembunyikan.

  4. Aku mau tanya dong…

    1. Kenapa kucing suka sok imut?
    2. Kenapa kucing suka ngikutin gw padahal gw benci kucing? Apakah dia punya radar buat mendeteksi orang2 yang gak suka sama dia?

    Mohon bantuannya buat dijawab. Thenkyu ya, dok.

  5. @ cK: kucing di daerah tropis memang tidak tentu musim kawinnya, nona. Kesiapan kucing untuk kawin juga terpengaruh intensitas cahaya matahari. Tapi pada umumnya dalam setahun terjadi dua kali masa kawin. Kalau lebih dari itu bisa jadi kucing anda mengidap nymphomania. Hati-hati!
    NB: terjadi juga pada pria disekelilingmu nggak?
    @ dony: kucing sering menempelkan pipi dan dagunya di kaki manusia, yang begini ini kadang membuat iba orang yang sedang makan lalu akhirnya si kucing kebagian makanan, tapi kadang juga berbuah imbalan tendangan. Saat anda menendang kucing yang satu, kucing yang lain sudah berada di atas meja makan.
    @ christin: pada umumnya sebagian besar hewan punya dasar morfologi tubuh yang sama, dua ekstremitas depan, dua ekstremitas belakang, plus ekor sebagai alat keseimbangan. Bagi yang percaya evolusi boleh pakai teori evolusi, bentuk kucing domestik yang sekarang adalah hasil penyempurnaan desain sepanjang jutaan generasi, empat kaki sudah cukup ringkas untuk naik ke meja makan anda.

  6. .
    Jeung Tika, sayah ndak ikut komunitas CA tapi mau numpang nanya….

    Yang terhormat dogter (pitik cileren) Tito.
    Sayah benci banget sama Asu. Terlebih asu yang kemaki sok galak, tiap orang lewat di jegokin (walah bahasane), tapi kalo disamperin malah lari terbirit-birit pulang ke rumahnya.

    Nah, asu inih waktu masih kirik (?!) pernah diracun tetangga tapi ndak mati. Pernah juga sayah racun pake racun tikus yang dijuwal di mall ituh (sing bungkuse biru-perak regane 10 ewu), juga ndak mati….

    Dogter punya ndak racun yang ampuh, sakti mandraguna, gud marsogud, well geduwell…???

    Mohon petunjuknya resepnya, dan dimana sayah harus nebus.

    Oya. E Mail dan nomer ponsel sayah ada di Jeung Tika.

    Maksih Dog,…

    (Jangan lupa tagihkan rekeningnya sekalian….) ;)

  7. aku titip Tik… yaaaa…

    Pertanyaannya kenapa kucing ku suka ngilang-ngilang, trus besoknya atau dua hari kemudian balik lagi ke rumah. Saya kan jadi cemas. Apakah kucing juga butuh maen berkunjung ke rumah temennya gitu?

    hihihihihi :D

  8. ini menjawab sir mbilung bahwa tikabanget bukan pasien dogter khewan, tapi tikabanget sejak wisudah sudah setara dengan Kang Tutito, Dogter Tutito binti Komikus Animatorus ituh!
    karena eh karena . . tikabanget telah bergelar es teh :P
    *termasuk siap2 nyusul ke jakarta ya tik . .
    *wooo cahandong juga dipersiapkan untuk ditinggal ya . .
    *dikendalikan dari jancukarta pake remote, mastutito punya ituh!

  9. tanya dunk bu dokter..

    saya sebenarnya suka kucing, tp keluarga saya ngelarang karena ‘katanya’ bulu kucing tu bnyk penyakitnya..

    apa benar..?? kalo benar, separah apa sih..??

  10. akhirnya….kucing saya malah ndak suka dikasih makan,….sukanya mencuri sendiri….apa ini pertanda dia terkena criminalcat syndrom alias sindrom kucing garong…kekkekek

  11. @ mbelGedez: anda tampaknya sangat membenci anjing ya? Jangan bunuh hewan dengan kebencian! Anda bisa membunuh anjing dengan cinta, berikan cokelat mahal untuknya di hari Valentine.

    @ tukangobatbersahaja: dari segi kesehatan, layak atau tidak itu tergantung cara pengolahannya, paling-paling tidak layak menurut agama :)). Ya ampuuun kok suka menyantap sahabat.

    @ chic: kucing juga butuh kopdar, mbak Chic. Sepertinya yang ini biar dijawab Tikabanget saja. Nanti kalau kucingmu uang sakunya habis kan dia akan pulang sendiri. Ya, kan, Tik?

  12. Alhamdulillah apdet lagi …

    Mungkin perlu dibikinin blog konsultasi hewan tuh …
    Terbukti satu cuplikan aja, yang nanya udah bejibun.
    Apalagi setiap manusia pasti punya binatang piaraan. Walauoun hanya cicak dan tikus sekalipun.

    Tanya : Mengurangi jumlah populasi tokek gimana ya ?
    Kalau malem udah kayak konser aja …. !

  13. wakakakaka jawbannya bermutu tapi sableng semua…hahahaha.
    pertanyaan dari saya : kenapa anjing dan kucing selalu berantem? waktu itu saya lagi pergi ke sekolah terus liat induk anjing dan 2 anaknya bertemu muka dengan seekor kucing. mereka tatap-tatapan dengan tajam, seolah berbicara tanpa kata, hanya dalam diam (cielah) tapi saya gatau kelanjutan mereka gimana. kenapa oh kenapa?

  14. @ yusdi: lhaa…anda kan sudah tau insiden di bahtera Nabi Nuh. Hayo, kenapa anjing dan kucing tidak akur ?
    @ bangsari: pria sering dibaratkan kucing oleh wanita? karena kucing suka menempelkan pipi di betis wanita!

  15. fiuuh, akhirnya…

    kucing di rumahku suka sama betis seksi saya yang berbulu itu… kenapa ya? nyeser-nyeser gitu lo Dog..

    Padahal lo dia sudah punya pasangan, buktinya itu perutnya sudah menggelembung begitu. Dasar kucing ndak tahu diri. Sudah menggelembung perutnya gitu kok masih doyan sama betis seksi sayah yang berbulu itu… hohoho…

  16. @DOGTER TITO #40:

    Sayah ndak puwas sama jawaban dogter….

    Sayah yakin dogter salah diagnosa. Udah sayah bilang, sayah cuman benci sama asu yang kemlinthi…
    Semua orang dijegokin, tapi kalo disamperin lari ngibrit pulang rumah.

    Asu yang mau sayah racun asu yang kemlinthi, dog…

    Situh bisa ngasih rsep ndak buat sayah….???

  17. Dog mau nanya, kenapa ada gaya bercinta ala afu namanya Afu Style, tetapi ndak ada gaya bercinta Meong Style? Padahal kan keren itu, pemanasannya pake mbengok2 mbrebegi kuping dan pake naek genteng.

    Matur sembah nuwun.

  18. Sekedar info :
    Menurut pengamatan saya kucing termasuk keluarga kucing2an berbadan sexy,imut dan kalem (jinak), sedangkan harimau adalah kucing berbadan besar, kekar dan agak susah diajak kompromi (Liar). Semua keluarga kucing mempunyai daerah teritory bagi sang pejantan. Jadi kalo di suatu teritori tersebut didatangi pejantan lain maka sering terjadi pertempuran. Biasa nya mereka mempunyai banyak selir dalam sebuah teritory.

    Berbeda dengan anjing yang suka bergerombol yang tegabung dalam sebuah komunitas Gang, makannya sering terjadi pertempuran antar Gang, namun mereka selalu keder kalo lg sendirian.
    *Bener kan pak doktor…??*

  19. Jika kucing kelaparan mengeong2 dihadapanmu, Itu berarti dia tak dapat menahannya lagi. Jika kamu memegang dan mengelus badan a saat dia mengeong, Dia akan tinggal bersamamu sepanjang hidupmu. Jika kamu membiarkannya pergi, Dia tidak akan pernah kembali lagi menjadi dirinya yang dulu. selamanya…..ha ha ha ha ….;));));)) bukageeeeee

  20. dulu kucingku pernah dikasih whiskas habis tu ga mo makan yang lain selain whiskas ma robak coklat… kucing aneeeh =)) nitip dong mbak,”Kenapa kucing kdg2 suka ngejar2 orang ya? lari nya kenceng pula. ee buseet….” :P

  21. nitip nanya yah jeung tika.. kucingku dikasi frieskies dari kecil, yg ada dia sekarang doyan ama semua bangsa kerupuk… mulai dari krupuk ikan ampe emping mlinjo. bahkan jajan kering khas bali yg namanyanya jaja uli itu juga diembat.

    kenapa dia jadi addicted sama bangsa kriuk2 gitu yah… udah gitu dia tu suka banget makanin rumput di belakang rumah, karet gelang… duh kenapa ya kucing ku…

  22. uhm… tanya apa ya.. :-? oOoo iya.. Ikan maskoki saya dog.. kenapa ya dia selalu pura pura mati atau ndak ngumpet di balik karang pas dikasih makan.. padahal saya tuh dia laper.. soalnya pas saya pura pura pergi dia makan.. tapi kalo saya tungguin tetep gitu.. makasih jawabannya … *duh dapet nomor urut 79 lagi*

  23. hehehe, nitip pertanyaan juga. Gimana dengan kasus kucing yang waktu gedenya mengawin****** ups maksud saya ‘menikahi’ ibunya
    akankah dia akan dikutuk menjadi batu?? atau dalam hukum positip kucing itu sah saja, dan dilegalkan oleh negara perkucingan… gimana argumentasi ilmiahnya mengenai masalah hormon ‘libid***’ si kucing?? makasih dog..
    btw, buat tika khusus, aku baru aja lihat blognya tika. keren dech tulisan2 nya..dikumpulin aja… terus buat e book. aku mau beli kok, klo gratis

  24. hehehe konsultasinya bikin saya sakit perut mau ketawa :)
    kalau tiap penyayang hewan peliharaan gini kasihan ya peliharaan tetangga bisa ngambek tuh

  25. wehahahahahahahahahahahahahahahahaha
    hahahahahahahahahahahahahahahahahaha
    hahahahahahahahahahahahahahahahahaha
    hahahahahahahahahahahaha… ahhaha (sampe kiamat)

    perut saya ampe sakit ngakak baca ni konsulatasi. Bijimana donk?

  26. Hwaa!! Mas Tit!! Jawabanmu komprehensif sekali untuk si omeng, kucingku yang maunya makan wiskes mulu.. Dasar ndak tau diuntung, udah dipungut di jalan, maunya makan yg mahal..
    PS: Pertanyaan: Apa yg diderita kucing saya ketika dia sepertinya addict sekali makan kerupuk dari nasi goreng tiap saya beli nasi goreng tek2 yg lewat..?

  27. hihi..
    jadi seharusnya ada pendidikan karakter untuk kucing-kucing rendah diri ya?
    dan pelatihan kepemimpinan untuk kucing-kucing yang suka diejek-ejek..
    juga perlu dibangun pusat rehabilitasi kucing jalanan..

  28. kambing gw pengen nikah sama kucing di rumah.
    padahal di negara ini gak dibolehin nikah beda agama.
    harus ngungsi kemana mereka?

  29. dok, kucing bs demam y? coz kucing saya lemes gt, g mo mkn byk, jd pendiem yg biasanya lincah, tu gejala apa y???bs g y saya beli obat di apotek(obat bwt kucing) tanpa hrs ke drh…? saya tkt ntr knp2 ma kucing saya…tlg dibalaz y….

  30. @ me:
    Kok tahu kalau demam? Sudah diukur suhunya? Berapa derajat celcius?

    kucing bisa demam. Saran yang terbaik adalah dibawa ke klinik hewan. Demam itu cuma gejala (symptom), penyebabnya bisa bermacam-macam. Lebih baik mencari obat untuk penyebab sakitnya (causative), bukan symptomative.

    Jangan pernah menggunakan obat flu manusia, karena sebagian besar obat flu mengandung paracetamol/acetaminophen. Efeknya justru mematikan bagi kucing.

    Coba berikan makanan yang baunya menyengat, ikan, atau telur. vitamin B-complex bisa meningkatkan nafsu makan.

  31. dok, saya lagi nih,
    blm di ukur suhunya dok,,,tp kucing saya yg dl(bkn yg skg) prnh gejala yg sama, trs sy bw k drh , kt drh nya demam,,,,mknya saya simpulkan kcg yg skg jg demam,,,,,tp skg dh agak mendingan mkn jg dh mulai mau, walo msh sdikit2 mknnya n pelan, trs dh bs mengeluarkan suara dgn nyaring(kmrn2 boro2 bersuara). klo vit b-komplex yg ky apa yg bwt kucing n klo blh tw merknya yg bgs ap? tp gpp y klo g dbw ke drh,,,soalnya saya blm sempet bw k drh…g kn knp2 kn dok…
    makasih lg

  32. kucing sy (umur 5 bln-an, jenis kelamin perempuan, status single) punya beberapa masalah:
    1. kadang2 suka menunjukkan tanda mau bunuh diri loncat dari balkon lantai 2. FYI, kucing sy ini kemampuan motorik loncat-meloncatnya sgt kurang…dy sering kepleset, nyusruk, atau jatoh gedebuk kayak ibu2…
    2. kepalanya membotak sejak dy keliatannya diinepin sejumlah kutu warna-warni (ada yg item, merah, kuning, pink…). jadinya kayak kucing jelmaan angora-kampung gituh…
    3. poop-nya kyknya lebih banyak dr jmlh makanannya…jgn2 dagingnya ikut luruh bersama poop ituh… *horor*. makanya tu kucing kurus menyedihkan pdhl suplai makanan dy top priority diantara org2 serumah secara dy kan masih di golden ages-nya…(whiskas kering 3 x shari, whiskas basah + nasi 2 x sehari, susu dancow 2 x sehari, tapi pada gak dimakan….).
    tararengkyu, dog Tutito!

  33. dok,tolong dong bantu meracuni anjing. udah di racun pake coklat,anggur,kismis,tulang ayam,deterjen,baygon tapi gak ada yg mempan. anjing nya kok kuat sekali kayak RAMBO aja dok

  34. ikutan nanya ahh, kucing kecil aq namanya linling, tiba2 aja pas bangun tidur langsung demam…. saking paniknya langsung aja aku kasih obat oskadon seyengah tablet.. karna takut tambah parah jadi lansung cari2 info diinternet deh… mw ke dokter hewan tapi ga tau budgetnya sekitar berapaan…. hehe

  35. selamat siang. saya ingin tanya dan secepatnya mendapat jawaban. urgent.. :-D
    gini, saya punya kucing kampung, baru kemaren melahirkan 3 ekor anak kucing ( 26 juli 2010 ), tapi koq saya pegang perutnya seperti ada yg nonjol kayak masih ada bayi nya lagi. dan esoknya saya tunggu tapi gak juga lahir lagi, saya jadi takut deh, takut ternyata bener msh ada bayi lagi di dalam perut ibu kucing dan takut membahayakan jiwa ibunya.. mau saya bawa ke dokter hewan, tapi gak berani bawanya karna pernah waktu saya coba bawa, di tengah perjalanan dia berontak, akhirnya saya balik lagi deh ke rumah. bisa minta info, kira2 berapaan yah biayanya kalo panggil dokter ke rumah utk periksa apakah benar msh ada bayi di dlm perut kucing saya… please.. saya takut banget kalo terjadi apa2 terhadap kucing saya…
    terima kasih sebelumnya

  36. Pingback: theone
  37. dok,cara memberi minum yg baik pda anak kucing gimana,ya? kalau pkai dot cara nyusuinnya gmn ? masalahnya anak kucing saya ditinggal mati mama nya. sekarang anak kucing saya sakit-sakitan. kalau bernafas tersengal-sengal. cepat di ksh saran,ya,dok….

  38. @orcidea ;cara memberi minum bayi kucing yg ditinggal mati ibunya cukup beri susu sgm untuk bayi manusia, berikan sebotol (botol dot untuk kucing) setiap pagi dan malam ,harus dicekoki maka bayi kucing dijamin sehat

    1. Mbak yen sedikit sharing ya :D
      Setau saya komposisi susu SGM itu tidak cocok untuk kucing.

  39. Saya dong mau tanya,
    pernah sesekali kucing saya makan cicak. bagaimana pengaruh nya pada kesehatan kucing?
    Apakah semua kucing berpotensi berpenyakit Toxoplasma? Mengapa kucing bisa terkena Toxoplasma? Apakah parasit Toxoplasma terdapat pada cicak?

  40. lbh bagus mana whiskas,proplan,atw royal canin,sya bru mau coba whiskas tp takut g doyan krn biasanya proplan atw royalcanin,kira2whiskas bagus g y buat kucing persia please butuh info ….

  41. Dok,aku mau nanya aku punya kucing dan kucing ku itu suka banget makan pentol tapi lama-kelamaan dia jadi sakit dan terus mati,
    Apakah itu ada hubungan nya dengan pemberian pentol terhadap kucing ku

  42. dok saya mau bertanya kenapa kucing saya kalo pup suka mencret saat saya memberi makanan whiskas berbentuk kaleng dengan saya memberi snack,kucing saya pup nya agak keras dan tidak mencret.apakah ada yg salah akan saya memberi makanannya kepada kucing saya atau bagaimana dok?

  43. Dok, kucing kecilku mati karena kukasih minum susu sgm 0-6 bulan. Kenapa ya?! Gimana cara ngerawat anak kucing yang umurnya baru 2 minggu?! Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *