Kenapa? Kenapa Memilih Buah Kiwi Zespri? 

Kenapa? Kenapa daku memilih buah kiwi Zespri?
Karena buah kiwi Zespri maniiiisss dan enaaak.. Hahaha..

Jadi beberapa bulan lalu daku diberi oleh-oleh tetangga kompleks, sekantong besar buah kiwi Zespri.
Daku udah pesimis aja bakal abis.
Lha daku pernah beli buah kiwi, dan rasanya aseeeem..
KAPOK MAKAN BUAH KIWI!

Eh tetangga daku berusaha meyakinkan daku bahwa buah kiwi yang ini enaak, asal tau cara menyimpannya dan memakannya di saat yang tepat.
Dan beneran. Buah kiwi Zespri maniiiss..
Love it!

Lalu 3 hari lalu, daku diundang ke event Blogger Gathering Zespri.
Wuiiiih..

Di lokasi acara, buah kiwi bertebaran di depan mata. ❤

   Menghadirkan Dr. dr. Fiastuti Witjaksono sebagai narasumber di event Blogger Gathering Zespri ini, juga ada Mbak Astri Damayanti yang menjabat sebagai Marketing Manager Zespri Indonesia, banyak banget ilmu dan wawasan baru soal buah kiwi yang daku dapat. Surprise.. Surprise.. Cuma butuh 2 buah kiwi dalam sehari untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin C kita perharinya. Kiwi juga mengandung senyawa Actinidin, sebuah enzim proteolitik yang fungsinya sebagai pencerna protein sehingga buah ini lebih mudah diserap oleh sel-sel tubuh. Karena kiwi berserat tinggi, otomatis dia berfungsi untuk membantu beban saluran pencernaan, sehingga memperkecil resiko konstipasi dan sembelit.  Mungkin udah jadi pengetahuan umum ya, kalau kita kurang makan sayur dan buah. Dokter Fiastuti menjelaskan bahwa:

  • Angka kematian akibat kanker saluran cerna adalah sebesar 14%.
  • Angka kematian akibat jantung koroner adalah sebesar 11%.
  • Angka kematian akibat stroke sebesar 9%.

Kok serem ya.. :|

#SweeterThanYouThink #BloggerGatheringZespriID #ZespriaID2016 @zespri_au.sea A photo posted by tikabanget (@tikabanget) on

 

Lalu ada rekomendasi nih untuk konsumsi sayur dan buah yang ideal dalam sehari. Yaitu:
• 2 jenis buah + 5 jenis sayuran
• 8 porsi atau 4,5 mangkok dari berbagai jenis buah dan sayur
• 400 gram buah + sayur

Nah ya ternyata di negara-negara yang dianggap lebih maju dari Indonesia, kebiasaan makan sayur dan buahpun juga dinilai kurang mencukupi. Misalnya nih, menurut data WHO, di Australia hanya 48,3% penduduk dewasa yang tercukupi asupan buah dan hanya 8,3% yang tercukupi asupan sayur.

Sedangkan di Indonesia, rata-rata konsumsi buah dan sayur penduduk Indonesia hanya 2,5 porsi per hari dan yang termasuk di dalamnya adalah para penduduk yang berusia lebih dari 10 tahun sebesar 93,6%.
Ternyata mirip-mirip yaaa..

#SweeterThanYouThink #BloggerGatheringZespriID #ZespriaID2016 @zespri_au.sea

A photo posted by tikabanget (@tikabanget) on

  Lalu ada tips yang super berguna untuk menikmati buah kiwi Zespri agar terasa segar dan tak terasa kecut. Begini poin-poinnya:

Buah kiwi Zespri yang masih mentah dan keras sebaiknya disimpan di suhu ruangan agar lebih cepat matang. Buah kiwi Zespri katanya butuh waktu 1-3 hari di suhu ruangan agar matang dan memiliki rasa lebih manis. Tips lain agar matang lebih cepat bila disatukan dengan buah lain seperti apel dan pisang.

  • Buah kiwi Zespri yang mulai melunak sebaiknya segera dikonumsi, karena sudah manis dan sudah matang. Atau bisa disimpan di kulkas untuk memperlambat kematangan.
  • Buah kiwi tidak direkomendasikan buat dimasak di suhu panas. Di suhu panas, nutrisi kiwi akan berkurang jauh. Kiwi sendiri bisa digunakan sebagai dressing pada salad atau olahan makanan segar lainnya.
  • Buah kiwi bisa diolah juga jadi Infused Water. Tinggal masukkan potongan buah kiwi ke dalam air mineral dan voila, jadilah Kiwi Infused Water.
  • Buah kiwi sebaiknya dihindarkan dari paparan sinar matahari langsung. Karena walaupun buah kiwi akan melunak, tapi tidak akan jadi matang sempurna. Sehingga rasa buah kiwi tersebut tetap asam dan tidak manis.
  • Buah kiwi yang matang, bisa dicek dengan menekan bagian atas dengan ibu jari. Lalu bagian badan buah ditekan dengan jari lainnya. Kalau kita rasa sudah lunak, maka buah kiwi sudah manis dan bisa dimakan. Kalau buah kiwi menjadi terlalu lunak, bisa jadi kiwi terlalu matang dan kualitas buahnya sendiri jadi drop. Atau malah bisa jadi membusuk.
  • Buah kiwi yang matang juga bisa terlihat dari warna daging buahnya. Warna daging buah kiwi yang lebih gelap berarti lebih matang dan lebih manis.

 Di akhir acara Blogger Gathering Buah Kiwi Zespri ini, ada lomba foto Instagram. Daaan foto daku menaaang horeeeeee!!! Ini foto yang (KOK BISA YA) menang di lomba foto Instagram kemaren itu.

#SweeterThanYouThink #BloggerGatheringZespriID #ZespriaID2016 @zespri_au.sea A photo posted by tikabanget (@tikabanget) on

Dan daku mendapatkan 1 kardus buah kiwi Zespri iniii..
Waaa terima kasih, Zespri!
Love this fruit so much!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *