Kelas Pendidikan Karakter di CITA PERSADA ituh..

“The function of education is to teach one to think intensively and to think critically. Intelligence plus character – that is the goal of true education.”
~ Martin Luther King, Jr.

Sejak Rana lahir, saya sangat terobsesi untuk membaca (dan koleksi) buku parenting.
Saya merasa harus belajar dan belajar dan belajar, tentang cara yang paling ideal untuk membesarkan Rana.
Agar Rana bisa menjadi karakter yang baik dan tangguh untuk jaman apapun yang akan dia hadapi kelak.

Gak cukup membaca buku, saya juga maruk dengan yang namanya seminar parenting.
Hahaha..
Sebutlah psikolog-psikolog anak seperti Bu Elly Risman, Toge Aprilianto, Ayah Edy, Mbak Verauli.

Dan kemarin, saya diajak Rere untuk ikut kelas pendidikan karakter di sekolah CITA PERSADA.
Sekolah CITA PERSADA ini letaknya di Cinere.
Dekeeet gitu dari rumah.

Saya seolah diingatkan banyak hal selama mengikuti kelas tersebut.
Misalnya ketika Ibu Ruth Maureen, Kepala Sekolah Cita Persada, berkata,

“Pada suatu masa kita melihat ke belakang, dan hal-hal yang membuat kita bahagia saat ini adalah hal-hal baik yang pernah kita lakukan dulu”.

Ah.. :)

Pendidikan pertama anak adalah di rumah.
Dengan teladan dari lingkungan sekitarnya.
Bisa dari orangtuanya, atau eyangnya, atau dengan siapapun dia berinteraksi di lingkungan dia hidup sehari-hari.

Yang juga disampaikan Ibu Ruth Maureen adalah tentang hal-hal berikut.

  • Ajari anak untuk segera menjawab ketika dipanggil (meskipun si anak sedang melakukan hal yang disukai seperti bermain dan menonton).
    • Tentunya ini butuh contoh teladan dari orangtua dan orang di sekitar si anak. Kan gak lucu bila si anak diharuskan untuk segera menjawab, tapi giliran si anak memanggil orangtuanya, eh si ortu noleh aja gak, gara-gara sibuk liat handphone..
  • Ajari anak untuk memberi tanggapan positif apabila dia mendapat teguran.
    • Poin ini butuh contoh teladan yang luar biasa dari sekitar si anak juga. Orangtua juga harus membiasakan diri merespon dengan baik ketika ditegur anak atau ketika anak protes. Atau ketika pasangan kita menegur di depan anak (sehingga anak akan merekam apa yang dia lihat).
  • Ajari anak  mengenai sikap dasar pengendalian diri dalam kegiatan sehari-hari.
    • Ini mencakup tentang bagaimana cara mengendalikan amarah, bagaimana cara memotong pembicaraan orang lain dengan sopan, belajar mendengarkan orang lain, dan bertanggung jawab atas segala hal yang mereka lakukan.  Jangan lupa memberikan pujian saat anak berusaha dan menunjukan sikap positif. They deserve it! Dan pujian akan merangsang mereka untuk tetap konsisten melakukan pengendalian diri dengan perasaan menyenangkan.
  • Sediakan fasilitas untuk anak dalam kegiatan yang membangun kedisiplinan.
    • Kita bisa memberikan poin-poin tanggung jawab di rumah yang sesuai dengan umur dan kemampuannya. Misalnya membereskan mainannya sendiri, membereskan kamar, menyiram tanamannya atau memberi makan binatang peliharaan.

 

Kunci dari pendidikan karakter untuk anak, adalah dengan 2 hal.
Yaitu TELADAN dan KONSISTENSI.

Tapi gimana dong kalo kita udah mengajarkan hal-hal yang kita anggap perlu dia ketahui dan lakukan, udah berusaha konsisten memberikan teladan ke si anak, udah berusaha konsisten menjaga kebiasaan si anak, tapi ternyata di sekolah malah keteteran?

Hal yang sering saya pikirkan soal memilih sekolah Rana, adalah tentang bagaimana sekolah dia bisa ikut menjaga konsistensi dari nilai-nilai yang saya ingin Rana punyai.
Ya emang jadinya harus pilih-pilih sekolah sih.

Minimal menurut saya sih gitu..
But each parents could have their own priority for their children. Iya kan.. ^_^

Abis kelas pendidikan karakter ini, saya sempet tuh keliling-keliling sekolah CITA PERSADA bareng emak-emak yang ikut kelas yang sama.
Sekolah ini asik banget. Asri, taman yang luas, kelas yang seru.

Ini foto-foto yang sempat daku ambil di Sekolah CITA PERSADA Cinere.
Mereka ada kelas dari playgroup (sejak umur 1,5 tahun) sampai jenjang SMP.
Dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Cita Persada

Halaman parkir yang luas. Ada loker khusus tiap anak.
Cita Persada
Cita Persada
Cita Persada

Di tiap ruangan kelas, dekorasinya seru-seru. Banyak quote-quote lucu dipajang. Saya suka sekali hiasan burung hantu, petunjuk soal “TONS OF IDEAS TO HELP YOU STUDY”, singkatan FRIENDS, “I’m DONE, WHAT WOULD I DO NOW?”. Dan lain-lainnya.. Love it!

Cita Persada

ADA KOLAM RENANG! Mainan yang banyak, taman yang luas! Waw!
Cita Persada

Tiap hasil kerajinan anak dipajang di lorong sekolah atau di dalam kelas. Cool.
Cita Persada

Dan ini adalah area makan anak. Menurut guru yang mendampingi kami berkeliling di Cita Persada, tiap anak diminta untuk mencuci piring dan gelasnya sendiri. Dan mencuci tangan di tempat yang wastafel yang disediakan. Ada aturan tentang makan bersama juga yang ditempel di dinding.

Cita Persada

Dan ini adalah emak-emak yang ikut kelas pendidikan karakter dari Cita Persada. Terima kasih Rere udah ngajakin dakuuuu..
Cita Persada

Dan ini adalah isi goodiebag dari Cita Persada untuk kami emak-emak rempong yang mengikuti kelas pendidikan karakter. Mugnya lucu! Rotinya enak!

Buat yang penasaran dengan sekolah CITA PERSADA ini, bisa mengunjungi ke websitenya di www.citapersada.sch.id.

7 comments on “Kelas Pendidikan Karakter di CITA PERSADA ituh..

  1. list menarik untuk selalu diingat… mendidik anak, seperti membangun kebiasaan kita…
    itulah makanya memang berat.. tapi layak untuk diperjuangkan..
    TELADAN dan KONSISTENSI… sip!!! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *