#BaladaRana ituh.. (05) – Mencuci Baju Bayi ituh..

Tiga hari lagi, tanggal 27 November, Rana bakalan berumur 5 bulan nih.
Beratnya udah 7,3 kg.
Enduuutt..

Udah senang ngoceh panjang lebar sambil cengar-cengir kalo diajak ngobrol.
Duh, rasanya meleleh aja gitu kalo Rana mulai membalas tatapan mata, lalu mulai senyum, dan kemudian ngoceh entah ngomong apa, kayak jawab tiap kalimat yang kita omongin.. :*

Udah bisa tengkurap sendiri, dengan kepala tegak terangkat menatap apa saja di depannya dengan matanya yang sayu-sayu sendu itu..
Udah ndak cepet kecapekan dan ndak cepet pasrah megap-megap nyium-nyium sprei kasur sih. Hahahahaha..
Waktu usianya 2 minggu, Rana pernah ndak sengaja tengkurap sendiri lho! Hahaha..

 

Trus, Rana juga udah senang menggigit-gigit tangan.
Semua sarung tangan Rana pasti basah kuyup gara-gara diemut.
Juga mainan, handuk, baju, sprei, dan apapun yang bisa teraih dan dipegang Rana, hampir bisa dipastikan bakal masuk ke mulut buat diemut..
Suka deg-degan juga sih. Itu kalo sarung tangannya nyucinya ndak bersih kan, berarti kotoran dan bakterinya masuk aja gitu kemulutnya Rana.. :|

Dan entah kenapa kok Rana ini gampang keringetan.
Mungkin emang Jakarta sepanas itu kali ya, bahkan buat bayi yang baru 4 bulan keluar dari rahim (yang suhunya hangat banget).
Dan sekali lagi, deg-degan juga. Bakteri bukannya gampang berkembang biak disuhu panas ya? Eh, disuhu panas apa lembab ya? Eh, bakteri apa kuman ya?

Begitu deh.
Ndak nyangka, bisa-bisanya jatuh hati sama manusia kecil ini, sampai rela ndak gaul gara-gara ndak bisa kopdar kesana kemari. Sampai ninggalin bentar mimpi ngejar ini itu. Sampai ndak keberatan nyuci berlembar-lembar popok kain yang penuh pup bayi. Hahaha..

Nah itu.
Banyak yang nanya, gimana sih cara menuci popok kain yang ada pup-nya?
Padahal gampang lho.
Di bawah kran air yang mengalir, gosok-gosok aja si popok kain sampai kotoran pupnya terlepas dari kain. Trus, digosok pake sabun mandi (cari yang murah-murah aja, nggak usah yang mahal) buat menghilangkan noda kuning dari pup. Baru deh dikucek sampai noda pup hilang.

Trus baju Rana yang lain gimana nyucinya, Tik?
Ah, kalo yang kena pipis aja sih, udahlah, masukin mesin cuci.. :))
Gabung sama selimut bayi, alas bayi, kaos/kemeja bayi, kaos kaki, sarung tangan bayi, dll.
Abis gimana dong. Saya ini ndak punya pembantu, dan ndak punya baby sitter.
Jadi harus pinter-pinter hemat tenaga biar saya yang ibu amatiran ini bisa ngurus anak sekaligus menjaga urusan bersih-bersih rumah tetap beres.

Jadi, ada 2 ember di kamar untuk baju kotor Rana.
Satu untuk popok atau baju kena pup. Satu lagi untuk baju Rana yang kena pipis, dan kotor aja.
Yang kena pup dicuci tangan sendiri.
Yang kena pipis dan kotoran saja, langsung dicuci pake mesin cuci.
Waktu ngebilas, popok kena pup digabung masukin ke mesin cuci, biar bisa dibilas pakai pewangi dan pelembut.

Urusan pewangi dan pelembut ini, Eyang Uti-nya Rana (yang super heboh kalo udah soal ngurusin Rana) mewajibkan untuk memakai yang Anti Bakteri.
Jadilah si Eyang memborong beberapa botol Molto Ultra Anti Bakteri ini, khusus buat nyuci baju-bajunya Rana.. :))
Deuuh.. Yang baru pertama punya cucuuu..

Tapi emang ya, secara saya juga suka deg-degan sama tingkah Rana yang banyak itu. Sarung tangan yang suka diemut-emut masuk mulut, sprei dan alas tidur yang dicium-cium (dan kadang dijilat) Rana kalo dia lagi tengkurap. Baju-baju yang langsung melekat ke kulit Rana. Ya iklan Molto Anti Bakteri yang di TV itu, yang si Nenek parno kalo cucu-cucunya kena kuman, ya pasti emang suka kejadian juga di ibu-ibu baru punya bayi macam saya.

Namanya nyuci baju kan pengennya bersih. Bersih dari kotoran. Dari kuman. Dari bakteri. Apalagi baju bayi baru lahir begini. Serba deg-degan kalo apa-apa yang nempel ke anak ternyata jadi sumber penyakit gitu.

Dan si Molto Ultra Anti Bakteri ini wangi banget. Enak banget harumnya. Dan gara-gara tetangga saya si Desi (yang pernah jadi Brand Manager si Molto) ikut promosiin produk ini, jadi nyobain nggosok-nggosokin baju hasil cucian biar keluar harumnya. Hahaha… Kemakan iklan banget deh! Tapi ternyata iklannya nggak bohong. Emang keluar harumnya kalo bajunya digosok-gosok.. :))

Molto anti Bakteri 99%

 

8 comments on “#BaladaRana ituh.. (05) – Mencuci Baju Bayi ituh..

  1. cute baby boy, dan tumpukan baju bersih rapi plus wangi (I believe it because I use Molto Anti-Bakteri too :p) meski ngga ada asisten = cool.
    no other word for that ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *