#BaladaRana – Momazing Moment

Menyaksikan Rana tumbuh dan mengembangkan kemampuannya untuk hidup adalah suatu hal yang mengharukan, buat saya.
Banyak momen yang bikin terpana, terharu, tersenyum dan bangga.
Walaupun banyak juga sih momen bete, mewek jengkel, banting gayung, dan berteriak putus asa.
Hahahaha..

Terutama pada kemampuannya berbahasa.
It really amazed me.

Waktu Rana usia 15 bulan, saya deg-degan.
Kenapa?
Karena tak satupun kata yg punya makna keluar dari mulutnya.
Rana masih mumbling mengucapkan banyak patah kata yang gak ada artinya.

“Tatatataaa!”
“Aiyemawututaaaa..”

Usia 18 bulan, dia baru mau memanggil saya.
“Mama!”
Dan tentu saja Papanya.

Kami berdua (saya dan bapaknya Rana) memutuskan untuk ngomong dengan jeda yang jelas di antara 2 kata. Berusaha menghindari pengucapan kata yang menyeret tanpa jeda.
Misalnya :
“Rana, (jeda) Mama (jeda) mau (jeda) mandi (jeda) dulu (jeda) ya..”

Tujuannya sih cuma biar Rana bisa menangkap kata per kata dengan jelas, untuk kemudian dia tiru.
Kebetulan kami juga memutuskan fokus menggunakan satu bahasa dulu sebagai bahasa sehari-hari. Bahasa Indonesia.
(Selain karena emaknya Rana juga gak gape ngomong Bahasa Inggris ya, cuuuy..)

Dan sekarang, di usia 2 tahun 8 bulan (32 bulan), Rana luuaaaar biasa ceriwiiiiiissss..
Dari bangun tidur ke tidur lagi itu bisa tanpa jeda ngomooooooong terus.
Gilak.. (in a good way)
Hahahaha..

Saya surprise banget, mendengarkan banyak susunan kata-kata baru keluar dari mulutnya.
Misalnya kemarin :
“Mama! Aku tidak akan berhasil!”

Haaa..
Hahahahaha..
Dapet dari mana kata-kata ituuuu..
Hahaha..

Atau kapan itu ketika Papanya sakit, Rana berlari-lari ke kamar sambil membawa stetoskop mainannya dan berteriak:
“Jangan khawatir, Papa! Jangan khawatir! Rana akan periksa Papa!”

Waw.
Kaget juga dengar Rana bisa menempatkan kata-kata itu di situasi yang tepat.
Kagum.
Surprise.
Bangga.

Lalu Rana sejak kapan itu mulai menggunakan patahan kata semacam “dong”, “sih”, “lho”.
Walaupun masih acakadut penempatan katanya dalam satu kalimat, tapi kaget aja gitu lho dia bisa menangkap, meniru dan berani menempatkannya dalam susunan kalimat yg akan dia keluarkan dari mulut.
Hahaha..

I have so many MOMAZING moments in my life about Rana.
Apa sih MOMAZING?
MOMAZING itu Mommy Amazing.
Singkatan yg cute ya.. :D

Terus cerita soal Rana ini kemaren saya ikutin ke #MOMAZING CONTEST nya SCOTT’S INDONESIA.
Caranya gampang banget.
– Buka Facebook Fan Page SCOTT’S INDONESIA di sini
– Klik LIKE untuk menjadi member fan page.
– Tulis cerita pendek dengan 500 karakter soal Momazing Moment anak
– Tambahkan foto atau video berdurasi 1 menit.

Emang kalo menang dapet apaan?
Katanya sih 20 best moments yang terpilih dan 1 pemenang utama bakal dapet hadiah total 40 juta rupiah.
WOOHOOO…

Kalo masih bingung mau cerita apa, coba deh tonton video ini.
Siapa tau terinspirasi..

KALIAN JANGAN IKUTAAAAAN…
BIAR AKU AJA YANG MENAAAAANG…

2 comments on “#BaladaRana – Momazing Moment

  1. Anak saya suka bicara terburu-buru jadi kadang malah gagap. Belajar dari mba Tika harus nyontohin ngomong dengan jeda. Mungkin saya juga cepet banget ngomognya. Salam kenal. Arib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *