Koin Prita yang berlebihan ituh..

Huhuhu..
Sayah lagi ndak di Jakarta waktu ada Konser Koin untuk Prita di Hard Rock Cafe tanggal 20 Desember kemaren..

Tapi sayah jadi tercenung baca berita disini.

“Untuk apa lagi konser itu? Begitu kebutuhan Prita terpenuhi harusnya tidak perlu lagi kegiatan amal seperti itu. Apa lagi gugatan pihak rumah sakit kepada Prita akan dicabut,” ujar Budayawan M Sobari kepada INILAH.COM di Jakarta, Senin (21/12).

Sebagaimana diketahui, Konser Koin untuk Keadilan yang diselenggarakan di Hard Rock Cafe, Jakarta, malam tadi (20/20), mematok harga tiket Rp 50 per orang. Acara yang dimeriahkan oleh puluhan artis dan selebriti ternama itu, masih menargetkan Rp 1 miliar untuk diberikan kepada Prita. Hal inilah yang dinilai berlebihan oleh Sobari.

Jika alasan konser tersebut untuk menumbuhkan solidaritas terhadap sesama, bagi Sobari solidaritas untuk Prita sudah terbentuk melalui koin senilai Rp 650 juta. “Solidaritas sudah terbentuk dari Rp 650 juta, yang semuanya dalam bentuk koin. Jadi jangan berlebihan,” imbuhnya.

Bener juga.
Kok jadi berlebihan ya?

Tapi bagaimanapun, gerakan pengumpulan koin ini mempesona.
Semua turun tangan dengan ikhlas. Dengan rela. Dengan sekedarnya, tapi lalu membukit.

Bahkan Paman Tyo cerita di twitternya, kalo seorang pemulung dengan baiknya mengembalikan beberapa receh yang menggelinding dekat tempat sampah di tempat penghitungan koin di Langsat minggu lalu.
Padahal kalo dia ngambil itu recehan juga ndak bakal ada yang tau.
(Ya.. Ya.. Baiklah.. Sayah tau Tuhan pasti tau..)

Hihihi..
Masih geli rasanya kalo inget masa-masa ngitung koin itu.
Semua ngumpul, entah kenal entah ndak kenal.
Entah Ibu-Ibu entah Bapak-Bapak..
Entah anak TK entah Simbah-Simbah..
Bahkan ada yang siaga dari pagi sampai malam ikut sibuk memisah koin, menghitung jumlah rupiah, dan mengangkut plastik-plastik berat berisi ratusan sampai ribuan keping.

sok capek abis ngitung koin

(*mode : sok capek*)

Tangan hitam gara-gara nyolek segunung koin.
Makanan mengalir terus.
Ndak ada istilah kelaparan pokoknya, pendonor makanan untuk sukarelawan selalu silih berganti datang,.
Bahkan ada Pak Ali yang sengaja datang untuk jadi relawan pemijat bagi yang lelah.. :))

Herannya, semua kok ya tetep semangat.
Memang bener kata temen sayah.
Cukup punya public enemy buat bisa bikin semua bersatu.. :))

Yang kocak, menghitung koin itu ternyata bikin ketagihan.
Terbukti sampe tengah malam selalu ada aja yang masih bertahan di tempat.
Minta receh melulu buat diperkosa.
Walopun sejujurnya mulai bosan denger berita tentang Prita di TV dan disana-sini, tapi kagum betul sayah dengan gerakan moral yang membanjir ini.

Dan sayah masih ketagihan dengerin lagu Buka Semangat Baru (yang ternyata bagian kampanye Coca Cola) ituh.
Pas betul rasanya.

Ku ingat kemarin suasana tak bersemangat,
Namun kini ku jalani dan semua rasanya tepat,
Bersama kita coba wujudkan harapan,
Membuka jalan dalam gapai setiap tujuan.

Mentari bersinar selalu
Ini yang ku minta penuh semangat tertawa
Bersamamu teman semua
Karna ini saatnya kita nyanyi bersama

Wakakak..
Kemaren bener-bener ada yang dateng ke tempat penghitungan koin bawa gitar dan nyanyi-nyanyi menghibur orang-orang yang lagi bermuka ketekuk ribet ngitung recehan loh..

Jadi, kira-kira kapan dibukanya Yayasan Koin Prita buat menampung recehan ratusan juta yang meluber itu ya?

55 comments on “Koin Prita yang berlebihan ituh..

  1. bukan berlebihan, tapi kalo orang masih ada yang mau nyumbang masa ditolak?
    jadi ya tinggal bagaimana menyalurkan koin-koin dan bantuan yang dirasa “berlebihan” itu dengan benar, karena merupakan amanah orang banyak
    gitu aja kok repot *gusdur mode on*

  2. Yahhh… Prita ini kan cuma pemicu :)
    Mudah2an dengan modal koin yg berlebih tadi, KoinKeadilan.com bisa terus dijalankan oleh rakyat, sebagai People’s Power melawan ketidak adilan terhadap Prita2 lainnya.

    Komentar Sobari agak mengecewakan nih…

  3. beneran po yg konser itu mentargetkan utk mendapatkan 1 milyar? kok ga denger beritanya? lagian dr twitter, keknya penggagas konser sendiri udah bilang kl konser ini ga utk prita aja, tp utk ketidakadilan penegakan hukum di endonesa. malah, dia sempet ragu tho, mo diterusin ga konsernya. tp byk yg kasih dukungan salah satunya di twit, utk diterusin aja konsernya dg beberapa catatan.

    aku malah agak ragu dg pendapat m. sobary itu. apa dia bener2 tahu duduk permasalahannya.
    *emang daku tahu? :P

  4. eh, gimana yaa bilangnya. emang sih koin peduli keadilan. tapi kayaknya ini berlebihan deh. si prita itu kalo orang enggak mampu, nggak bakal ke omni. dan banyak orang yang lebih ‘parah’ dari si prita. kasus malpraktek sama pihak rumah sakit yang tidak bertanggung jawab, misalnya.

    kayaknya semua orang terjebak dalam euphoria yang nggak jelas dan jadi nge-blur apa yang penting, prioritas mana yang seharusnya diurusin. uang sebesar itu bakal lebih berguna buat nyekolahin anak indonesia yang putus sekolah.

  5. duit berjeti2 yang terkumpul itu bisa dipake untuk bantuin Mbok Minah yang kena kasus pencurian kakao itu dan orang2 senasibnya.
    toh, niatannya untuk membantu “korban” penerapan hukum di Indonesia kan..
    :)

  6. yang terpenting bukan kasus prita nya, tetapi momennya…..
    kalo dimanfaatkan dengan bagus bisa untuk icon baru untuk gerakan sosial………..
    dengan yayasan yang dibentuk bisa berlanjut terus……terutama yang suka nyumbang receh….terpenting yang ketagihan ngitung receh bisa ada lowongan terus.

    tetapi dampak yang datang, yakni
    dampak langkanya uang coin dipasaran :
    1. bisa bikin susah orang ngasih kembalian uang receh.
    2. yang biasa kerokan, jadi harus hati-hati. nanti senjatanya bisa diambil untuk disumbangkan.
    3. yang ngamen dan pengemis, yang biasanya dikasih coin bisa berharap dapat uang kertas.
    ada dampak lain?

  7. teringat masa kecil saat baca majalah anak-anak,
    paman nya donal bernama gober….
    hobinya berenang diatas uang coin dan kertas. kalo liat uang prita segunung gitu, apa yang ngitung gak kepikiran untuk berenang juga…hehehe, kalo diamburkan keatas dijamin bikin kepala kemlotakan n benjol-benjol

  8. Prita jelas sudah tidak lagi membutuhkan koin tersebut, jadi ada baiknya segera dibuat yayasannya agar orang-orang seperti Mbok Minah yang tidak mengerti internet dan teknologi juga bisa memperoleh keadilan di muka hukum sama halnya seperti Prita.

  9. luar biasa memang temen2ku,
    Tika jadi tukang itung koin prita,
    Oming jadi aktifis lintas agama,
    Momon main sinetron (ada lho sinetron momon),
    dan…Cory ganti kelamin

    Kadang kalau ada berita sensasional dan belum sempat klarifikasi pun saya kadang sudah menyambar duluan, “Kae kancaku lho!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *