10 Hal Tentang Dublin ituh..

Gara-gara baca postingan Pakdhe Ndoro, sayah jadi iseng nyari-nyari video tentang Dublin di youtube. Dan nemu video di atas ituh. 10 Things You Need To Know about Dublin.

Dublin, adalah ibu kota Irlandia, yang tidak tersentuh oleh Perang Dunia ke-2. Karena itu bangunan-bangunan kunonya masih keren dan berdiri megah, melengkapi landscape dan pemandangan indah buat mereka yang demen beromantisme dengan waktu.

Dublin1

Dublin adalah koloni Viking.

(Hihi.. Entah kenapa jadi inget komik Asterix and The Viking..)
1000 tahun yang lalu, Viking mendirikan kota seperti Dublin, dan koloni seperti Normandy di Perancis. Sejak tahun 879 hingga 920 mereka menjajah Iceland, yang kemudian menjadi basis kolonialisasi Greenland.

Dublin adalah O’Connel Street.

O'Connel Street

O’Connel Street adalah jalan utama di kawasan pusat Dublin, dan diklaim sebagai jalan terlebar di Eropa, dengan desain yang simpel namun elegan, lebar sekitar 49 meter. Waaww..

Terletak di bagian Timur Irlandia, di Westmeath. Jalan ini berusia sekitar 2 abad, dan di sepanjangnya terdapat misalnya Clerysh Department Store (dibangun pada tahun 1922), O’Connel Bridge yang indah, patung Daniel O’Connell (seorang pemimpin nasionalis abad 19) yang diresmikan tahun 1882, The Nelson Pillar, dll, dsb, dkk.

#:-s

Dublin adalah kota pemerintahan terkecil dari 32 kota pemerintahan Irish lainnya.

Dublin adalah Trinity College.

Universitas ini didirikan tahun 1592 (waaaaww..) oleh Ratu Elizabeth 1, mempunyai 6 fakultas, dan juga perpustakaan sangat besar yang indah.

Dublin sendiri dikenal banyak melahirkan sastrawan-sastrawan handal di Eropa. Sebagian besar karya para sastrawan dunia juga terkumpul di perpustakaan ini. Katanya pula, ada lorong-lorong panjang yang menyajikan suatu aroma perpustakaan Eropa, dengan buku-buku dan patung kepala tokoh-tokoh peradaban Eropa, dari John Locke hingga Voltaire.

Trinity College awalnya didirikan khusus untuk kelas elite Protestan di Dublin. Warga Katolik Roma baru diizinkan masuk pada 1793, meski harus memperoleh izin dari Uskup Dublin. Pada 1873, seluruh tes religius itu dihapus. Kaum perempuan baru diterima di Trinity pada 1904, sedangkan pengajar perempuan pertama diangkat pada 1934.

Seorang wartawan Tempo, dalam laporan jalan-jalannya ke Dublin nulis gini :

Mumpung masih di bagian selatan dari Trinity College, kusempatkan menjelajahi St. Stephen Park. Sebagai warga Jakarta yang tak memiliki taman kota, aku hampir histeris menyaksikan keindahan taman ini. Pada musim semi bulan Mei itu, hampir semua tanaman berbunga, bebek-bebek tampak berenang di kolam, beberapa lelaki terlihat bertelanjang dada berjemur di rerumputan.

Fiuh.. Cari referensi tentang Dublin di Google rasanya ndak abis-abis.. :))

Steven Cronin menulis 10 tempat yang harus dikunjungi bila mengunjungi Dublin, termasuk di antaranya selain Trinity College adalah Gereja Katedral Dublin (yang berusia 1000 tahun, dibangun pada tahun 1038), Kastil Dublin (yang juga berusia 1000 tahun), dan Galeri Nasional Dublin (yang menyimpan lukisan Picasso).

Dan Dublin adalah musik.

Bar dan pub, bertebaran di Dublin. Ndak peduli mau noleh kemana, katanya sih, rasanya selalu bisa nemu bar di Dublin. Pengen dugem nari-nari gila semalemanpun, tinggal nyari bar yang nyediain musik sampe larut pagi. Katanya juga, sering ada live music dan tap dancing diiringi Irish Folk Song dengan bahasa Celtic.

Kalo misal iseng ke Dublin (iseng..??!!!), dan pengen suasana tenang, kafe buat duduk menikmati sore yang diiringi jazz mengalun juga buwanyak banget.

Penyanyi-penyanyi mendunia dari Irlandia yang ndak asing di telinga kayak U2, Enya dan The Corrs, Van Morrisons, dan Kasabian. Jadi jika Edinburgh  terkenal sebagai ikon musik indie, maka Dublin terkenal dengan musik popnya.

Dan kalo sodara pengen ke Dublin, kok ya lagi ada tiket gratisnya.
Ada lomba blog dan kontes poto yang diadain Guinness, dalam rangka ulang tahunnya ke 250 tahun.
(waaaw.. lama sekaliii..)

250tahun Guinness

Hadiahnya?
Akomodasi dan segala biaya perjalanan ditanggung buat jalan-jalan ke Dublin. Plus tiket nonton konser Kasabian. Live. Waaawww.. :x

Intinya, kalo menang lomba ini, kita tinggal packing koper isi baju (itu kalo minat ganti baju, kalo ndak minat ya ndakpapa..), trus kabur deh ke Dublin.. :))

Lha terus gimana caranya ikutan, Tik?

Ya sodara bisa mampir ke situsnya sendiri. Ketentuan lomba blognya dan gimana caranya ikut kontes poto juga ada disana.

Dan sodara tau ndak sih, buwat lomba yang hadiahnya sekeren itu, baru ada 14 orang yang daptar..??!!! :|

Plus-plus

Ada banyak yang nanya ke sayah, dan ngeluh begini : “Tik, aku kan gak minum guinness. Aku gak minum bir. Gak bisa ikutan dong..”

Wekekkek.. Sepanjang yang sayah tau sih ya, di website guinness ituh ndak ada peraturan HARUS MINUM BIR dan kalopun minum bir, HARUS PEMINUM GUINNESS..

Jadi ya, ndak ada alasan lagi buat ndak ikutan lomba. Kecuali emang males ikut.. Hihi..

…………………………………………

Referensi :

63 comments on “10 Hal Tentang Dublin ituh..

  1. Dublin itu tenang,Mbak Tika. Spire itu cantik kalo malem,kelihatan menonjol karna ndak banyak bangunan tinggi disana.Mau lihat kota ya tinggal naek dr Guinness Storehouse.Dublin itu Temple Bar,lively bahkan sampai pagi.Dublin itu St.Stephen’s Green,tempat duduk makan siang,baca buku,atau berkhayal.Dublin is where part of my soul grew.

  2. Wah, sedang hobi kompetisi2an yo tik, gak sekalian ikut kompetisi SEO kae. Jarene total hadiah 25 jt. Lumayan to nek menang.. bisa disumbangkan sebagian ke kaum duafa kaya’ saya ini :)

    Komentar buat postingan yg ini… aku ra doyan mimik beer ki tik, jadi gak bisa ikut kompetisinya dong :)

  3. Salam kenal dulu buat Tika, gw blogger baru nih. Kalo Tika menang aku nitip salam aja buat temanku di Dublin, Clare Sannahan namanya. Moga dia masih inget gw.. haha..

  4. Pingback: jengjeng matriphe!
  5. Pingback: gawq
  6. Pingback: jengjeng matriphe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *