Cap Kaki Tiga vs Cap Badak ituh..

Kemaren sempet nulis tentang Larutan Penyegar Cap Badak ituh.
Eh, pagi ini buka-buka kaskus, ternyata banyak juga ya thread yang membahas tentang Cap Kaki Tiga vs Cap Badak ini.. Hohoho.. Seru.. Seru..

Sama kayak saya kemarin yang juga sempet bingung sama perubahan logo Cap Badak dan Cap Kaki Tiga pada botol Larutan Penyegar yang dibawa Ibu, lha ternyata banyak juga orang lain yang bingung. Hahaha.. :))
Ada temennya.. Ada temennya..

Kayaknya masing-masing pihak, baik Cap Kaki Tiga maupun Cap Badak sama-sama mengaku pemilik merek larutan penyegar yang aseli. Coba ini liat iklan dari masing-masing merek.

Ini iklan Cap Badak dari Sinde, dari user youtube LarutanPenyegarID :

Ini iklan Cap Kaki Tiga dari Kinocare, dari user youtube CapKakiTigaAsliSejak :

Nah loh.. :))
Seru.. Seru..
Ada twitter @BebasPanasDalam dari Cap Badak-nya Sinde, ada twitter @KakiTigaAsli dari Cap Kaki Tiga-nya Kinocare.
Ada facebook page Larutan Penyegar Cap Badak, ada facebook page Cap Kaki Tiga.
Coba deh kalian search di Twitter dengan keyword “Kaki Tiga Badak”, dan silahkan nikmati komentar-komentar mengenai perang merek antara keduanya.

Di salah satu thread Kaskus, ada juga yang postingan tentang Surat Pembaca dari Ibu Galuh di Media Indonesia seperti ini:

Cap Kaki Tiga atau Cap Badak?

Nama saya Galuh Shinta Dewi, ibu rumah tangga dari dua orang anak. Saya adalah konsumen setia dari larutan penyegar Cap Kaki Tiga. Sudah hampir 15 tahun saya mengkonsumsi larutan penyegar ini dan saat ini saya pun memberikan larutan tersebut pada suami dan anak-anak saya untuk meredakan panas dalam.

Sudah beberapa bulan ini, saya menjadi ragu untuk membeli apalagi mengkonsumsi larutan penyegar tersebut. Penyebab utamanya adalah terdapatnya dua merek larutan penyegar yang sama-sama menggunakan gambar badak yang selama ini saya kenali identik dengan larutan penyegar Cap Kaki Tiga namun dengan merek lain yaitu Cap Badak.

Saya sempat berusaha untuk bertanya pada penjual toko tempat saya biasa membeli larutan penyegar tersebut. Jawaban yang saya dapatkan adalah produk larutan penyegar Cap Kaki Tiga sudah berganti nama dengan Cap Badak. Namun, pekan lalu, saya malah melihat berita bahwa larutan penyegar Cap Kaki Tiga tidak ganti nama menjadi Cap Badak. Lalu yang mana yang benar?

Sampai saat ini saya masih sering menemukan larutan penyegar dengan merek Cap Kaki Tiga beredar di toko-toko ataupun supermarket. Hal ini amat membingungkan saya dan konsumen lainnya, apalagi yang selama ini rutin mengkonsumsi larutan penyegar Cap Kaki Tiga seperti keluarga saya.

Melalui surat ini saya ingin meminta penjelasan kepada perusahaan produsen larutan penyegar yang berkaitan untuk memberikan klarifikasi secara resmi kepada para konsumennya sehingga kami tidak khawatir untuk membeli dan mengkonsumsi larutan penyegar tersebut.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam Hormat,

Galuh Shinta Dewi

Makin bingung? :D
Hahaha..

Berhubung saya ndak nemu website khusus dari Kinocare yang membahas khusus tentang Cap Kaki Tiga, saya cuma bisa baca penjelasan sejarah Perkembangan Cap Badak dari official website dari Sinde disini.
Sodara intip sendiri deh itu sejarahnya, panjaaaang.. Sejak tahun 1978 sampai 2011.
Tapi di tahun 2011, ada penjelasan bahwa karena alasan teknis pemakaian merek ‘Cap Kaki Tiga’ yang tidak terselesaikan, Sinde mengganti merek dagang Larutan Penyegar menjadi Cap Badak.

Secara singkat, Cap Badak mengaku bahwa formula mereka adalah resep aseli yang selalu di konsumsi pelanggan dari dahulu, sedangkan merek dan logo dari Cap Kaki Tiga telah berpindah ke tangan perusahaan asing. Yang pindah merek dan logo, sedang formulanya tetap dipegang Cap Badak.
Begitu kira-kira kalo saya baca.

Jadi sodara ikut bingung ndak? :))

50 comments

  1. demam anak says:

    menarik artikelnya…

  2. Renita says:

    Biro iklan yang membuat tvc Larutan Penyegar Cap Badak itu apa yah?

    1. lovelive says:

      Info Tirta bener banget.

  3. tirta says:

    SALAH BRO …..

    YANG BNAR GINI NIH ?

    larutan cap kaki tiga merupakan produk dari wen ken drug, perusahan yg bertempat di singapura.
    produk larutan cap kaki tiga sudah di produksi oleh wen ken sejak tahun 1937. dengan logo kaki tiga, gambar dan lukisan badak.

    tahun 1978 wen ken ingin memasarkan produk di indonesia maka dia menunjuk pt sinde.

    karena ada permasalahan antara wen ken sama pt sinde yang tidak dapat di selesaikan, maka wen ken memutuskan kerja sama dengan pt sinde.

    wen ken menunjuk pt kinocare era kosmetindo untuk memproduksi, memasarkan, menjual produk LARUTAN PENYEGAR CAP KAKI TIGA di INDONESIA

    jadi kesimpulan nya produk cap kaki tiga memiliki formula yg tidak berbeda di cap badak

    1. Willy says:

      Yang benar adalah:
      Wen Ken Drugs hanya memiliki merek dan logo cap kaki 3 saja
      sedangkan resep dan ramuan asli dari pihak Sinde
      dan yang sekarang dijual oleh Sinde sebagai larutan cap badak adalah benar-benar resep ramuan yang dari dulu digunakan.

      sedangkan yang dibuat oleh Kinocare untuk membuat ramuan cap kaki tiga bukanlah yang diberikan oleh Sinde.karna Kino tidak berhak atas produk larutan penyegar, hanya logo dan merek saja.

      Sinde juga sudah terpercaya sebagai produsen obat obatan tradisional :)

      ini dia sejarahnya: http://larutanpenyegar.com/sejarah

      ini pesbuknya :http://www.facebook.com/larutanpenyegar

      dan ini twitter nya : @bebaspanasdalam

      :)

  4. tirta says:

    SILAKAN BUKA WEBSITE CAP KAKI TIGA : http://WWW.capkakitiga.COM

    ATAU FACEBOOK : http://www.facebook.com/KakiTigaAsli

  5. ayu says:

    hahaha…
    willy orang sinde ya?
    atau agencynya sinde?
    hidup cap kaki tiga…
    gw percaya sama berita di kompas
    sinde buat curang…
    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/09/13/14180015/Larutan.Cap.Kaki.Tiga.Tidak.Berganti.Nama

  6. Zecter says:

    Cap kaki tiga ditarik nii ye
    Sinde menang

  7. awa says:

    saya seorang agen air minum didaerah sukabumi yang saat ini memasarkan produk penyegar cap kaki tiga, memang saya sering ketemu pelanggan yang kritis dikarenakan sales dari larutan cap badak dalam memasarkan produknya tidak profesional,maksudnya dlm memasarkan produknya sendiri hampir menjelek-jelekkan produk lain..contohnya produk larutan cap kaki tiga yang sekarang tidak asli ataupun sudah expired, saya harap klo mau bersaing yang sportiflah bos..
    namun sekarang tetaplah konsumen yang bisa menilainya, terbukti penjualan larutan penyegar cap kai tiga didaerah saya setiap bulannya omsetnya semakin tinggi..selain rasanya yg tetap terjaga, harganya pun cukup terjangkau (tidak mahal)

    1. Randra says:

      Sya stuju skli memng kaki tigalah yang memng dri dlu trpercaya. Dan hrgaxpun sngt trjangkau.

  8. Angelo says:

    Salam

    Saya hanya ingin berbagi,dari yang saya ketahui bahwa merek asli Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga ini adalah milik Wen Ken Drug yang melakukan kerjasama dengan Sinde, lalu sejalan dengan pemasaran produk Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga ini, Pihak Sinde juga mengeluarkan produk sejenis yang bernama LASEGAR . . .
    Nah Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga ini pada awalnya sudah menggunakan logo badak, dan produk LASEGAR juga menggunakan gambar BADAK pada packagingnya.
    Inti daper persoalan pergantiaan ini adalah karena secara etika bisnis, tidak etis sebuah perusahaan yang dipercaya sebagai distributor resmi sebuah product, mengeluarkan product sejenis yang didistribusikan bersama sama, apalagi hanya beda warna (perlu diketahui bahwa LARUTAN ENYEGAR CAP KAKI 3 INI KEMASANNYA HIJAU, DAN LASEGAR BIRU – dengan kemiripan kemasan di atas 65%)

    Nah,lalu LARUTAN memutuskan kerjasama dengan Sinde,lalu pindah ke KINO…
    dan untuk semakin menguatkan nama LARUTAN PENYEGAR CAP KAKI 3, maka logonya berubah jadi CAP KAKI 3. Sedangkan pihak Sinde tetap mempertahankan logo badaknya..

    jadi dari sini bisa diketahui mana produk yang dulu bernama Larutan cap kaki 3. untuk masalah komposisi ramuan, saya kurang tahu. tetapi secara logika, seharusnya sama karena ini kan di bawah lisensi,pasti ada stadarisasi kualitas dari perusahaan induk.

    permasalahan terfatal adalah dilanggarnya ke etisan dalam pendistribusian barang yang secara pribadi saya juga merasa bahwa pasti piha larutan penyegar cap kaki tiga sangat tercurangi.

    Sekian yang dapat saya bagikan :)

    1. ira says:

      setuju….saya aja di toko dipaksa untuk menjual produk lain di toko saya…saya smp bingung yg punya hak utk berjualan disini siapa….sampai2 sales ngasih gratis ke kami hanya krn takut bosnya ngecek..sampek saya berpikir hak kita sebagai konsumen kalah sama ketakutan sales terhadap bos….

    2. lovelive says:

      Thanks Angelo untuk info yang lebih komplit lagi.
      Permasalahannya memang berawal dari kecurangan SInde yang tetap memproduksi larutan penyegar padahal perjanjian lisensinya sudah diakhiri oleh wen ken drugs tapi bisa dilihat sekarang iklan Sinde besar-besaran, liputan Sinde di jam prime time di stasiun2 tv besar, mengaburkan mana pihak yang benar, yang mrp pemilik asli merek badak cap kaki tiga dan pemilik asal ramuan larutan penyegarnya.

  9. Jeremi Noel says:

    Test

  10. martin says:

    sudah, jangan pada ribut, yang jelas sekarang BPOM tarik peredaran larutan penyegar cap kaki 3. karena menipu.

    menipu disini dalam arti larutan penyegar cap kaki 3 saat ini bukan larutan/minuman obat, melainkan hanya air.

    monggo baca beritanya :
    http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=120956

  11. rully says:

    itu hanya sekedar isu saja yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya, kenyataannya larutan cap kaki tiga masih tetap eksis dan masih banyak di indomaret, pasar2 dan warung2 kecil, janganlah menggunakan segala cara untuk menjatuhkan produk orang lain bung !!!!

    1. Faisal says:

      SETUJU!!

  12. raden says:

    sudahlah.minum jus jeruk aja.bisa ngurangi dan ngobatin panas dalam kok
    pake selasih sekalian

    beres toh.ga usah pake kaki tiga atau badak

  13. richter says:

    hidup kaki ketiga…..
    kalo ga ada kaki ketiga, wanita tidak akan bahagia…..
    masalah minuman koh diributkan…..

    1. Faisal says:

      maksudx bro?

  14. alamsyah says:

    ngakak liat yg ribut gara gara larutan panas dalam wkakaka, tapi dari dulu sampe sekarang saya lebih percaya larutan cap kaki tiga

  15. iyan mahendra says:

    LUMAYAN JUGA

  16. chu says:

    tapi terlepas dari mana yang lebih benar & mana yang lebih asli. konsumen lah yang berhak menentukan mau minum apa. toh kalau masih bingung kan ada merk lainnya.
    mau panas luar, mau panas dalam, aq tetep minum air minum biasa saja… gak ngurus kaki tiga / badak atao yang lainnya.

  17. fitrahview says:

    sy sdh menbuktikan dua-duanya sama khasiatnya…
    so klo sy beli di warung tinggal bilang ,beli larutan penyegar ”CAP BADAK BERKAKI TIGA”
    ckckckckck…..

  18. daniel says:

    Udah minum larutan kaki 3 aja udah kebukti khasiatnya.kalo cap badak gak bisa nya cuma bikin heboh aja gak bisa saingan yang sehat.

  19. rizki says:

    hihi, dari 1987 ampe 2012 ane belum pernah beli ke 2 merek itu, dan ampe sekarang aneh masih idup sehat, hihi idup gorengan yang bikin panas dalam.

  20. febri says:

    sya seorang yg bekerja di PT. Kinocare Era Kosmetindo, dan sya mengetahui proses pembuatan Larutan Cap Kaki Tiga dari Awal smpai Akhir proses..
    Larutan Cap Kaki 3 dibuat dngan proses yg lumayan panjang..
    Pabriknya resik dan higienis,dan formulanya pun tetap terjaga keampuhannya..
    Tp yg dimasalahkan disini kan “Merk”…
    Smua kembali pda konsumen, yg brhak menilai suatu produk itu layak atau tidak menjadi obat bagi si konsumen..

    Dan satu hal lagi, cap kaki 3 kini memiliki desain dan logo yg berbeda dan mudah dicirikan, hanya bertuliskan “Larutan Cap Kaki 3″, dan logo Cap Kaki Tiga

    jd jangan salah pilih sekarang..
    Cap Kaki Tiga yaa Cap Kaki Tiga..
    Cap Badak yaa Cap Badak

  21. steve says:

    sudah dari pada bingung minum dua duanya aja. Biar sehatnya double hahaha

  22. noor says:

    oooow….. gitu tah….?? tpi iklannya kk main sindir gitu yah???

  23. Ester Wika says:

    Kurangi makan gorengan. Stop panas dalam. Banyak2 minum air putih. Ayo hidup sehat :)

    1. Dina says:

      That’s cleared my thoughts. Thanks for coittnburing.

  24. islam mayani says:

    jadi lebih bagus n manjur cap kaki tiga atau larutan penyegar cap badak?

  25. Najib says:

    Yang jelas….
    Cap kaki3 akan di koreksi oleh bpom
    artinya..produk tsb..ada “masalah”

  26. Larutan cap kaki tiga cocok bagi saya dan keluarga, apalagi kondisi cuaca yang kemarau.

  27. fibonacci12345 says:

    Gw bukan peminum kedua merek di atas, tapi gw pernah minum cap kaki tiga dulu, gw cuma seneng ngamatin kasus-kasus merek kayak gini.

    Cuma gw rada bingung kalau di atas ada dibilang

    “Wen Ken Drugs hanya memiliki merek dan logo cap kaki 3 saja
    sedangkan resep dan ramuan asli dari pihak Sinde
    dan yang sekarang dijual oleh Sinde sebagai larutan cap badak adalah benar-benar resep ramuan yang dari dulu digunakan”

    Lah, kalo gitu, dulu sinde bisa dpt dr mana yah resep bikin obat panas dalam? trus kalo sinde udah bisa punya resepnya, ngapain dia pake brand dan logo perusahaan lain?? aneh menurut gw..

    malah skrg dituntut sama yg punya merk.. nah lohhh.. mana yg bener nihh..
    trus kenapa si wen ken nunjuk perusahaan lain sbg pemegang lisensi? knapa ga sinde terus yg pegang? too much questions, gw jd jaksa aja nihhh hehehehe..

    Yahhh intinya pengusaha Indonesia menurut gw nih, banyak ga jujurnya.. itu menurut gw loh.. contohnya waktu kasus Pierre Cardin di luar negeri nuntut Pierre Cardin Indonesia memalsukan.. tetep aja yg menang pengusaha Indo.
    Trus waktu perusahaan produk bayi NUK dari US, akhirnya ditiru sama pemegang lisensinya sendiri utk Indonesia, dimana akhirnya kluar merek HUKI, tetep aja pengusaha Indonesia yg menang..

    ya mudah2an si wen ken ini ga salah nunjuk pemegang lisensi yg baru. Amiennn

  28. aulia says:

    produk obat yang telah berubah atau berbeda dulu dan sekarang
    baik kemasan , penandaan , nama

  29. soni says:

    hidup adem sari… wkwk
    klo dibandingkan cap kaki tiga yg dulu dengan yg sekarang lebih ampuh yg dulu daripada yg skrg.. kesannya kyk minum air biasa.. tp untuk yg versi kaleng sampe skrg pun tetap manjur..

  30. erick says:

    HIDUP CAP KAKI TIGA

  31. Opik says:

    dari zaman ane TK, yang slalu ane minum dikala panas dalam ya larutan cap kaki tiga .

  32. slamet says:

    keduanya ngk berguna bagiku.
    Mending minum just macam2 buah.
    Wenaakke poLLL
    :)

  33. mamiek says:

    duuh bikin puSing bc komenny..mslhny anak2q slalu konsumsi it tiap skit.,trus skrg musti plih yg mana.,?

    1. lovelive says:

      Pada akhirnya pilihan tetap kembali kepada konsumen, Ibu (misalnya kalau saya, cenderung setia pada satu produk, dan karena saya sudah cari tau asal-muasalnya, produk Larutan Penyegar yang dulu ada gambar kaki tiga dan badaknya, sekarang tinggal gambar kaki tiga nya saja (lihat komen Mas Angelo), saya tetap setia konsumsi yang berlabel kaki tiga).
      Kalau mengenai komposisi, kedua Merek lolos BPOM dan aman bagi kesehatan, Ibu. Dalam hal ini yang sedang terjadi adalah sengketa Merek, tidak berkaitan dengan keamanan masing-masing produk untuk dikonsumsi. Demikian. :)

  34. reyti says:

    Sy stuju dng fibonacci12, sy tetap milih cap kaki tiga ga pas panas dalam aja , :)

    1. lovelive says:

      Setuju dengan Fibonacci12345 dan Reyti :)

  35. berry says:

    menurut saya yang formula sebenarnya adalah punya cap badak, saya sudah bandingkan komposisinya ternyata punya cap kaki 3 komposisinya tidak setinggi punya badak dan sekarang larutan penyegar cap kaki tiga sudah berubah nama dan tampilan sampai 4kali dalam 1 tahun ini, nama terakhir adalah cap kaki tiga saja tanpa kata penyegar…..yang saya tau sementara sich itu…just share,

  36. Jefry says:

    jadi rumit sekali ya ceritanya
    btw kemarin saat saya panas dalam yang saya temui di apotik adalah larutan penyegar cap badak jadinya ya mau tak mau harus mengkonsumsi itu…

  37. dolph says:

    Ikut komen dengan berandai2 ah…. ternyata bos badak sama bos kaki tiga lagi dinner bareng dan ngebahas strategi apalagi yg musti diambil supaya topik pembicaraan perseteruan keduanya tetap jadi pembicaraan hangat dan jadi top of mind. Sambil cek angka market share, produksi per bulan, kapasitas produksi dan biaya iklan. Publikasi dah ok dapet krn masih dibicarain meski dah lewat itungan setahun… kalo salah 1 disini jadi bosnya, langkah apalagi yah yang diambil?

  38. nicx says:

    sejak kulia, tgl sndiri, jd ngurus diri
    kalo ada gejala/ sedang panas dlam aq beli larutan penyegar
    karena ada 2 jenis botol identik beda dikit, gw jd beli dua²nya
    ga pernah ingat,n ga perna peratiin mana yg manjur mana yg kaga
    cuma baru sekarang penasaran n cari d gugel kebenarannya

    KESIMPULAN YG GW DAPAT DR INFORMASI² TSB :
    ada kecurangan, ntah dari pihak internal, maupun promosi (black campaign)
    ttg berita penarikan, gw ga percaya, jelas itu black campaign.
    n menurutku, komentar org² di atas, rada maksa (jelas, itu juga black campaign)

    SO :
    mgkin ke depannya gw akan milih cap kaki tiga aj, sejauh yg kudapat informasinya, dy lebih byk dipojokkan oleh pihak lainnya

    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>