Edukasi Keuangan Anak Bersama Agen Penny ituh..

Daku setuju banget bahwa mendidik tentang keuangan itu bisa dilakukan sejak manusia masih kanak-kanak.
Kenapa?
Karena makin ke sini, mereka tidak luput dari lingkungan sekitar dan hidup yang susah dilepaskan dari yang namanya “uang”.
Bijak mengelola uang tentu lebih baik bila diajarkan sedini mungkin. ^^

Nah, terus kemaren tanggal 10 November, daku dan beberapa emak-emak diundang ke acara PROGRAM AGEN PENNY 2015 di SDN 02/04 Pagi Cililitan, Jakarta Timur.

 photo 20151110_105142.jpg

 

Program Agen Penny ini adalah hasil kerjasama antara Yayasan Mitra Mandiri Indonesia, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Bank DKI, dan juga CITI PEKA.
Dan di tahun 2015 ini, Agen Penny dan Citi Peka telah berkeliing ke 112 SD.
Mengadakan pentas teater bekerjasama dengan Teater Koma. Salut!

Dan ternyata program literasi keuangan dari Citi Peka (Peduli dan Berkarya) di Indonesia sudah masuk tahun ke-8 pada tahun 2015.
Programnya sendiri telah merengkuh sebanyak lebih dari 650 SD di area DKI Jakarta dan sekitarnya.
Juga ada 2300 guru, 57.900 murid usia 10-12 tahun, 1000 orang tua murid, dan melibatkan 400 relawan karyawan Citi. Program yang kontinyu dan berguna dan harus dilestarikan nampaknya.

 

 

 photo 20151110_102355.jpg

Bank DKI dan Citi Indonesia punya program edukasi keuangan buat anak bernama PETUALANGAN AGEN PENNY.
Kenapa namanya “Penny” sih?
Karena program ini sebenarnya mengadopsi dari negara asal Citibank, di Amerika sana. Dimana mata uang terkecil mereka adalah “penny”.

Jadi gimana dong caranya biar anak-anak tau pentingnya mengelola uang mereka?
Salah satunya dengan cara MENABUNG.

 

 photo 20151110_102804.jpg

 

Dan dari tema MENABUNG ini lalu dibuatlah LOMBA KREASI CELENGAN keren dan unik untuk anak-anak SD yang menjadi memang menjadi target program AGEN PENNY.
Daku sempet foto-foto celengan-celengan seru bikinan beberapa anak SD yang menjadi pemenang lomba ini.
Sumpah. Emang keren. Dan kreatif.

 

 photo 20151110_102834.jpg

 photo 20151110_102705.jpg

 photo 20151110_102713.jpg

 

Di acara tersebut juga ada talkshow ringan bertema “CERDAS FINANSIAL SEJAK DINI”.
Menghadirkan Zulfarshah selaku Corporate Secretary Bank DKI, dan Elvera N. Makki yang menjabat sebagai Head of Country Corporate Citi Indonesia.

 

 photo 20151110_103343.jpg

 

Bu Elvera di talkshow tersebut memaparkan survey dan riset yang mengatakan, bahwa kebanyakan anak-anak biasanya tidak punya tabungan. Dan juga tidak diajarkan mengenai pentingnya menabung.
Bila menginginkan sesuatu, kebanyakan anak-anak biasanya akan langsung datang ke orangtuanya dan minta dibelikan.
Hahahaha..
Jleb jleb banget ya.
Jadi inget dulu waktu SD tuh daku memang udah seneng jajan dan uang saku kadang amblas begitu saja karena pengen beli ini dan itu.

Sedangkan Pak Zulfarshah menyampaikan bahwa pemerintah provinsi DKI Jakarta sendiri sudah punya program Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dimaksudkan untuk mendukung program edukasi keuangan bagi anak-anak dan siswa SD.
Kartu KJP ini akan mengajarkan anak-anak mengontrol pemakaian uangnya sesuai kebutuhan.

Daku percaya bahwa segala amal perbuatan baik dan buruk seseorang bisa lahir karena uang.
Uang bisa memicu timbulnya sifat amanah atau ekonomis atau serakah atau pelit atau boros atau sifat-sifat lainnya.
Hidup anak-anak kita ke depannya juga tidak bisa dilepaskan dengan uang.
Uang memang bukan segalanya.
Tapi bila bisa memaksimalkan penggunaan uang dengan bijak, maka uang akan menjadi baik.
Semua tergantung di tangan pemegang dan pengelolanya.
Karena uang tidak bisa menjadi baik atau buruk dengan sendirinya

Maka terpujilah program Agen Penny ini yang memfokuskan kampanyenya untuk edukasi keuangan anak.
Karena kita tentunya tidak mau anak-anak kita tumbuh besar sebagai orang yang salah kaprah dengan keuangannya . :)

Eh iya, kalau sekolah anak kita pengen dikunjungi oleh Agen Penny, bisa banget.
Kita bisa mengajukan permintaan ke Yayasan Mitra Mandiri Indonesia.
Dengan mengirimkan email ke : [email protected].
Atau coba buka website www.agenpenny-id.com

 

 photo 20151110_104730.jpg

 

Akhirul kata, terima kasih pada Bank DKI dan Citi Indonesia yang sudah mengundang kami untuk datang dan menyimak mengenai edukasi keuangan anak ini.
Akan daku pastikan agar Rana mengisi celengan Agen Penny yang diberikan sebagai hadiah. ^^

 photo Screenshot 2015-11-17 13.42.53.png

3 comments on “Edukasi Keuangan Anak Bersama Agen Penny ituh..

  1. Mengajarkan tentang mengelola keuangan untuk anak memang perlu dilakukan sejak dini. Banayak anak-anak yang berperilaku boros saat dewasa karena tidak mendapatkan edukasi keuangan saat masih kecil.

  2. wah hebat sekali, memang benar anak – anak harus diajarkan sejak dini untuk menabung, selain diajarkan untuk menabung juga diadakan lomba membuat celengan, sungguh kreatif, anak aku juga pernah aku ajarkan membuat celengan dari lakban aluminium, walaupun ga bagus ya tetap buatan anak ku sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *