Iklan Menggetarkan ituh..

Seperti kata Paman Tyo, iklan satu ini memang pada akhirnya jualan.

Tapi narasi ceritanya membuat sayah dan Pakdhe Ndoro tadi malem memutar berulang-ulang untuk liat lagi.. liat lagi.. trus liat lagi..

Sejujurnya, sayah sendiri agak-agak ngerasa lebay ketika biola yang dah pernah patah bisa mengeluarkan suara sejernih dan sedahsyat itu. Tapi, seperti kata Pakdhe Ndoro, hikmahnya dalem banget.. :D

Pantene Extraordinary Commercial yang dibesut untuk market Thailand ini sendiri memenangkan Silver Medal di New York Film Festival 2009, untuk kategori short movie.

Dan horeee… Sayah nemu blog si copywriter pembuat iklan Pantene ini, Raj Kurup.

Di blognya, Raj Kurup nulis bahwa pembuatan iklan ini memerlukan waktu 4 bulan, dan butuh 2 tahun untuk bisa menerbitkannya. Bagian yang lama adalah meyakinkan perusahaan besar macam P&G untuk memakai jalan cerita yang dirancang si Raj Kurup..

This film started as a trip and a challenge when someone who worked all his life on P&G told me that it’s easier to think out of the box or break conventions if you’re working on smaller brands and more interesting product categories. With P&G, I was told, it is impossible to break formats and think different. I discovered it is difficult. Not impossible.

This film is closest to my heart. It took me 4 months to make this film. And 2 years to get it out. The struggle a hand full of ‘believers in this film’ and I went through while making it and then getting it out makes it even more special. I could actually write a book on it

Bagian paling terkenang adalah ketika si Bapak tua itu ngomong : “Why do you have to be like others..”

Hohoho.. Quote keren..!!

Sodara suka bagian yang mana?

(Eh, tapi kalo ndak suka bagian manapun juga ndak dosa loh.. :)) )

93 comments on “Iklan Menggetarkan ituh..

  1. selamat siang mbak tika. saya mohon maaf nich kalo komennya rada2 kagak nyambung. saya cuma mau tanya, apakah mbak tika memang menjadi salah satu juri di kontes ini : http://blog.propertykita.com/

    Maaf ya mbak saya cuma sekedar tanya saja, karena saya agak sedikit merasa aneh kenapa tidak ada updatenya dari pihak panitia ya? Makasih ya mbak atas waktunya telah membaca komen saya ini.

    1. oh syukur dech kalo gitu :-) gpp mbak cuma mau tanya aja koq, soalnya informasinya kan kontesnya tutup tgl 10 agustus 2009 tapi informasi pengumumannya koq ngak ada tglnya ya mbak? dan fans facebooknya koq saya cek tidak valid lagi. soalnya di facebook itu kan banyak saya liat yg sudah daftar tapi belum di update sebagai peserta. Makanya saya coba aja iseng2 tanya langsung aja ke salah satu dewan jurinya :-) sori ya mbak kalo pertanyaan saya ini sangat mengganggu mbak tika. saya ngak ada unsur apa2 koq hanya cuma sekedar ingin memastikan saja. thanks atas respon nya ya mbak tika :-) salam kenal dari saya sekalian :-)

    2. Mas Kodil, iya kemaren Facebook Pages-nya sempat unavailable. Kami langsung kontak pihak Facebook dan beberapa jam kemudian langsung naik lagi.

      Semua updates kami kirimkan ke peserta lomba via Facebook Mail, dan juga di Facebook Pages tersebut. FYI, lombanya diperpanjang sampai 31 AGustus 2009 :)

  2. aku suka yang ini

    “With P&G, I was told, it is impossible to break formats and think different. I discovered it is difficult. Not impossible.”

    something impossible only take a little longer… (kewl)

  3. WADUH!!!
    KENAPA TEMPLATE BLOGNYA JADI BEGINI MBAAAAKKKK….??!!!
    JELEEEKKK..!!
    BAGUS YANG LAMAAA…!!!

    hehehe…
    sori ya mbak, abis aku ngefans TBC banget.
    gak rela jadi jelek tampilannya.
    bagus yang dulu..
    yang bikinan mbak tika sendiri itu

    iklan ini kayak sinetron ya.
    yang lemah menang.
    yang kaya dipermalukan.

  4. “Why do you have to be like others?”

    Orang jadi beda sama orang lain kan gakpapa ya mbak Tika..
    Yang beda, yang unik.

  5. wahaha semua blogger seleb nulis tentang Pantene, sampai ada seorang marketing manager yg PM saja di FB, ini kampanye terselubung Pantene ya? wahaha, padahal (untuk kali) kebetulan tidak…

  6. Setelah saya telaah lebih mendalam,ada yang gak dong… ada beberapa pertanyaanya

    itu julanan yah ? apa pengaruhnya sampo pantene ?
    itu dua2 nya bisu yah? kok pake bahasa isarat semua? kalo salah satunya tuna rungu keren, banget bisa biola ?

    1. Oh iya ya bethhoven tuli…. tapi terlalu keren ah kalo di bandingin bethhoven…

      Salut ama ramaditya….. jadi terharuu….
      hiks… hiks…
      Minta tisu buw…. **tapi jangan yang dari asbak ya**

  7. Duh, koneksinya lagi jelek banget ni mbak….
    Nggak bisa muter tu video…
    Lolanya bukan maen…
    Huhuhuhu….
    But, gue langsung download aja via IDM :D,,,,

  8. Terima kasih untuk update-nya. Ini memang bukan karya cengengesan yang keputusannya rampung dalam sekali rapat. Iya, banyak yang ngeliat iklan ini berulang-ulang padahal tahu itu jualan.

  9. Outstanding!
    Iklannya bagus banget dan menyentuh…

    Walaupun sudah tahu bahwa suatu pakem cerita yang sukses adalah ketika sang tokoh utama mesti dizholimin abis2an, kemudian dikasih kemenangan, namun tetap saja, iklan itu terlihat bagus

    Yang paling saya sukai adalah screen ketika seekor kupu-kupu keluar dari kepompongnya dan terbang di padang rumput yang dishoot secara berputar dan dipercepat

    Yang tidak saya sukai adalah ketika sang tokoh utama harus menggoyang-goyangkan kepalanya utk memamerkan rambutnya (maklum iklan). Saya cukup terganggu dengan scene itu!

  10. hahahahahah…
    tadinya saya udah mo nangis karna trharu..
    bgitu dia mentas dan rambutnya Lebaayyy, maLah ngakakk eh…
    hehhehe

    I Like the part : music is visibLe thing. Siapa coba yang pnah brpikir sedaLem ini? sLma ni kan qt pikir musik cuma bisa didengar. Nyatanya orang tuLi pun bisa maen musik dengan bgitu cantiknya…

  11. nek enek inggris-inggrise, bendwidth otakku akan terkuras mbak tik. Apalagi ini bulan puasa (halah alasan tok iki!)

    asline fast reading, hahahah…

  12. Pingback: gawq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *