Sepeda di Jakarta ituh..

Ready Bike To Work - Wintogeno

Eh, nyasar-nyasar di Facebook, sayah nemu satu lomba video yang menantang orang untuk bersepeda ke kantor.
Ngng.. Keringetan ndak sih itu ya.. :D
Tapi mungkin itu tantangannya kali ya, naik sepeda ke kantor.. :D

Naik sepeda di jakarta, sebenernya hobi bikin sehat atau malah hobi nekat?
Buat yang hidup di Jancukarta, udah maklum bahwa semua jalan kecil, jalan sedang, jalan besar, jalan utama selalu penuh dengan taksi, mobil, motor, blom lagi bajaj yang oh-hanya-Tuhan-dan-si-sopir-yang-tau-kapan-mereka-akan-berbelok..
Blom lagi perkara polusi.
Bersepeda dikelilingi begitu banyak asap kendaraan, itu sebenernya cari sehat atau cari mati?

Tapi pertanyaan-pertanyaan itu ndak berasa penting begitu baca artikel yang satu ini.
Haha.. Rasanya sayah kok ya jadi cupu banget punya keragu-raguan naik sepeda.

Bike To Work

Tapi sayah kagum juga lama-lama, ternyata komunitas Bike To Work di Jakarta itu udah gedhe tho..
Sayah tau itu ada komunitas Bike To Work di Jakarta gara-gara dulu Pak Didi dan Pak Yusro di Langsat yang dengan rajin menenteng sepeda lipat kesana dan kesini.
Bahkan kadang mereka iseng naik sepeda dari area Langsat (deket Radio Dalam) ke Monas. Wuih.. Itu kan jauuuhh.. :|

Bike To Work punya official website, mereka juga punya banyak Facebook Page dan Facebook Group dengan anggota ratusan sampai ribuan orang, dan serunya adalah tiap kota sepertinya berlomba-lomba membuat komunitas Bike To Work masing-masing. :-?

Tapi kalo sayah ragu-ragu juga wajar tho? Lha ada kisah beberapa pengendara sepeda yang tewas di jalan karena nekat saingan sama truk, jeh..
Duh.. :|

Lha di tengah keragu-raguan banyak orang buat naik sepeda, sepertinya produk pereda nyeri otot Wintogeno cukup cerdas menangkap hobi baru warga Jakarta itu. Mereka bikin lomba video yang meminta pesertanya merekam rayuan untuk membujuk temen, pacar, sodara, dan entah siapapun itu untuk bersepeda ke kantor.

Hadiahnya pun ndak maen-maen. Wisata berdua 3 hari 2 malam ke Phi-Phi Island, Thailand. Semua akomodasi dan ongkos tiket tentunya ditanggung oleh Wintogeno.
Aih.. Jalan-jalan geratis.. :x

Sistem pemilihan pemenang dibikin ala vote terbanyak. Voter pun ndak ketinggalan bakal dapet hadiah Blackberry Onyx, Kamera, dan iPod Touch.

Lha ya kalo sodara pengen sukses mbujuk sayah buat naek sepeda dari kos ke kantor, boleh traktir sayah sepeda sebiji, sambil ikutan ituh lomba.. :))

Jadi gimana?
Naik sepeda di Jakarta itu cari sehat atau cari mati menurut sodara?

—————————————————————————

Referensi Link :

83 comments on “Sepeda di Jakarta ituh..

  1. tentu saja cari sehat lah… meski blm tentu dapetnya lain….
    kl kompak sih menarik, kayak di china
    cuman aku pengen ikut kok ya blm berani
    masih takut sama metromini
    :)

  2. blom lagi bajaj yang oh-hanya-Tuhan-dan-si-sopir-yang-tau-kapan-mereka-akan-berbelok..

    =))

    sayah sih ndak akan sanggup kalo bike to work dari rumah ke kantor .jalan kaki dikit aja udah ngos ngosan .. =p

  3. Aku 2 kali B2W malah sesek napas Tik, padahal cuma pancoran-semanggi. Apakabarnya ROBEK (rombongan b2w bekasi) atau RODEX (rombongan b2w depok) ya? Kalau paru2nya digali ada tambang batubaranya kali ya, Sawahlunto kalah.

  4. Cari sehat donk, Tik. Setidaknya untuk diri sendiri.
    Beda lagi lah kalo kita udah ngomongin yang kebut-kebutan sama metromini.
    Kemudian dia tewas tabrak lari.
    Itu kan kasuistis aja. :)

  5. sebagai praktisi Bike To Work (halah), jadi begini dik tika..

    1. keringetan, JELAS!
    mangkanya saya berangkat pagi pagi sekali, biar pas sampe kantor masih ada waktu menunggu keringat menguap dan mandi setelahnya

    2. polusi, JELAS!
    mangkanya saya berangkat pagi pagi sekali, pas hawanya masih sejuk dan dingin, plus kendaraan gak terlalu banyak berkeliaran di jalan. pake masker kalo perlu

    3. bahaya, BISA JADI!
    mangkanya pandai2 pilih rute yang aman, menghindar dari jalan raya, dan selalu memilih bersepedah di jalur paling kiri

    4. pegel, DULU!
    mangkanya dibuat rutin, lama-lama nggak kerasa pegel2 kok, justru jadi seger buger

    sekian

    AYO TIK! MANCAL!

    1. saya udah dua taun-an ber bike to work, cuma emang lokasi saya ndak di jakarta, gak tau jg kalo saya di jakarta apa saya kuat ber-bike to work dengan segala kondisi di sana

  6. jakarta memang ga sehat buat bersepeda, saya setuju dengan mbak tika
    malah para atlit berbagai jenis sepeda,,mereka latihan untuk persiapan lomba malah pergi ke jogja

    katanya jogja lebih enak buat bersepeda
    mulai dari atlit road bike (sepeda balap)
    atlit hardtrail ato downhill
    atlit BMX
    dll..mereka lari ke jogja untuk latihan
    bersepeda di jakarta cuma enak di hari minggu aja, ga setiap hari..
    hehehhehheh :D

    1. di malang juga enak kok, banyak juga atlit downhill di sini
      sabtu-minggu pasti bakal ketemu banyak pesepeda muter2 kota malang

      yg b2w juga lumayan

  7. Kenapa komunitas bersepeda di Jakarta menjadi besar, salah satu sebabnya adalah karena sepeda tidak hanya menjadi alat transportasi, tetapi telah menjadi salah satu lifestyle ;-)

  8. Makaci ya infonya. Boleh juga tuh ke phi phi island. Ntar minta tolong yayangku, bikinin video…kalo rekam video yang ginian…boleh dech

  9. kalo lokasi kantor dekat sih ndak masalah. tapi dekat tidaknya itu relatif juga. :( tapi kalo bawaan orang yang anemia, bagaimana atuh jadinya. kena panas bukan megap-megap lagi tapi langsung mau pingsan. :D

    1. ber-bike to work itu dilakukan JIKA memungkinkan, kalo memang kantor jauh, punya penyakit tertentu, ya mending jangan. Tapi ndak ada salahnya dicoba, diawali dengan bersepeda pagi-pagi di hari minggu, sekalian olahraga, itung2 “test drive” kira kira bisa ga ber-bike to work :)

      dulu sebelum memutuskan utk B2W saya pun latihan setiap sabtu-minggu, setelah mulai terbiasa dan bisa menguasai sepeda, baru deh manteb utk mancal ke kantor :)

  10. kota saya sih kota kecil tik. gak papa naik sepeda. kalo jakarta, mungkin yang udah jadi korban bisa membuka mata hati penguasa untuk membuatkan sebanyak mungkin jalur kusus sepeda. gitu

  11. mungkin harus pada baca isi forumnya b2w nih.. banyak banget yah yg msh skeptis soal gowes di jkt…
    saya sendiri bukan tukang gowes… bisa modar gowes dari bogor ke pluit (males sebenarnya, bukan berangkat tapi pulangnya yg sering diatas jam 10 malam dr ktr)..
    tapi ada kok goweser yg ampir tiap hari naek sepeda dari tapos ke ktrnya yg di pakubuwono (baca di forum)..

    kalo buat saya pribadi mau kena polusi bagaimana masih mending naek sepeda krn paru2 dan tubuh lebih bekerja (olahraga) drpd yg bilang banyak polusi dan lain2 tapi olahraga saja hampir ga pernah cuma rokok dan junk food tetep dilahap….

    takut kesenggol di jakarta???
    saya malah lebih sering liat org digiles truk di jalan parung dr pada liat kecelakaan di jakarta…

  12. LOL! great idea.. tp naik sepeda di JKT? hmm.. jarak jauh susah kali ya. Terutama yg tinggal di Bekasi dll tp kerja di Sudirman. Semoga PT KAI mau nyediain gerbong sepeda kayak di luar negeri.

  13. mati sih belum tentu, ngos-ngosan udah pasti. apalagi kalo nggowesnya siang bolong, di kanan kiri ga ada pohon peneduh, kena asap angkutan kota, trus jalannya nanjak. itu di jogja lho. kalo di jakarta, ndak tahu kaya’ gimana. tapi penasaran juga pengen nyoba kalau ada kesempatan. btw, di sana jalannya rata kan ya? ga pake nanjak? :)

  14. Aku juga naik sepedah ke kantor Tik… Kebetulan tempat tinggal nggak jauh dari kantor. Tapi di palembang lho.
    Nggak tahu yah ntar tugas dijakarta.

  15. pajak kendaraan bermotor kan naik tuh, ya udah, mending nyepeda aja..hehehe…tapi klo di Jakarta y bayanginnya aja udah males, untung saya tinggalnya di Jogja,hehe…genjot deh kemana-mana….

  16. Pingback: BEN
  17. maaf baru bergabung, saya justru senang bersepeda di dalam kota, bosen ngga sih tiap pagi mantengin macet di jalan?! ya pake sepeda bukan berarti bebas macet dan bisa dateng cepet ke tempat kerja sih.. tapi sistem berpedal nya itu yang ngebuat badan bisa terus bergerak alias olahraga, alhasil macet di jalan bisa jadi salah satu objek menyenangkan tersendiri buat pengguna sepeda… toh bobotnya ringan, apalagi sepeda lipat model sekarang.. buntu atau capek di jalan? ya tinggal dilipat lanjut naik sarana transportasi umum.. hihihi…

    salam kenal :)

  18. Mmmmm… belon pernah ngerasain sepedaan di Jakarta, sih…. Jadi nggak tau apakah bikin sehat atau nggak, hehe….
    Tapi kalo dikira-kira…. mungkin bikin sehat, asalkan pake masker dan dilakukan dgn hati-hati :-)

  19. salam kenal :)

    Saya sih sebenere udah mau mulai ber B2W dari setaun yang lalu namun apa daya belom ada duit buat beli sepeda he he he jadi sepedaannya pas lagi ada pinjeman aje..:) btw yang udah punya sepeda maupun yang sepedanya masih pinjeman marilah kita sukseskan gerakan B2W dengan..
    1. Mulai bersepeda dari diri kita sendiri,
    2. Mulai bersepeda dari/untuk jarak terdekat,
    3. Mulai bersepeda sekarang juga.

  20. nggak papa juga sih kalau cari mati… matinya elegan… mati demi kampanye lingkungan hidup yang sehat… (lebay!)

    Tapi kalo sayah ragu-ragu juga wajar tho? Lha ada kisah beberapa pengendara sepeda yang tewas di jalan karena nekat saingan sama truk, jeh..

    ngakak habis!!!

  21. Halo salam kenal! :)

    Hm.. menurutku sih bersepeda tuh cari sehat dongg.. kenapa?
    1. karena dgn bersepeda kita bisa bantu untuk ngurangi polusi udara. So,udara jadi bisa lebih segar kan (kalau jumlah pesepeda terus meningkat ketimbang pengguna kendaraan bermotor).. ujung-ujungya ya bisa membantu meminimalisir terjadinya global warming jg.
    2. karena dengan mengayuh sepeda bisa bantu proses pembakaran kalori n lemak dalam tubuh. jd membantu bgt bagi yang ingin turun berat badan hehe..

    Keuntungan lainnya adalah bebas biaya parkir atau lebih minim biaya parkir. Trs lebih efisien karena ga makan tempat. jadi, lebih mudah dan cepat saat memarkirkannya. ;)

    Nah, soal keselamatan pengguna sepeda di jalan raya itu urusan pemerintah harusnya. sebaiknya ada jalur khusus bagi pengguna sepeda (sperti jalur busway gt). waktu aku ke belanda, mayoritas penduduknya menggunakan sepeda sbagai alat transport dan memang ada jalur khusus utk pengguna sepeda. disana malah pengendara mobil dsb minim bgtt.. hal ini sih patut utk dicontoh ya menurutku hehe.. bagaimana menurut mba tika? :)

  22. Pingback: WILLIAM
  23. gue cuma pingin bilang ama pemilik blog ini : JANGAN ELO JANCU-JANCUIN JAKARTA! jakarta nggak ada salah ama lo. yang salah, kenapa lo dateng ke jakarta?

    gue nggak masalah elo mau nulis apapun kenggaknyamanan lo di kota gue ini. ini blog lo, dan hak lo. tapi tolong JANGAN LO JANCU-JANCUIN JAKARTA GUE!

  24. Pingback: TODD
  25. Pingback: RAYMOND
  26. Pingback: JON
  27. Pingback: JESSE
  28. Pingback: TRACY
  29. Pingback: JOEL
  30. Pingback: RONNIE
  31. Pingback: DONNIE
  32. Hi! This is kind of off topic but I need some help from an established blog. Is it very hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick. I’m thinking about making my own but I’m not sure where to begin. Do you have any ideas or suggestions? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *