#BaladaRana: Bagaimana Cara Menggambar Binatang?

​#BaladaRana – 4 tahun 2 bulan.

Kemarin sore, Rana dengan semangat membuka-buka buku barunya.

Semangat membuka-buka dan meneriakkan satu demi satu binatang di tiap halaman.
Tapi begitu diajak nyoba bikin gambar, dia menolak. 
Ya gitulah. 
Alasannya ada aja.

Rana: “Aku gak bisa, Mama.. Itu susah..”

Daku: “Kamu belum bisa. Kamu belum bisa sekarang. Mama juga belum bisa. Soalnya kamu sama Mama belum mencoba..”

Rana: “Ya Mama aja deh. Mama kan bagus kalo menggambar..”

Daku: “Aku belum pernah gambar kambing. Tapi aku mau coba dulu.. Kamu mau coba gak?
Aku sih kagum sama kamu kalau kamu mau mencoba dulu..”

Rana udah kenal kata ‘kagum‘ sejak dia daku puji-puji di Project-Bangun-Pagi-Tanpa-Menangis-Dan-Marah-Marah.
Dan dia kayaknya seneeeng banget kalau emaknya mengutarakan kagum ke dia. πŸ˜‚
Dia kayak terhipnotis sama kata itu.

Rana: “Tapi nanti gambarku jelek..”

Daku: “Jelek ya gakpapa laaah.. Namanya juga latihan. Namanya juga belajar. Yang penting aku sama kamu mencoba dulu gituuuu..
Gambarku juga jeleeek.
Tapi gakpapa. Kan aku lagi belajar. Masih latihan.
Aku temenin belajarnya mau?”

Rana: “Bersama-sama ya belajarnya?”

Rana mulai mengambil pensil warna. Daku persilakan dia memilih binatang yang pengen dia gambar. Dia memilih tikus. 
Daku tunjuk dan bacakan petunjuk nomer 1. Menggambar garis lurus.

Daku mencoret lebih dulu.
Rana memperhatikan emaknya, lalu mulai ikut mencoret.

Garis baru sedikiiiit terbentuk, dia menarik pensilnya lagi.

Rana: “Kok miriiing.. Gak luruuuss.. 😣😣 Gimana inii..”

Daku: “Hahaha.. Bagus kok. Kita kan masih belajaaar. Masih latihaaan..”

Rana: ” 😐 Iya ya? Aku kan masih belajar ya?”

Dia menarik garisnya lagi hati-hati.
Daku diam.
Diaaaaam aja.
Menahan diri berkomentar.

Tetap menjaga wajah sumringah, karena sewaktu-waktu Rana bisa mendongak penuh waspada melihat emaknya mencari dukungan.πŸ˜…
Step kedua dan ketiga dan seterusnya, lebih lancar.
Tanpa banyak kalimat motivasi dari emaknya. πŸ˜‚πŸ˜‚

Lalu gambar binatang kedua, ketiga dan keempat dicoret Rana dengan lebih percaya diri dan lebih excited.
Gambar kelima, daku meminta dia menggambar sendiri tanpa ditemani.
Rana keberatan. Tapi akhirnya dia mau mencoret sendiri. 
Bahahaha..

Ini total waktu menggambarnya gak lebih dari 10 menit.
Tapi menyemangati Rana buat mau mencobanya bisa sampe setengah jam.
πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

Rana: “Mama kagum yaaa sama akuu.. Aku bisa menggambaaaar.. πŸ™„πŸ™„”

BAHAHAHAHAHA.. 
Apa ini dia minta dipuji.. 
πŸ˜‚πŸ˜‚

Daku: “Hahahaha.. 
Aku tuh kagum sama kamu, karena kamu mau mencoba dan mau latihan. Semua orang kalau mau mencoba dan mau latihan pasti bisaa menggambaaar..
Jadi aku kagum sama kamu kalau kamu mau mencobaaa..”

Tuh, Tik.
Dengerin.
Kalau mau mencoba dan mau latihan pasti bisa, Tiiik..

Ini ngomong ke anak kok berasa menampar muka sendiri sih ya.. 😢😢

3 comments on “#BaladaRana: Bagaimana Cara Menggambar Binatang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *