Saus Sambal ituh..

Games Sambal Ayam Goreng ABC

Eh, tadi sayah nemu games Sambal Ayam Goreng ABC di Facebook. Games simpel banget, macam Dance-Dance Revolution. Berhadiah iPod Shuffle tiap 2 minggu sekali selama 5 April 31 Mei 2010. Dan 200 T-Shirt buat 200 pemain pertama.

Lha terus, Tik..??

Ngng.. Bukan iPod Shuffle-nya sih yang bikin kepikiran. Tapi Sambal Ayam Goreng-nya.

Sambal Ayam Goreng kan berarti sambal khusus buat ayam yang digoreng pake tepung ya..? :))
Kayaknya bentar lagi bakal keluar sambal khusus buat tempe goreng tepung, cumi goreng tepung, dan tahu goreng tepung.
Eh.. Jangan-jangan udah ada? :|

Haduh. Maapken sayah.
Sayah lagi gampang kepikiran makanan.

Sejak kecil, sayah ini pengidap magh. Lambung sensitif. Mudah perih bila ndak diisi dengan rajin. Terkapar gara-gara lambung menipis, dua kali sayah menjalaninya. Sukses terhubung selang infus berhari-hari.
Sayangnya kok ya sayah bukannya tambah waspada dengan pola makan, tapi susah betul menghilangkan cinta pada makanan pedas. Hidup rasanya ndak cukup nikmat tanpa sambal sebagai kekasih kudapan.

Sayah jadi ingat kisah lapar waktu nyasar di London.

Sayah yang biasa gampang dapet sambal apapun yang sayah mau buat nemenin makanan utama, memutuskan masuk ke gerai McD di pinggir jalan. Kenapa sayah memilih McD? Karena gerai warung makanan lain di pinggir jalan rata-rata hanya menjual sandwich isi tuna atau daging yang plain. Ndak ada rasa.

Kalo mau ada rasa? Disediakan lada, dan garam. Jangan harap bisa meminta saus sambal sebagai pelengkap rasa di lidah. Saus tomat, mungkin ada. Saus sambal? Nol. Ada sih tabasco. Tapi bukan selera lidah sayah yang Jawa banget ini.

Nah, tujuan sayah menerobos McD waktu itu?
Ayam goreng. Ditambah dengan saus sambal. Ditambah nasi. Sama dengan kenyang.
Sederhana tho? Ndak macem-macem tho pengennya sayah ini?

Tapi sayangnya ini London.
Bukan Jogja.
Bukan Jakarta.
Ndak ada ituh cerita yang namanya saus sambal di tempat semua orang ngecipris pake bahasa Enggres itu. Bikin frustasi betul kalo perut meminta diisi. :|

Dan akhirnya? Sayah mentok di burger hambar.
Duuh..
Sayah kangen sambeeeeellll…!! :((

Apa semua orang Endonesa yang nyasar ke luar negeri ituh rindu sambal kayak sayah dulu ya.. :|

54 comments on “Saus Sambal ituh..

  1. Uhm… aku diUS tapi ada nih sambal terasi dan sambal ayam kalasan.. o_O;
    soalnya banyak orang indo yang tinggal disini, dan toko asia juga jual sambal hihi.

    Dan memang Mc.D / KFC disini gak ada nasi, dan telor scrable, apalagi sambal :) adanya tomat hahaha…

  2. Setiap keluar negri sih. ngak segitunya rindu samabl. secara jaga jaga kondisi. kan jauh dari rumah. Btw brand siapa dibelakang saus sambal? *berharap ipod lewat jalan belakang :D

  3. Pertama kali mudik setelah lebih dari satu tahun di negeri orang, sesampainya di Cengkareng saya langsung ke A&W bandara pesen nasi ayam goreng yang pake sambel ituh. Pake ngrebut nasi temen karena masih laper. Apapun pokoknya bisa makan nasi ayam pake sambel.

    Tuh kan sekarang saya jadi pengen makan nasi ayam sambel :| *nyari dimana ini*

  4. wah sama dong tante.
    saya juga maag.
    pecinta sambaL dan makanan pedas.
    aneh nya, kaLo ga ada yang pedas, saya maLah cari yang manis : kecap! :D

    uhh yang pernah ke London. mupeng! *garukgarukaspaL*

  5. jangankan pergi ke longdong mbak, lah wong ke singapur aja kangen saos sambal yg dari endonesah ntuh..
    saos sambalnya di singapur itu manis jeh.. mau yg di McD ataupun yg mana ajah.. rasanya manis.. :|

  6. bisa jadi catatan tuh, kalo ke luar negeri jangan lupa bawa stok saos sambel sendiri :D kalo perlu bawa ulekan, cabe, bawang, dll jadi di sana bisa nyambel sendiri XD

  7. aku waktu ke amrik ndak kangen sambel, soalnya udah bawa sambel dari indo 2 botol gedhe… wakakakak…

    etapi bener.. sambel indonesia emang ndak ada duanya…

  8. Lain kali kalo mau plesir jauh jangan lupa koling emak dulu. Bilang saja minta dibuatkan sambel bajak ato apalah yang dimasukkan botol biar awetnya lama.

  9. *OOT*
    dari dulu penasaran mbak tika tuh kayak gimana, akhirnya sekarang tau juga..
    mbak rada gemuk yah? :D

    *ditendang mbak tika
    **relokasi taktikal (baca: lari terbirit-birit)

    ampun mbak.. becanda.. :Dv

  10. weks.. kena magh yah… tuh disitus ane kebetulan ada cara mengatasi magh… gini nih bunyiyah..
    “Ambil satu setengah ons kunyit tua. Buang anakan, sisakan empunya. Tau empu?. Umbi induk!. Parut dengan parutan kelapa. Peras dengan saringan teh. Air perasan didiamkan selama 2-3 jam. Setelah mengendap, ambil hanya airnya. Minum pada saat kondisi perut kosong. Mau enak? Campur dengan madu.

    Tapi katanya nggak baik buat perempuan masa subur. Bisa ngeringkan peranakan, katanya. Apa bener ya?”

  11. Bener bgt…klo ke luar negeri mesti bawa stok sambel yg banyak. Saya lg kuliah di China, agustus kmr waktu mo berangkat udah siap2 bawa 3 botol..kirain cukup buat setaun disini..eh ternyata enggak..untung mamanya tmn ada yg ngirim barang. Nitip deh sambel botol gede..skr jg uda mo abis..hiks..T_T harus bertahan 2 bulan lg sebelum liburan n bisa pulang. :p Udah bikin list makanan yg kudu dimakan nihh…gado2, ayam kalasan, nasi kuning, rujak, bakso dll..huhuhu kangenn…T_T

  12. hahahah makanya selalu sedia sambal sebelum lapar :-p

    waduh ada yang bilang mbak tika rada gemuk nih.. hmmm… ndak tau aja dia kalo mbak tika ini langsing dan tinggi semampai bak model.. model apa hayoo? :-)) :-p

  13. di rata2 negara eropa saos sambel yg manteb pedesnya & asli made in indonesia cuman saos ABC extra pedas, belinya kudu di asian grocery.. baru sekali saya liat ini sambel ABC botolan yg kecil (180ml?) dijual di supermarket ‘generik’ pas saya lagi nyasar di praha.. heran dan pastinya kegirangan.. btw, kalo ke eropa lagi coba cari KFC, cuman KFC yg jualan ayam goreng.. :p

  14. Pingback: ??????
  15. Pingback: SIDNEY
  16. Pingback: CORY
  17. Pingback: GILBERT
  18. Pingback: DOUGLAS
  19. Pingback: gawq
  20. Pingback: RAMON
  21. Aw, this was a really nice post. In idea I wish to put in writing like this moreover – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and in no way seem to get something done.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *