Kelas Bermain di Gymboree ituh..

Beberapa minggu lalu, tiba-tiba saya mendapat undangan dari Great Eastern Indonesia @GreatEastern_ID untuk mencoba kelas bermain di Gymboree. Juga mengikuti kelas Parenting dari pemilik Gymboree, Ibu Linda.
Waaaah.. Mau! Mau! Mau!

Kebetulan banget, beberapa bulan belakangan saya kadang seru sendiri intip-intip informasi tentang playgroup dan sekolah bermain buat Rana. Yaah, walaupun Rana masih umur setahun, tapi namanya survey kan bisa dimulai dari dini yaaa.. Survey program sekolah, sekaligus survey ongkos duitnya. Hahaha..

Maka saya mengajak Ay, sesama Emak yg mulai akrab sejak kami berdua punya bayi. Emang bener deh. Jadi emak-emak tuh sebenernya malah gampang dapet temen. Dapet temen sesama emak lainnya. Hihihi..

Dan di hari Minggu tanggal 30 Juni kemarin, berkumpullah para orangtua undangan dan para bayi/balita di Gymboree Kemang. Lokasinya ada di LaCodefin Kemang lantai 2.
Begitu masuk ke playground, Rana seru sendiri.
Naik sana, panjat sini, dorong ini, tepuk-tepuk itu.. :))
Seneng ya kalo liat anak kita heboh gembira tuh..

Gymboree - Great Eastern

Lalu di sesi kelas parenting, bertemulah kami dengan Ibu Linda, si pemilik Gymboree @Gymboree_ind itu.
Banyak banget yang disampaikan Ibu Linda, saya catat baik-baik. Sayangnya disampaikan dalam bahasa inggris. Saya harus konsentrasi 3 kali lipat untuk menyimak tiap kalimat. *glek*
Maklumlah. Saya orang udik ini ndak begitu pintar berbahasa asing. :(

Tapi kira-kira begini yang saya tangkap.
Menurut Ibu Linda, di Amerika sekarang ini sedang marak program Mom & Baby Fitness. Karena disana obesitas anak jadi masalah banget. Sebagian besar penyebabnya adalah karena anak sedari balita terlalu banyak menonton TV dan main gadget, sehingga kurang bergerak lincah di luar ruangan. Untuk bayi dan balita, semua aktivitas bermain adalah proses belajar. Dengan permainan, otak mereka berkembang dan berdaya guna dengan mempelajari banyak hal baru, dengan berinteraksi dengan orang di sekitarnya.

Gymboree sendiri adalah sekolah franchise dari Amerika. Tentunya ya ndak semua budaya Amerika mereka bawa kemari, diadaptasi juga dengan budaya Indonesia gitu lah ya. Salah satu yang Gymboree pengen ajarkan ke bayi/balita yang ikut program mereka adalah proses belajar unjuk diri. Dimana rata-rata orang Asia memang cukup malu-malu untuk tampil di depan umum. Ada kelas bermain, kelas musik, dan juga kelas seni. Masing-masing didayagunakan untuk proses bermain sambil belajar anak sedari dini.

Bayi dan balita, walaupun belum punya proses komunikasi yang komplit, tapi bisa lho mengenali siapa orang tuanya. Siapa mamanya. Siapa papanya. Dan kepercayaan dirinya pun dibangun lewat hal-hal sederhana seperti musik, harapan, dan dorongan semangat ketika bermain.

Lalu ada juga topik Ibu Linda tentang kasus speech delay (terlambat bicara) pada anak. Menurut Ibu Linda sih, bermain itu (lagi-lagi) adalah terapi paling efektif untuk mencegah anak terlambat bicara. Lewat nyanyi-nyanyi bareng, lewat suara-suara kecrekan gitu juga akan merangsang balita untuk menirukan suara.
Oh ini penting. Rata-rata bayi/balita/anak akan menirukan sesuatu, apabila sesuatu itu diulang sebanyak minimal 16 kali.

Wih..
Minimal 16 kali ya? *catet baik-baik*

Nah kata Ibu Linda juga, kadang-kadang orangtua tuh mendaftarkan anaknya ikut terapi karena kebutuhan ego si orangtua. Bukan untuk kebutuhan si anak.. *ups*
Sebisa mungkin kita memang ndak boleh menekan anak, karena kita kan mau membangun karakternya si anak nih. Semakin si anak tertekan, semakin susah pribadinya terbangun secara sadar.

Pokoknya yang paling penting buat anak di usia Golden Age, adalah having fun. And enjoy it.
Bermain sambil belajar. Bukan sebaliknya.

Aaaaaa.. Banyak banget deh yang saya pelajari dari penuturan Ibu Linda. Dan kadang-kadang nonjok banget gitu..
Kalau pengen tau Ibu Linda ngomong apa aja, saya kemarin iseng bikin rekaman sesi kelas Parenting tersebut. Nih..

Nah, setelah sesi kelas parenting selesai, ada kelas bermain Gymboree.
Uhuy. Seru! Di kelas bermain ini, orangtua memang diminta masuk ke dalam area playground untuk menemani si bayi/balita bermain. Untuk tujuan menambah bonding ikatan antara orangtua dan anak.. ^^

GReat Eastern - Gymboree

SERU! SERU! SERU!
Rana seneng banget hari itu.
Emak dan bapaknya pun ikut seneng.
Dan setelah hari itu, ada kelas MUSIK Gymboree yang boleh dicoba di hari lain.
Uhuy!

Terima kasih Great Eastern! Terima kasih Gymboree!
*kiss*

2 comments on “Kelas Bermain di Gymboree ituh..

  1. *gak percaya kak tika ga begitu bisa bahasa Inggris, lha itu bisa nerjemahin dg baik dan benar*

    “Ya dik Rana yaaa… Iya khan dik Ranaaa??” Sambil gendong2 Rana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *