Bukannya Anti Dokter Gituh..

Daku bukannya anti dokter.

Cuma… Gimana ya..
Belasan tahun liat Bapak sama Ibu kayak diperbudak obat resep dokter.
Ibu dulu bahkan pernah harus minum 8 pil sekaligus telan.
Rasanya kayak… parno ke dokter dan takut dikasih resep obat tanpa tau apa itu efeknya ke badan.

Sejak Rana lahir dan belajar tentang RUM (Rational Use Medicine), pelan-pelan daku makin punya alasan buat gak membabi buta harus ke dokter.
Ditambah Dokter Anak-nya Rana tuh tipe yg RUM banget.
(Kecup dokter Endah)

Masih inget banget ketika daku memohon-mohon resep untuk mengurangi batuk Rana yang membahana, dengan tegas beliau bilang,
“Tidak ada obat untuk batuk yang disebabkan virus. Batuk berfungsi untuk mendorong dan mengeluarkan dahak. Kalau batuknya dihilangkan, dahaknya gimana mau keluar, Bu?”

Rana sama sekali belum pernah minum obat walaupun belasan kali kena batuk pilek, sepanjang hampir 2 tahun hidupnya.
Sekalinya Rana minum antibiotik itu karena kena infeksi saluran kemih (karena bakteri) dan kondisinya sudah demam tinggi.

Trus makin suka nguprek-nguprek referensi bacaan soal proses penyembuhan badan, sistem imunitas bekerja, dll dsb.
Juga nyari tau soal bahan-bahan alami buat diminum.
Rangga yg tadinya juga maniak obat lama-lama keseret juga ikutan minum madu dan sari kurma tiap hari.
Ikut minum rebusan kencur-jahe kalo batuk pilek.

Tapi tentu ya gak selamanya daku gak butuh dokter.
Semoga insting bakal jalan kalau memang waktunya perlu pergi ke dokter dan minta analisa lebih akurat.. ^^

*copy paste dari Path*

4 comments on “Bukannya Anti Dokter Gituh..

  1. anakku radang dan panas tinggi. kemarin eyel-eyelan sama bu bidan, dia berkeras kasih antibiotik. aku minta antibiotiknya dipisah aja. kubilang nanti aku kasih kalau panas tingginya ga turun-turun. kata dia, kalau makin telat dikasih antibiotik makin susah sembuh.

    diiyain aja. tapi yang kuberikan tetep cuma obat radangnya. dan turun panas karena suhunya sudah 39 lebih…

    bapakku juga kaya apotik berjalan. kadang nyuruh minum obat ini itu, apalnya sudah kaya dokter aja. tapi aku ndak mauuu…

  2. Wah…hebat sekali Rana jarang minum obat.
    Beda sama Raya anakku.
    Karena aku dan suami alergi, jadi Raya ikutan ada alergi. Raya memang jarang demam. Tapi sering banget batuk pilek. Tapi klo udah pilek trus akhirnya jadi batuk, baru ke dokter setelah seminggu. Itupun klo si nenek udah rewel dorong2 supaya dibawa ke dokter (mungkin krn neneknya Raya biasa dikit2 ke dokter).
    Minta tipsnya dunk tik, gmn nyembuhin pilek supaya ga jadi batuk. Soalnya kesian banget klo udah batuk grokgrok gitu. Rana biasanya diapain. Dikasih vitamin juga ga?

  3. Rana kalau aku lihat di video2nya aktif banget yak. Mungkin itu juga yg bikin dia sehat dan gak perlu obat. Olah raga terus soalnya. wehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *