#BaladaRana : Aturan Main ituh..

A photo posted by tikabanget (@tikabanget) on

Rana boleh manjat teralis, naik turun tangga, main ayunan, main jungkat-jungkit, naik turun eskalator, naik turun kursi, naik turun kasur, lompat-lompat di kasur, gelantungan, lari-lari atau apapun yang bikin dia hepi.
Asal pake aturan.

Aturannya apa? Aturannya dibikin simpel tapi krusial. Tergantung aktivitas.
Manjat teralis boleh tapi harus pegangan kencang, dan kaki harus menjejak kuat. Berlaku juga untuk naik turun tangga, atau aktivitas serupa.
Lompat-lompat di kasur boleh tapi harus di tengah kasur.
Naik turun eskalator boleh tapi kaki harus di tengah anak tangga, dan harus melangkah yang baik (gak pake lompat-lompat).
Dll dsb.

Anaknya langsung nurut ya? Ya gak lah. Hahaha. Mana mungkin gitu loh.
Harus diarahkan berkali-kali. Harus diingetin berkali-kali. Harus dicontohin berkali-kali. Error berkali-kali. Kejedug dan kepleset berkali-kali.
Emang gak dijagain ya? Ya gak mungkin gak dijagain lah. Kita juga deg-degan walopun anaknya ketawa-ketawa hepi gitu loh.
Ditemenin dan diikutin dan jadi back up di belakang dia, dipegangin (kalo dia mau) sambil mata melotot gak lepas ngeliatin. Hahaha.

Sekarang untuk semua aktivitas Rana yang bikin deg-degan itu, kita udah lebih pede. Reflek aturan-aturan yang diterapkan udah berjalan otomatis.
Kami percaya Rana belajar banyak dari tiap langkah yang dia lakukan langsung sendiri. Kami percaya skill dan kepercayaan diri Rana makin terasah tiap dia merasa berhasil melakukan tiap langkahnya, tanpa bantuan orang lain. Sejak dini.

Ya setau dia sih gak dibantuin, padahal ya…

One thought on “#BaladaRana : Aturan Main ituh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *